androidvodic.com

Liburan di Bulan Ramadan, Kunjungi 5 Spot Keren Ini sambil Ngabuburit! - News

News – Selamat menunaikan ibadah puasa. Yuk, tetap semangat berpuasa meski harus disibukkan dengan berbagai aktivitas melelahkan!

Agar momen bulan Ramadan tahun ini lebih menyenangkan dan tak terlupakan, tak ada salahnya rencanakan liburan bersama orang-orang tersayang.

Terlebih, Indonesia memiliki banyak spot-spot menarik untuk melepas penat saat berpuasa. Kapan lagi ngabuburit sambil keliling Indonesia, bukan? Dengan berwisata saat bulan puasa, kamu bisa berbuka puasa dengan mencicipi takjil khas setempat sekaligus #BeliKreatifLokal produk ekraf dari masyarakat setempat.

Tak hanya itu, di berbagai destinasi wisata alam #DiIndonesiaAja, kamu juga bisa menenangkan pikiran dengan pemandangan indah sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Nah, jika kamu sedang menyusun rencana liburan pada bulan Ramadan, berikut rekomendasi 5 spot liburan dari lima destinasi tujuan wisata di Indonesia yang pas banget buat ngabuburit.

Untuk rekomendasi tempat-tempat keren atau aktivitas seru selama bulan Ramadan lainnya, follow akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia ya!

1. Jalan Braga, Bandung, Jawa Barat

Jalan Braga menyajikan banyak gedung-gedung unik yang klasik.
Jalan Braga menyajikan banyak gedung-gedung unik yang klasik. (indonesia.travel)

Jika kamu memutuskan untuk liburan ke Bandung pada bulan Ramadan, wajib hukumnya untuk ngabuburit di Jalan Braga yang punya beragam sudut keren untuk nongkrong berjam-jam.

Dengan panjang kurang lebih satu kilometer, Jalan Braga memiliki bangunan-bangunan retro nan ikonis dengan gaya art deco sampai kafe dan coffee shop yang menyajikan menu-menu istimewa.

Beberapa restoran dan kafe yang wajib dicoba untuk menyantap buka puasa antara lain Braga Permai, Braga Art Cafe, Warung Kopi Limarasa, dan Bandung Suki.

2. Tumpeng Menoreh, Yogyakarta, DI Yogyakarta

Tumpeng Menoreh di Jawa Tengah.
Tumpeng Menoreh di Jawa Tengah. (Dok. TUMPENG MENOREH)

Bosan hanya ngabuburit di Malioboro saat melancong ke Yogyakarta? Yuk, cari tempat asyik yang menawarkan udara sejuk sekaligus pemandangan yang indah! Misalnya, Tumpeng Menoreh.

Tumpeng Menoreh punya restoran yang unik berbentuk heksagonal yang dibangun di kawasan Bukit Menoreh.  Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Ngargoretno, Kulon Progo, Yogyakarta dan dibuka selama 24 jam setiap hari.

Uniknya, wisatawan dapat menikmati pemandangan empat gunung sekaligus, yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing dan Sindoro. Untuk tiket masuknya, setiap orang dikenakan harga Rp50 ribu yang bisa ditukarkan dengan makanan serta minuman.

3. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur

Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur.
Pantai Pulau Merah, Banyuwangi, Jawa Timur. (Shutterstock)

Lokasi wisata yang menjadi ikon Banyuwangi ini asyik banget dipilih jadi tempat ngabuburit saat kamu berlibur ke Banyuwangi dan sekitarnya. Nama Pulau Merah berasal dari adanya bukit kecil di tempat tersebut dengan tinggi 200 meter dan tersusun dari tanah berwarna merah.

Pada sore hari menjelang magrib, pesisir pantai Pulau Merah kerap ramai pengunjung. Kamu bisa bersantai menikmati pemandangan pantai, bermain dengan debur ombak, dan berfoto.

Jika sudah waktunya berbuka puasa, jangan khawatir! Melansir Tribun Travel, wisatawan akan dengan mudah menemukan pedagang jajanan hingga makanan berat di sekitar pantai Pulau Merah.

4. Mara River Safari Lodge, Gianyar, Bali

Mara River Safari Lodge di Kabupaten Gianyar, Bali.
Mara River Safari Lodge di Kabupaten Gianyar, Bali. (indonesia.travel)

Jika kamu liburan membawa anak-anak saat ke Bali, yuk coba destinasi alternatif lain selain pantai, misalnya Mara River Safari Lodge. Destinasi yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali, ini sangat cocok untuk dikunjungi keluarga. Kamu akan merasakan sensasi seperti menginap di hutan Afrika, lho!

Kebun binatang ini juga menyediakan fasilitas menginap yang dikelilingi para satwa dan bisa memberi makan langsung lewat balkon kamar. Pengalaman ngabuburit yang sungguh baru, bukan?

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, kamu dan keluarga bisa memberi makan satwa-satwa unik, bermain di zona air, menyaksikan pertunjukkan budaya, berkunjung ke Taman Safari Bali, dan masih banyak lagi.

5. Ashtari, Kuta Lombok, Nusa Tenggara Barat

Restoran Ashtari di Lombok, Nusa Tenggara Barat.
Restoran Ashtari di Lombok, Nusa Tenggara Barat. (https://ashtari.yoga/)

Ashtari merupakan restoran dengan konsep bersantai di outdoor sambil menikmati panorama pantai Lombok dari kejauhan. Restoran ini menyajikan aneka makanan dan minuman yang bisa disantap saat berbuka puasa.

Jika kamu ingin mengisi momen Ramadan dengan tubuh yang lebih bugar dan mental yang lebih sehat, Ashtari juga membuka sesi kelas yoga yang tersedia untuk setiap tingkat keahlian, lho!

Di restoran ini, kamu juga bisa rileks di atas dek kayu yang menghadap ke hutan hijau nan rimbun. Pasti akan menyegarkan jiwa dan pikiran. Kapan lagi ngabuburit dan menyantap takjil sambil melihat matahari terbenam? Masukkan spot keren ini di itinerary-mu saat ke Lombok, ya!

Itulah 5 rekomendasi spot keren untuk jadi referensi ngabuburit saat liburan ke beberapa destinasi di Indonesia.

Selain untuk menikmati ibadah Ramadan dengan suasana berbeda, pergi berwisata maupun meramaikan event-event pariwisata dan ekonomi kreatif adalah bentuk kontribusi kamu dalam memulihkan kembali perekonomian nasional, lho!

Apalagi pada bulan Ramadan 1443 Hijriah ini, pemerintah juga telah melonggarkan kebijakan penyelenggaraan event ekonomi kreatif secara offline, seperti bazar, konser musik, dan sebagainya. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan kembali aktivitas ekonomi dan pariwisata yang sempat lumpuh karena pandemi.

“Dan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk dapat menggeliatkan event-event, sehingga mampu membangkitkan ekonomi dan membuka lapangan kerja," ujarnya setelah mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Joyland Festival di Taman Bhagawan, Nusa Dua, Bali pada Jumat (25/3/2022), dikutip dari Tribunnews, Minggu (27/3/2022).

Sandiaga juga mengajak para penyelenggara event atau kegiatan ekonomi kreatif lainnya agar tidak menunda lagi event-event parekraf tanah air.

"Jadi guys, para event organizer (EO) tidak ada alasan lagi untuk menunda kegiatan, marketnya sudah menunggu, silakan dimulai, hubungi kami di Kemenparekraf jika ada kesulitan," ujarnya lagi.

Saat melakukan perjalanan ke tempat-tempat wisata, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M dan melengkapi vaksinasi dan lakukan booster untuk mencegah penularan Covid-19 di antara orang-orang tercinta, sehingga rencana liburan ke destinasi wisata #WonderfulIndonesia berjalan lancar.

Oh ya, sembari menunggu waktu berbuka puasa di rumah, kamu juga bisa mengikuti Sayembara Akamsi (Ambassador Kampung Sini), yang menantang kamu untuk menemukan pesona tersembunyi di lingkungan sekitar dan membagikannya dalam bentuk foto atau video ke akun IG @pesona.indonesia.

Periode kompetisi ini berlangsung mulai dari 15 Maret-15 Mei 2022. Para pemenang yang terpilih akan dinobatkan menjadi Akamsi alias #AmbassadorKampungSini dan berpeluang mendapatkan hadiah uang tunai, iPhone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet senilai jutaan rupiah. Syarat dan ketentuan lain soal Sayembara Akamsi bisa kamu lihat di postingan Instagram ini.

Untuk informasi mengenai Sayembara Akamsi, produk-produk ekraf, serta destinasi wisata di Indonesia lainnya, kamu dapat mengikuti akun @pesona.indonesia di Instagram dan akun @pesonaindonesia di TikTok.

Penulis: Matheus Elmerio Manalu | Editor: Bardjan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat