androidvodic.com

6 Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi saat Road Trip Bareng Keluarga, Mudik Makin Asyik! - News

News - Pada Idulfitri tahun 2022 ini, pemerintah telah mencabut larangan perjalanan mudik seiring menurunnya angka kasus penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dengan begitu, masyarakat dapat kembali melakukan perjalanan mudik.

Berbicara soal mudik berarti juga berbicara soal moda transportasi, dan jalur darat tetap menjadi favorit banyak masyarakat, dengan memanfaatkan transportasi umum seperti bus, menggunakan jasa travel, hingga menggunakan kendaraan pribadi bersama keluarga.

Jika jalur darat jadi pilhanmu untuk mudik tahun ini, kamu berkesempatan untuk melakukan road trip bersama keluarga dan menghadirkan pengalaman perjalanan yang berkesan dengan suasana bak berpetualang!

Agar perjalanan mudik melalui jalur darat nantinya makin berkesan, kamu dapat mengunjungi destinasi wisata #DiIndonesiaAja untuk road trip yang ada di daerah tujuan saat mudik nanti, seperti 6 destinasi wisata #WonderfulIndonesia di bawah ini.

Destinasi-destinasi wisata yang begitu memesona ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, mulai dari Padang, Sumatera Barat hingga Flores, Nusa Tenggara Timur.

Untuk rekomendasi serta informasi lainnya terkait destinasi pariwisata #DiIndonesiaAja, ikuti akun @pesona.indonesia di Instagram dan akun tiktok @pesonaindonesia

1. Padang, Sumatera Barat

Museum Adityawarman, Padang.
Museum Adityawarman, Padang. (museumadityawarman.org/)

Jika Ranah Minang adalah jalur darat yang akan kamu lewati saat mudik nanti, kamu bisa menyambangi berbagai destinasi wisata menarik yang terletak di Padang.

Sambil berwisata di dalam kota, jangan lewatkan kesempatan melakukan petualangan sejarah serta menyaksikan ragam peninggalan budaya dengan berkunjung ke destinasi-destinasi wisata historis seperti Kota Tua Padang, Museum Adityawarman, dan Taman Sitti Nurbaya.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman wisata pantai yang menyenangkan bersama keluarga dengan menyambangi pantai-pantai indah di sekitar Kota Padang seperti Pantai Caroline, Pantai Air Manis, dan Pantai Nirwana.

2. Palembang, Sumatera Selatan

Jembatan Ampera, Palembang.
Jembatan Ampera, Palembang. (Shutterstock)

Bagi kamu yang mudik dengan melewati jalur darat ke Sumatera bagian selatan, saatnya menjajal road trip ke berbagai destinasi wisata di Palembang.

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah ikon dari Kota Palembang, yaitu Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Terletak di tengah-tengah kota, Jembatan Ampera menjadi penghubung daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Destinasi wisata ini menghadirkan latar pemandangan yang begitu cantik dan instagrammable di malam hari.

Sebelum melanjutkan perjalanan, jangan lupa untuk turut berkunjung ke destinasi wisata lainnya yang juga melegenda di Kota Pempek ini, seperti Pulau Kemaro, Masjid Cheng Ho, dan Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya.

3. Yogyakarta, DI Yogyakarta

Goa Jomblang, Yogyakarta.
Goa Jomblang, Yogyakarta. (instagram.com/jomblang_cave_id)

Untuk kamu yang mudik ke arah Jogja, Solo, dan Semarang alias Joglosemar, pengalaman road trip-mu bersama keluarga akan makin seru dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata di Yogyakarta dan sekitarnya.

Jika menginginkan pengalaman wisata alam dengan suasana unik, kamu bisa berkunjung ke Goa Jomblang yang terkenal akan cahaya surganya, Stonehenge Yogyakarta yang memukau, serta Taman Nasional Gunung Merapi yang menghadirkan keanekaragaman flora dan fauna.

Sedangkan jika kamu mendambakan petualangan sejarah, seni, dan budaya, kamu bisa bertolak ke Candi Prambanan dan Museum Ullen Sentalu sebagai destinasi untuk dikunjungi bersama keluarga.

4. Probolinggo, Jawa Timur

Suku Tengger di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Suku Tengger di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. (instagram.com/bbtnbromotenggersemeru)

Bagi kamu yang mudik ke Probolinggo dan sekitarnya, ada berbagai destinasi wisata menarik yang tidak boleh untuk dilewatkan saat road trip, khususnya destinasi wisata alam.

Salah satu destinasi wisata tersebut adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, di mana kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti berpetualang naik mobil jip, berburu foto-foto cantik dengan latar belakang pasir yang eksotis, menyaksikan upacara adat Suku Tengger, hingga berkemah di bawah langit bertabur bintang.

Selagi berada di sini, kamu pun bisa bergeser ke Bukit Mentigen dan Air Terjun Madakaripura untuk menikmati suasana alam yang tak kalah menakjubkan. Jika ingin menikmati keindahan pantai dan laut, kunjungi BeeJay Bakau Resort, Pantai Bentar, atau menyeberang ke Gili Ketapang.

5. Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Kampung Tradisional Senaru.
Kampung Tradisional Senaru. (TribunLombok.com/Sirtupillaili)

Di Lombok Utara, terdapat destinasi wisata menarik dengan suasana budaya tradisional yang sangat khas, yaitu Desa Wisata Senaru. Selain menjumpai Masjid Kuno Bayan dan rumah adat tertua di Lombok, kamu juga dapat membeli berbagai kerajinan tangan tradisional yang unik dan menarik saat berkunjung ke Kampung Tradisional Senaru.

Desa wisata ini terletak tak jauh dari Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Jadi, tak hanya menikmati suasana adat tradisional, kamu dan keluarga pun bisa bergeser ke dua destinasi tersebut untuk merasakan petualangan alam yang mengasyikkan saat berkunjung ke Lombok Utara.

6. Flores, Nusa Tenggara Timur

Desa Wae Rebo.
Desa Wae Rebo. (Shutterstock)

Pulau Flores memang terkenal akan keindahan alamnya yang tak terbatas, sehingga road trip bersama keluarga nanti belumlah lengkap jika kamu tidak berkunjung ke berbagai destinasi wisata alam yang memesona di wilayah ini.

Beberapa destinasi yang menjadi favorit para pelancong di Pulau Flores adalah Desa Wae Rebo yang dijuluki desa di atas awan, Taman Nasional Kelimutu yang memiliki panorama sunrise yang menawan di puncaknya, serta jangan lupakan juga Danau Kelimutu, danau tiga warna yang sudah terkenal akan keindahannya.

Terdengar amat seru, bukan? Tak hanya menghadirkan pengalaman mudik yang menyenangkan, dengan berlibur ke berbagai destinasi wisata #DiIndonesiaAja saat musim liburan hari raya nanti, kamu juga dapat berkontribusi mendorong geliat sektor parekraf serta menggerakan kembali roda perekonomian masyarakat sekitar.

Salah satu cara melakukan hal tersebut adalah dengan #BeliKreatifLokal produk-produk masyarakat setempat. Nantinya, ini juga akan menjadi kesempatan bagi kamu untuk berbagi dengan sesama di hari raya Idulfitri.

Mengingat situasi pandemi masih terus berlangsung, jangan lupa untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 6M saat perjalanan mudik nanti, ya!

Yang tak kalah penting, pastikan kamu dan keluarga telah melaksanakan vaksin lengkap serta booster sebelum memulai perjalanan. Vaksin booster turut menjadi salah satu syarat bagi para pelaku perjalanan mudik Lebaran tahun ini, terlebih untuk kemudahan mengakses transportasi mudik.

Dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan, berkunjung ke tempat-tempat yang telah tersertifikasi CHSE, serta melakukan vaksin lengkap dan booster, kamu tidak hanya akan menjaga keamanan dan kenyamanan bagi diri sendiri, namun juga bagi orang-orang sekitar ketika melakukan perjalanan mudik kelak.

Hal ini pun juga telah ditegaskan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (4/4/2022).

Meskipun pandemi COVID-19 telah menurun signifikan, Sandiaga memastikan penerapan protokol kesehatan berjalan dengan tepat agar tidak terjadi peningkatan kasus COVID-19 saat Ramadan dan Lebaran.

Ia juga menyebutkan, masyarakat diberikan kelonggaran yang lebih besar dalam melaksanakan ibadah dan kegiatan lainnya di bulan Ramadan serta merayakan Idulfitri dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Kemudian peningkatan percepatan vaksinasi, terutama di tempat ibadah dan tempat mudik bersama.

“Serta selalu disiplin dalam penggunaan PeduliLindungi terutama pada waktu berbuka di mal, restoran, dan kafe. Seiring dengan turunnya kasus, dalam masa transisi menuju normal dapat dilakukan langkah-langkah relaksasi secara bertahap untuk mengembalikan kapasitas penerbangan internasional,” kata Menparekraf.

Untuk menemani aktivitas berpuasa menjelang hari raya, yuk, ikutan Sayembara Akamsi (Ambassador Kampung Sini) yang bagikan hadiah menarik! Sayembara Akamsi menantang kamu untuk menemukan pesona tersembunyi di lingkungan sekitar dan membagikannya dalam bentuk foto atau video ke akun IG @pesona.indonesia.

Periode kompetisi berlangsung mulai dari 15 Maret-15 Mei 2022 dan nantinya para pemenang akan dinobatkan menjadi ambassador di kampung mereka. Tidak hanya itu, para pemenang juga akan mendapatkan hadiah uang tunai, Iphone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet senilai jutaan rupiah. Syarat dan ketentuan lain soal Sayembara Akamsi dapat dilihat di postingan Instagram ini.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Sayembara Akamsi, produk-produk ekraf, destinasi wisata, dan info ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja, ikuti akun @pesona.indonesia di Instagram dan akun @pesonaindonesia di TikTok ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat