androidvodic.com

5 Sentra Produk UMKM Lokal Ini Siap Penuhi Kebutuhan Ramadan Kamu - News

News – Bulan Ramadan, bulan penuh berkah menjadi momen membahagiakan bagi umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di bulan ini, selain diwajibkan untuk fokus beribadah puasa, masyarakat Indonesia juga diramaikan dengan berbagai kebutuhan khas di bulan Ramadan.

Menyambut bulan Ramadan dan Idulfitri, pernak-pernik khas Ramadan, mulai dari makanan, pakaian, hingga kebutuhan ibadah kerap meramaikan indahnya bulan suci ini.

Nah, kamu juga bisa ikut meramaikan seru dan indahnya beribadah di bulan Ramadan dengan berburu berbagai keperluan yang muncul di momen ini.

Pernak-pernik dan perlengkapan bisa kamu dapatkan di tempat terbaik yang ada di Indonesia, tentunya dengan membelinya dari para pengusaha lokal.

Sebagai rekomendasi produk ekraf lokal maupun aktivitas seru selama bulan Ramadan lainnya, kamu bisa langsung mem-follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia.

Berikut ini tempat berburu perlengkapan Ramadan dari sentra produk UMKM lokal yang bisa kamu kunjungi, yuk disimak!

1) Kuliner khas Ramadan di Pasar Jogokariyan, Yogyakarta

Pasar Jogokariyan di saat Ramadan.
Pasar Jogokariyan di saat Ramadan. (Shutterstock)

Banyak kuliner Ramadan khas Indonesia yang hanya bisa dinikmati di bulan penuh berkah ini. Sebut saja, makanan seperti bintul, kicak, barongko, hingga kolak biji salak yang pastinya cocok untuk takjil saat berbuka.

Kamu bisa berburu makanan khas Ramadan di Yogyakarta sebagai menu berbuka puasa. Salah satu tempat yang menyajikan berbagai pilihan menu khas Ramadan adalah pasar Jogokaryan, yang dikenal dengan Kampoeng Ramadhan-nya setiap tahun.

2) Busana muslim di Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah

Pedagang di Pasar Klewer Sementara menawarkan aneka produk batik di kios pasar.
Pedagang di Pasar Klewer Sementara menawarkan aneka produk batik di kios pasar. (KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO)

Mendunia berkat batik Solo yang khas, Pasar Klewer juga menjadi pusat busana muslim yang bisa menjadi referensi berbelanja di bulan Ramadan. Kamu bisa mendapatkan berbagai produk busana muslim seperti baju koko, hijab, dan mukena lokal berkualitas dan harga yang bersahabat di pasar ini.

Makin lengkap dan seru, jangan lupa untuk menikmati suasana kota Solo dan berbuka dengan kulinernya, ya!

3) Sentra kaligrafi di Demak, Jawa Tengah

Perajin memproduksi kerajinan kayu ukir kaligrafi berbahan baku kayu jati di Demak, Jawa Tengah.
Perajin memproduksi kerajinan kayu ukir kaligrafi berbahan baku kayu jati di Demak, Jawa Tengah. (ANTARA FOTO/Aji Styawan/aww.)

Indonesia dikenal dengan berbagai karya seninya yang mendunia. Salah satu yang paling banyak diminati terutama saat memasuki bulan Ramadan adalah kaligrafi.

Kamu bisa berburu kaligrafi berkualitas wahid untuk hiasan rumah di Demak, Jawa Tengah. Tak hanya itu, sambil mencari pajangan kaligrafi pilihanmu, kamu juga bisa melihat bagaimana kaligrafi dibuat dan ikut langsung mencobanya, lho!

Para pengrajin kaligrafi menjual hasil kerajinan mereka di kios-kios sekitar masjid Agung Demak, jadi langsung saja datang kesana, ya!

4) Sarung tenun ikat di Kediri, Jawa Timur

Tenun ikat Kediri.
Tenun ikat Kediri. (Shutterstock)

Dikenal dengan kain tenun ikat yang berbeda dari setiap daerah, Indonesia juga mempunyai sarung tenun ikat yang identik dengan bulan Ramadan. Adalah tenun ikat khas kota Kediri yang kerap kebanjiran peminat di bulan Ramadan berkat kualitasnya.

Kain tenun ikat dari Kediri ini dihasilkan dari kain sarung gombyor, kain misris (biasa), semisutra, hingga sutra. Kain tersebut dibuat berwarna-warni dengan motif Kediren seperti ceplok hingga lung. Kain tenun ikat ini pun kerap dijadikan sarung untuk perlengkapan salat.

Kain tenun ikat dari Kediri ini bisa kamu pakai saat beribadah atau sebagai OOTD kala bersilaturahmi di hari kemenangan nanti.

5) Songkok terbaik dari Gresik, Jawa Timur

Songkok Gresik.
Songkok Gresik. (Shutterstock)

Selain dikenal dengan berbagai tempat wisatanya, Jawa Timur ternyata menjadi pusat dari penghasil songkok terbaik. Songkok asal Gresik menjadi yang terdepan, salah satunya Songkok Awing yang memimpin pasar domestik dan diekspor hingga ke luar negeri, mulai Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, hingga Timur Tengah.

Perlengkapan salat dan busana khas Ramadan ini memiliki harga, model, dan motif yang beragam. Penasaran dengan produknya? Kamu bisa langsung mengunjungi sentra songkok di Gresik dan membelinya dari para UMKM lokal.

Selain mengisi Ramadan di rumah, berkeliling sambil #BeliKreatifLokal juga bisa kamu lakukan untuk mendukung kebangkitan pariwisata di Indonesia.

Apalagi, menurunnya angka penyebaran Covid-19 belakangan menjadi waktu yang tepat bagi produk lokal untuk bangkit. Oleh karena itu, Menparekraf Sandiaga Uno kembali menekankan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia atau Gernas BBI.

Menparekraf Sandiaga dalam sambutannya saat kegiatan Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Grand Hyatt, Nusa Dua, Bali, Jumat (25/3/2022) menjelaskan, sejak diluncurkan 14 Mei 2020 hingga Februari 2022, Gernas BBI telah berhasil mendorong pembukaan peluang usaha dan lapangan kerja.

"Sebanyak 5,5 juta tambahan UMKM/artisan masuk ke dalam marketplace dengan total mencapai 17,2 juta di tahun 2021. Angka ini ditargetkan meningkat 57 persen menjadi 30 juta UKMM yang onboarding di tahun 2023,” katanya.

Menparekraf yang juga Ketua Harian Gernas BBI menjelaskan, pencapaian Gernas BBI ini berkat gerak bersama kolaborasi berbagai pihak baik Pemerintah hingga pihak lainnya.

Tercatat melalui program Stimulus BBI, lanjut Sandiaga, seiring dengan penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada Oktober hingga Desember 2021, telah menghasilkan lebih dari 150 ribu transaksi penjualan terkait Program Gernas BBI.

Nah, sambil merayakan indahnya berpuasa di bulan penuh berkah, jangan lupa untuk melihat berbagai produk di #BeliKreatifLokal dan membeli produk-produk ekraf lokal. Tak perlu repot, kamu bisa membeli produk ekraf ini secara online lewat marketplace untuk ngabuburit sambil belanja produk lokal.

Tetap jaga protokol kesehatan 6M dan segera lengkapi vaksinasi untuk mencegah penularan Covid-19 di antara orang-orang tercinta.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menghabiskan waktu luang saat puasa dengan seru, yakni mengikuti Sayembara Akamsi (Ambassador Kampung Sini) secara online. Caranya cukup dengan menemukan pesona tersembunyi di lingkungan sekitarmu dan jangan lupa untuk membagikannya dalam bentuk foto atau video ke akun Instagram @pesona.indonesia.

Mulai dari 15 Maret-15 Mei 2022, para pemenang akan dinobatkan menjadi Akamsi  atau Ambassador Kampung Sini, dan berpeluang mendapatkan hadiah uang tunai, Iphone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet senilai jutaan rupiah. Untuk syarat dan ketentuan lain soal Sayembara Akamsi dapat dilihat di postingan Instagram ini.

Jangan lupa untuk tetap update dengan mem-follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia untuk berita terbaru tentang destinasi wisata, event menarik dan info ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja, ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat