androidvodic.com

6 Oleh-Oleh Artsy Khas Bandung, Dari Tas Rajut hingga Kerajinan Kayu - News

News - Provinsi Jawa Barat, tepatnya Kota Bandung, adalah salah satu tujuan wisata #DiIndonesiaAja yang terdekat dari ibu kota dan kerap menjadi pilihan untuk berlibur.

Tak hanya terkenal akan keindahan alamnya yang begitu memanjakan mata, Bandung juga merupakan gudangnya anak-anak muda kreatif Indonesia, lho! Hal ini terbukti dari beragamnya produk lokal dari Jawa barat yang disukai masyarakat.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika Jawa Barat tahun ini juga dipilih sebagai ikon untuk salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, yaitu INACRAFT 2022, yang akan berlangsung pada 23-27 Maret 2022.

Penasaran kan sekeren apa hasil karya anak-anak Bandung? Berikut 6 produk kreatif lokal yang artsy dan cocok banget dipilih sebagai oleh-oleh ataupun koleksi pribadi bila berkunjung ke Bandung.

Selain itu, untuk berbagai rekomendasi produk ekraf, kerajinan lokal, serta konten kreatif lainnya, yuk cek dan follow akun Instagram @pesona.indonesia atau akun TikTok @pesonaindonesia.

1. Tas rajut

Tas tangan rajut hasil kreasi jenama lokal bernama Yearn.
Tas tangan rajut hasil kreasi jenama lokal bernama Yearn. (indonesia.travel)

Produk rajutan dari Bandung menjadi salah satu kerajinan lokal yang sudah dikenal akan kualitasnya yang jempolan. Salah satunya tas tangan rajut hasil kreasi jenama lokal bernama Yearn yang berlokasi di Kecamatan Gedebage, Bandung.

Selain itu, Bandung juga memiliki Sentra Rajut Binong Jati yang kini telah diresmikan sebagai Kampung Wisata Kreatif oleh Pemerintah Bandung.

Di sentra rajut ini, tersedia berbagai produk fashion seperti cardigan, syal, jaket, dan banyak lainnya dengan harga terjangkau mulai dari Rp 50.000 atau bahkan mungkin ada yang lebih murah dari itu.

2. Sepatu kulit

Sepatu kulit menjadi salah satu oleh-oleh pilihan khas Bandung.
Sepatu kulit menjadi salah satu oleh-oleh pilihan khas Bandung. (indonesia.travel)

Bandung adalah surganya produk sepatu kulit dengan kualitas yang nggak kalah keren dari produk mancanegara. Salah satunya di Cibaduyut. Sebagian produk di Cibaduyut adalah buatan tangan dan buatan lokal, namun memiliki kualitas dan daya tahan yang sangat baik.

Tak hanya menjadi salah satu tempat fashion terpopuler di Bandung, Cibaduyut juga dikenal sebagai sentra sepatu kulit di Indonesia. Bahkan, di sini kamu juga bisa mendapatkan sepatu kulit khusus yang dibuat custom sesuai dengan seleramu, lho!

3. Anyaman khas Lembang

Lembang merupakan salah satu tempat di Bandung yang dikenal sebagai penghasil produk-produk anyaman dengan kualitas tinggi. Berbagai macam kerajinan tangan mulai dari anyaman yang terbuat dari bambu hingga keramik bisa ditemukan di Lembang.

Nah, untuk membeli berbagai anyaman khas Bandung sebagai buah tangan yang menarik kamu mengunjungi Jalan Raya Lembang karena banyak penjual kerajinan tangan lokal yang bisa kamu temukan dengan mudah di sana.

4. Batik Bandung

Salah satu motif batik khas Bandung, yakni motif Pasupati digabungkan dengan buka patrakomala, karya Rumah Batik Komar, Bandung.
Salah satu motif batik khas Bandung, yakni motif Pasupati digabungkan dengan buka patrakomala, karya Rumah Batik Komar, Bandung. (Kompas.com/ Jonathan Adrian)

Batik menjadi salah satu produk khas Indonesia yang setiap daerahnya memiliki kekhasan tersendiri, termasuk batik dari Bandung. Meski bukan kota penghasil batik, tetapi Bandung juga memiliki banyak produsen lokal.

Nah, Pusat Perdagangan Pasar Baru bisa menjadi tempat yang tepat untuk kamu bisa menemukan dan membeli ragam batik dan bahan tekstil yang terjangkau namun berkualitas sebagai oleh-oleh.

5. Alat musik tradisional

Membeli angklung di Saung Mang Udjo.
Membeli angklung di Saung Mang Udjo. (indonesia.travel)

Kental akan budaya Sunda, alat musik tradisional khas Jawa Barat juga bisa jadi salah satu referensi oleh-oleh yang menarik, lho! Misalnya saja angklung dan juga miniatur gamelan.

Nah, untuk angklung sendiri kamu bisa membelinya di Saung Mang Udjo. Selain bisa membeli angklung, di sini kamu juga bisa melihat pertunjukan musik angklung hingga belajar bagaimana memainkan angklung.

6. Kerajinan kayu

ilustrasi produk kerajinan kayu.
ilustrasi produk kerajinan kayu. (indonesia.travel)

Terakhir, kerajinan lokal asal Bandung yang bisa jadi referensi oleh-oleh adalah produk kerajinan kayu seperti boneka kayu, mainan, asbak dan lainnya. Selain dibuat dengan kayu asli Indonesia, produk kerajinan kayu juga bisa berfungsi sebagai dekorasi interior yang bikin rumah jadi makin artsy dan aesthetic, deh!

Selain membelikan buah tangan untuk kerabat maupun kenalan, dengan #BeliKreatifLokal berupa kerajinan tangan dari suatu daerah, seperti Bandung juga menjadi upaya bersama dalam menggerakan roda perekonomian masyarakat setempat, yang nantinya turut berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pun terus mendorong agar produk ekonomi kreatif serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia bisa terus eksis dengan turut meluncurkan program Warung Rojali atau warung rombongan jadi beli yang diadakan secara daring dengan memanfaatkan fitur siaran langsung di aplikasi media sosial.

“Yang ingin saya garis bawahi adalah kita (masyarakat) semua wajib membeli produk ekonomi kreatif lokal dan harus di-support atau didukung oleh kita sendiri,” jelas Menparekraf Sandiaga, Rabu (2/3/2022).

Jadi, kalau berkunjung ke berbagai destinasi wisata #WonderfulIndonesia jangan lupa untuk menyempatkan #BeliKreatifLokal sebagai oleh-oleh khas daerah tersebut, ya! Kamu berperan penting, lho, dalam menghidupkan aktivitas ekonomi para pelaku usaha di Indonesia.

Selain itu, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M dan melengkapi vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19 di antara orang-orang tercinta serta memastikan bahwa tempat yang dikunjungi juga sudah mengantongi sertifikasi CHSE dari Kemenparekraf. Semua ini dilakukan semata-mata demi menjaga keamanan dan juga sekaligus kenyamananmu saat berwisata di #WonderfulIndonesia.

Nah, sambil merencanakan perjalanan ke berbagai destinasi wisata menarik termasuk Bandung, kamu bisa mengikuti keseruan Kuis PUKIS (Pesona Punya Kuis) yang diadakan hari Selasa setiap dua minggu sekali.

Dengan mengikuti Kuis PUKIS kamu bisa berkesempatan mendapatkan hadiah merchandise dan uang tunai total jutaan rupiah, lho! Yuk, langsung follow  akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia untuk informasi lebih lanjut seputar Kuis Pukis dan info parekraf menarik lainnya!

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Bardjan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat