androidvodic.com

Jadi Tempat Balapan MotoGP, Ini 6 Fakta Unik Soal Mandalika yang Belum Kamu Tahu! - News

News – Event balap dunia MotoGP Mandalika akan segera digelar pada 18 Maret 2022. Bertempat di Sirkuit Internasional Mandalika, Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, gelaran adu cepat para rider ini sudah dinantikan para penggemar MotoGP tanah air.

Namun, Mandalika begitu istimewa bukan hanya karena dipilih sebagai venue adu balap kelas dunia, tetapi juga karena destinasi wisatanya yang begitu memikat, mulai dari wisata alam, sederet resort kelas dunia, dan desa wisata yang masih kental dengan tradisi turun-temurun.

Tak hanya itu, Mandalika juga menyuguhkan kuliner khas dan produk ekonomi kreatif lokal seperti tenun Sasak yang mendunia. Saking istimewanya, Mandalika didapuk sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas #DiIndonesiaAja oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Namun, apa sih yang bikin Mandalika sangat spesial? Berikut 6 fakta menarik tentang Mandalika yang (mungkin) belum kamu ketahui!

Untuk fakta menarik lainnya tentang pariwisata Indonesia, kunjungi akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia.

1) Jadi KEK sejak 2014

Pantai Seger di Mandalika.
Pantai Seger di Mandalika. (Indonesia Travel)

Terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, Mandalika telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Pariwisata sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014. KEK Mandalika adalah salah satu wilayah potensial sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Mandalika ditetapkan menjadi KEK berkat berbagai pilihan pariwisata yang meliput wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau.

Berdasarkan potensi yang ada tersebut, KEK Mandalika dikembangkan menjadi pariwisata berwawasan lingkungan dengan dibangunnya berbagai objek wisata yang berorientasi pada pelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup, termasuk desa wisata.

2) Lahir dari sebuah legenda

Ada sejarah unik yang dipercaya turun temurun di Mandalika. Menurut cerita rakyat Mandalika, dahulu kala ada sebuah kerajaan yang dipimpin oleh raja dan ratu dari suku Sasak yang bijaksana. Kemudian, lahirlah seorang putri berparas jelita yang diberi nama Putri Mandalika.

Sesuai namanya, Mandalika merupakan putri cantik dan disukai oleh banyak lelaki hingga ke luar Pulau Lombok. Tak ingin menciptakan perpecahan di antara orang-orang yang ingin mempersuntingnya, akhirnya Putri Mandalika menyendiri demi meminta petunjuk.

Putri Mandalika pun mengumpulkan semua orang yang menyukainya di Bukit Seger dan memberi tahu keputusan yang telah diambilnya: dirinya tidak memilih satu orang. Kemudian, sang putri terjun ke bawah Pantai Seger lalu menghilang diterjang ombak. Kisah ini dipercayai oleh masyarakat sekitar dan dirayakan dalam upacara Bau Nyale setiap tahunnya.

3) Banyak destinasi surga dunia

Pantai Kuta Mandalika.
Pantai Kuta Mandalika. (Indonesia Travel)

Banyak surga dunia di Mandalika, terutama destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi seperti pantai, bukit, dan lokasi lainnya. Sebut saja Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Tanjung Aan, Bukit Seger, Bukit Merese, dan masih banyak lagi.

Beragamnya tempat wisata tersebut pun menjanjikan berbagai aktivitas seru. Misalnya, bagi penggemar olahraga air, ombak di Pantai Seger dan Pantai Semeti bisa menjadi alternatif untuk berselancar. Jika ingin menikmati pantai-pantai indah seraya bersantai di atas hamparan butir pasir yang eksotis, kunjungi Pantai Aan dan Pantai Kuta.

Selain itu, jika ingin melihat keindahan laut sambil menikmati senja dan sunset, pemandangan dari Bukit Merese di sore hari adalah yang terbaik.

4) Terdapat desa pengrajin tenun

Pengrajin tenun Sasak di Mandalika.
Pengrajin tenun Sasak di Mandalika. (Indonesia Travel)

Mandalika memiliki desa wisata yang berkembang pesat berkat para pengrajin tenunnya yang andal. Ada Desa Sade, Desa Ende, dan Desa Sukarara yang menjadi penghasil kain tenun dan songket yang mendunia.

Tenun khas Mandalika adalah tenun Sasak dengan motif tumpal/pucuk rebung mirip deretan gunung sebagai perwujudan Dewi Sri, motif tumbuh-tumbuhan, seperti sulur, pucuk rebung, pohon hayat, dan bunga.

Jika berkunjung ke desa wisata tersebut, wisatawan juga dapat melihat dan menjajal langsung proses pembuatan kain tenun oleh penduduk asli Sasak.

Tak kalah keren, mereka pun bisa membelinya sebagai oleh-oleh sekaligus membantu pertumbuhan ekonomi setempat. Sebab, dengan #BeliKreatifLokal produk ekraf asli Mandalika, wisatawan juga ikut berperan meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat sekitar.

5) Resor dan penginapan dengan fasilitas kelas dunia

Jivana Resort.
Jivana Resort. (Indonesia Travel)

Mandalika dan Lombok menghadirkan berbagai penginapan kelas dunia yang bisa dinikmati. Mulai dari resort, hotel, dan homestay, semua ada di tempat ini. Tersedia sederet fasilitas dan hospitality bintang lima yang dipadukan dengan pesona alamnya yang memukau.

Beberapa resort terbaik seperti Novotel Lombok, Sikara Hotel, Jivana Resort, menjanjikan kombinasi hospitality kelas dunia dengan pemandangan alam tepi pantai dan perbukitan di Mandalika.

Ada juga Mana Yoga Retreat yang menawarkan fasilitas untuk memanjakan para wisatawan, mulai dari kelas yoga, spa, bioskop, restoran vegetarian, hingga cabana.

6) Punya salah satu sirkuit balap paling indah di dunia

Ilustrasi Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB.
Ilustrasi Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB. (Humas Kemenparekraf)

Sirkuit Internasional Mandalika disinyalir merupakan street circuit dengan pemandangan paling indah di dunia. Lintasan balap ini terletak di kawasan super prioritas Mandalika, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, yang dikelilingi oleh panorama perbukitan dan pantai yang indah.

Bahkan, akun media sosial resmi MotoGP pun mengakui Sirkuit Mandalika merupakan lintasan balap tercantik di dunia.

"Tempat yang luar biasa! Sirkuit Mandalika adalah sirkuit tercantik di dunia," tulis MotoGP dalam caption di akun Instagram, Sabtu (12/2/2022).

Lintasan di sirkuit ini juga dilapisi aspal terbaik, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA), yang merupakan campuran canggih yang biasa digunakan untuk melapisi permukaan aspal dan fasilitas Pit Building  berkapasitas 50 garasi.

Nah, itulah enam fakta tentang Mandalika yang menyimpan sejuta pesona. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk cus ke Mandalika menyaksikan gelaran akbar MotoGP 2022 dan menikmati keindahan alam di sana.

Tak hanya itu, dengan mengunjungi Mandalika, kamu juga berperan dalam meningkatkan aktivitas ekonomi dan membantu memulihkan perekonomian masyarakat setempat.

Terkait penyelenggaraan MotoGP, Menparekraf Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing yang digelar secara daring dari Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (1/3/2022) juga mengungkapkan, penyelenggaraan event tersebut bisa memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tidak hanya di Lombok saja, tetapi juga di daerah sekitar Lombok seperti Bali dan NTT.

"Mari kita gunakan MotoGP ini sebagai momentum (kebangkitan ekonomi) kita. Karena selain Lombok, Bali juga akan mendapat dampak positif dan seperti yang kita sudah ketahui masyarakat dari beberapa kota seperti Surabaya, Makassar, dan juga Bandung memiliki minat yang besar untuk menyaksikan event bersejarah ini," kata Sandiaga.

Sambil merencanakan kunjungan ke Mandalika nanti, jangan lupa untuk tetap menegakkan protokol kesehatan 6M dan melengkapi vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19 di antara orang-orang tercinta.

Kamu juga berkesempatan mendapatkan hadiah uang tunai jutaan rupiah serta merchandise keren dari Pesona Indonesia dengan ikutan Kuis PUKIS (Pesona Punya Kuis) yang diadakan pada hari Selasa setiap dua minggu sekali.

Caranya mudah banget, cukup berikan like di postingan PUKIS di Instagram dan berikan jawabanmu serta mention ke 3 teman di kolom komentar.

Untuk informasi lainnya, kamu bisa melihat rekomendasi destinasi #WonderFulIndonesia dan konten menarik lainnya dengan mem-follow Instagram @pesona.indonesia atau akun TikTok @pesonaindonesia.

Penulis: Muh. Fitrah Habibullah | Editor: Bardjan      

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat