androidvodic.com

Sehat nan Lezat, 6 Menu Takjil Buka Puasa Ini Bisa Kamu Dapatkan di UMKM Lokal - News

News - Bulan Ramadan telah tiba! Bagi umat muslim, bulan suci ini tentunya menjadi momen untuk memperbanyak amalan dan ibadah. Tak hanya diliputi dengan keberkahan, berpuasa di bulan Ramadan ternyata juga dapat membawa berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, lho!

Mengingat Hari Kesehatan Dunia tahun ini juga jatuh bertepatan dengan bulan Ramadan, yaitu pada tanggal 7 April kemarin, kamu dan keluarga dapat memanfaatkan kesempatan ini sebagai pengingat untuk selalu menjaga kesehatan sembari menjalankan ibadah puasa.

Nah, salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama bulan puasa adalah memilih menu berbuka puasa, termasuk takjil atau kudapan ringan, yang bergizi seimbang. Dengan menyiapkan menu-menu makanan dan minuman sehat nan lezat, maka kamu dapat menyeimbangkan asupanmu selama berpuasa di bulan Ramadan ini.

Terlebih lagi, ada sangat banyak produk-produk kuliner dari UMKM lokal yang bisa dijadikan pilihan untuk takjil berbuka puasamu dan keluarga.

Mengingat UMKM adalah salah satu bagian dari sektor ekonomi kreatif (ekraf), kamu pun dapat turut berperan dalam gerakan #BeliKreatifLokal dengan membeli produk-produk kuliner dari UMKM dan jenama-jenama lokal yang ada di luar sana.

Untuk pilihan takjil atau kudapan berbuka puasa yang sehat nan lezat dari berbagai UMKM lokal, yuk cek 6 rekomendasi di bawah ini. Selain itu, kamu juga bisa mem-follow akun @pesona.indonesia di Instagram dan akun @pesonaindonesia di Tiktok untuk rekomendasi produk-produk ekraf serta informasi lainnya mengenai pariwisata Indonesia.

1. BeeMa Honey - Minuman BeeMa Wellness Soothing Calm (#) 

Tiga Varian BeeMa Wellness Soothing Calm.
Tiga Varian BeeMa Wellness Soothing Calm. (instagram.com/beemahoney.id)

Selain mengonsumsi teh, minuman herbal bisa jadi alternatif pelepas dahaga yang menyegarkan di waktu berbuka puasa. Salah satu yang bisa kamu coba adalah produk BeeMa Wellness Soothing Calm dari BeeMa Honey yang terbuat dari madu 100% organik dan bahan alami lainnya.

Minuman instan yang telah tersertifikasi Halal MUI ini hadir dalam tiga varian, yaitu jahe madu, empon-empon, dan kunyit asam dengan berbagai manfaat kesehatan yang berbeda-beda seperti meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan flu dan masuk angin, meningkatkan stamina, hingga menurunkan asam lambung.

BeeMa Wellness Soothing Calm dari BeeMa Honey bisa kamu pesan secara online lewat e-commerce serta offline store yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

2. Chobian Yuk - Bolu Pisang Kukus (#)

Bolu pisang kukus dari Chobian Yuk.
Bolu pisang kukus dari Chobian Yuk. (instagram.com/chobianyuk)

Buah pisang tak hanya lezat, namun juga memiliki berbagai kebaikan untuk tubuh. Dengan kandungan vitamin B6 yang terdapat di dalamnya, mengonsumsi buah pisang dapat memberikan manfaat untuk pencernaan, kesehatan jantung, hingga menurunkan berat badan.

Untuk takjil berbuka puasa bersama keluarga, kamu dapat menyajikan bolu pisang kukus dari UMKM lokal, Chobian Yuk, sebagai salah satu pilihan menu. Hadir dalam varian coklat dan keju, pencuci mulut ini tidak hanya lezat, namun juga sehat untuk dikonsumsi sebagai asupan berbuka karena dibuat dengan cara dikukus.

Chobian Yuk berlokasi di Tangerang Selatan dan pemesanan dapat dilakukan melalui e-commerce atau menghubungi langsung WhatsApp Chobian Yuk di 081807882294.

3. Cook by Prani - Jelly Sago Series (#)

Dessert Jelly Sago Series dari Cook by Prani.
Dessert Jelly Sago Series dari Cook by Prani. (instagram.com/cookbyprani)

Setelah menahan haus dan lapar seharian penuh, menu Jelly Sago Series dari Cook by Prani bisa jadi hidangan menarik untuk disajikan saat waktu berbuka bersama keluarga. Jenis dessert ini tak hanya lezat, namun juga bermanfaat melancarkan pencernaan dengan kandungan jelly di dalamnya.

Jelly Sago Series dari Cook by Prani hadir dalam empat varian, yaitu Jelly Sago Desssert, Jelly mocca Coffee Sago Dessert, Jelly Kurma Dessert, serta Buko Pandan dengan 2 pilihan kemasan, 300 ml dan 400 ml. Terbuat dari bahan-bahan segar yang 100% halal dan homemade, Jelly Sago Dessert dari Cook by Prani tidak mengandung pemanis buatan maupun pengawet, sehingga cocok untuk dikonsumsi segala usia.

Pemesanan Jelly Sago Dessert Series bisa dilakukan melalui ojek online, e-commerce, atau dengan menghubungi nomor WhatsApp Cook by Prani di 085842677574.

4. Granola Nusantara - Granola Nusantara (#)

Tiga varian Granola Nusantara.
Tiga varian Granola Nusantara. (Tokopedia.com/granolanusantara)

Akhir-akhir ini, jenis makanan granola makin naik daun di antara mereka yang sedang menjalankan gaya hidup sehat. Makanan ini merupakan gandum utuh yang memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti membantu diet, menurunkan kolesterol, dan bahkan mencegah penyakit.

Umumnya, granola dapat dijadikan asupan untuk camilan maupun sarapan. Namun, kini kamu juga bisa menjadikannya sebagai pilihan takjil untuk berbuka puasa. Jika kamu mengidamkan sentuhan rasa nusantara untuk takjil berbuka puasamu, kamu bisa mencoba produk Granola Nusantara yang menghadirkan tiga rasa khas Indonesia: kelor, jahe, dan kopi.

Dengan kemasannya yang menarik, tiga varian dari Granola Nusantara juga cocok untuk dihadiahkan sebagai hampers hari raya bagi orang-orang terdekat. Untuk pemesanan, kamu dapat langsung menghubungi nomor WhatsApp Granola Nusantara di 08995076529.

5. Jolly Gum - Flower Tea with Snowbird Nest (#)

Flower Tea with Snowbird Nest dari Jolly Gum.
Flower Tea with Snowbird Nest dari Jolly Gum. (instagram.com/jolly.gum)

Ketika azan magrib berkumandang, teh manis menjadi minuman wajib yang dicari-cari oleh mereka yang hendak berbuka puasa. Jika ingin sesuatu yang berbeda, kamu bisa mencoba pilihan teh yang lebih sehat untuk sajian berbuka puasamu, yaitu Flower Tea with Snowbird Nest, minuman teh herbal kaya manfaat dengan berbagai varian rasa yang unik dari Jolly Gum.

Minuman ini hadir dalam 4 varian rasa, yaitu Baby Chrysant Tea with Goji Berry untuk mencegah panas dalam, Yuzu Chamomile Tea yang bermanfaat menenangkan tubuh, Chamomile Tea with Black wolfberry untuk mengobati insomnia, serta Snow and Baby Chrysant Tea yang dapat menurunkan suhu tubuh dalam kondisi demam serta serangan cuaca panas.

Terdengar unik dan lezat bukan? Flower Tea with Snowbird Nest ini bisa kamu dapatkan di Jelly Gum dengan memesan online lewat e-commerce ataupun ojek online.

6. Tape Moncbrootz - Tape Cokelat (#)

Camilan Tape Cokelat dari Moncbrootz.
Camilan Tape Cokelat dari Moncbrootz. (instagram.com/moncbrootz)

Gorengan memang merupakan salah satu jenis takjil berbuka favorit. Dari berbagai bahan untuk gorengan, tape bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat jenis gorengan yang bergizi. Sebagai bahan makanan tradisional, tape memiliki manfaat meningkatkan imunitas dan menjadi sumber karbohidrat yang baik.

Nah, untuk takjil untuk berbuka puasa kali ini, kamu bisa mencoba kudapan gorengan tape yang dikemas dengan menarik lewat produk Tape Cokelat dari Tape Moncbrootz. Terbuat dari tape yang legit, cokelat yang meleleh, serta kulit yang krenyes, menu gorengan tape dari Tape Moncbrootz akan jadi hidangan takjil yang dinikmati keluarga.

Selain varian cokelat, Tape Moncbrootz juga menyajikan varian lain seperti keju, oreo, choco cheese, dan milo. UMKM ini berlokasi di Depok dan pemesanan bisa dilakukan secara online melalui WhatsApp.

Pada bulan Ramadan yang penuh berkah ini, kamu dapat memberikan dukungan nyata bagi keberlangsungan UMKM di Indonesia dengan membeli produk-produk lokal, termasuk makanan untuk kebutuhan berbuka puasa maupun sahur.

Dukungan tersebut juga dapat menjadi sebuah bentuk kontribusi dari kamu terhadap gerakan #BeliKreatifLokal, yang merupakan usaha pemerintah bersama dengan masyarakat Indonesia untuk mendorong para pelaku ekraf agar dapat terus berkarya dan menggerakan roda perekonomian nasional di tengah badai pandemi yang masih berlanjut hingga kini.

Apalagi, ada banyak produk-produk UMKM lokal yang kini sudah bisa dibeli secara online. Sehingga, kini kamu bisa berbelanja online beragam produk jenama lokal yang menarik sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Pentingnya dukungan terhadap pelaku UMKM dan ekraf lokal ini  pun kerap ditegaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Saat mengunjungi kegiatan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua, Bali, Kamis (24/3/2022) lalu, Sandiaga mengajak masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah menyusun tatanan ekonomi baru pascapandemi.

"Kita tidak bisa seperti dulu di mana ekonomi disusun sendiri-sendiri. Seperti pesan Presiden Joko Widodo kita harus pastikan ekonomi ini dirasakan sehingga peningkatannya mampu membuka peluang usaha dan penciptaan lapangan kerja melalui ekonomi baru," katanya.

Ekonomi baru yang dimaksud, menurut Menparekraf, adalah ekonomi berbasis digital, ekonomi berbasis kesehatan, ekonomi yang memastikan keunggulan SDM, ekonomi berkeadilan yang membuka peluang sampai tingkat desa wisata dan desa kreatif. Sehingga Indonesia bisa menjadi destinasi yang berkualitas yang mengedepankan aspek keberlanjutan lingkungan.

Mengingat situasi pandemi masih terus berlangsung, tetap utamakan aktivitas #DiRumahAja selagi menunggu waktu berbuka ya! Jika memang ingin bepergian untuk ngabuburit, jangan lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M.

Agar makin aman dan nyaman, akan lebih baik jika kamu mengunjungi tempat-tempat yang telah memiliki sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE). Selain itu, lakukanlah vaksin lengkap dan booster sesegera mungkin. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, termasuk bagi kamu yang berencana untuk melaksanakan mudik menjelang hari raya Idulfitri nanti.

Selagi menunggu waktu berbuka puasa, kamu juga bisa melakukan aktivitas seru walaupun hanya #DiRumahAja lho! Salah satunya adalah dengan mengikuti Sayembara Akamsi (Ambassador Kampung Sini), di mana kamu ditantang untuk menemukan pesona tersembunyi di lingkungan sekitarmu dan membagikannya dalam bentuk foto atau video ke akun Instagram @pesona.indonesia.

Sebagai ajang untuk menunjukkan potensi wisata tersembunyi yang ada #DiIndonesiaAja, kamu dapat membagikan potensi wisata tersembunyi di sekitarmu lewat enam kategori, yaitu: pesona alam, pesona budaya, pesona desa, pesona kota, pesona kuliner, dan pesona UMKM.

Untuk mengikuti Sayembara Akamsi, kamu cukup mem-follow akun Instagram @pesona.indonesia, lalu bagikan post mengenai potensi wisata di daerahmu dan ceritakan kisah menarik tentang lokasi wisata tersebut di Instagram Feed dan Story. Setiap partisipan WAJIB men-submit minimal 3 kategori dalam 1 postingan.

Terakhir, jangan lupa mention dan tag @pesona.indonesia serta 5 orang teman dengan hashtag #AmbassadorKampungSini di postinganmu. Syarat dan ketentuan lain mengenai Sayembara Akamsi dapat dilihat di postingan Instagram ini.

Selain akan dinobatkan menjadi Akamsi atau #AmbassadorKampungSini, kamu juga berpeluang mendapatkan berbagai hadiah menarik seperti uang tunai, Iphone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet senilai jutaan rupiah dengan mengikuti Sayembara Akamsi. Keren banget kan? Periode sayembara ini berlangsung 15 maret-15 mei 2022, jadi jangan sampai ketinggalan!

Untuk informasi mengenai Sayembara Akamsi, produk-produk ekraf, serta destinasi wisata #DiIndonesiaAja, jangan lupa untuk mengikuti akun @pesona.indonesia di Instagram dan akun @pesonaindonesia di Tiktok ya!        

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat