androidvodic.com

Nggak Mudik? Liburan Bareng Keluarga ke 6 Destinasi Terbaik di Sumatra Ini, yuk! - News

News – Momen Idulfitri menjadi waktu yang tepat untuk bersilaturahmi dengan sanak famili. Dalam merayakan hari kemenangan ini, di Indonesia ada berbagai tradisi yang kerap dilakukan, seperti mengirim bingkisan Lebaran dan budaya pulang kampung alias mudik.

Namun, bagi yang tidak melaksanakan mudik Lebaran atau ingin suasana libur Lebaran yang berbeda, Anda bisa melakukan family trip alias liburan bersama keluarga, dengan mengunjungi destinasi wisata #DiIndonesiaAja. Salah satu pulau yang pas untuk liburan keluarga adalah Sumatra.

Di Pulau Sumatra, banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi dari ujung provinsi Aceh hingga Lampung. Destinasi wisata lintas Sumatra ini memberikan beragam keindahan alam dan aktivitas seru yang bisa dieksplorasi bersama keluarga.

Di bawah ini merupakan 6 tempat wisata di Pulau Sumatra untuk family trip saat libur Lebaran. Untuk melihat rekomendasi destinasi wisata dan aktivitas seru saat liburan, Anda bisa mem-follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia.

1) Wisata kopi ke Galeri Kopi Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh

Galeri Kopi Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh.
Galeri Kopi Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. (ISTIMEWA)

Salah satu kopi terbaik tanah air datang dari Pulau Sumatra, yaitu kopi Gayo khas Aceh. Lebih dari sekadar minum, Anda dan keluarga bisa mengeksplorasi ragam tanaman kopi, belajar jenis-jenis kopi khas Indonesia, hingga melihat dan mencoba proses roasting biji kopi hingga jadi segelas minuman yang nikmat.

Terletak di kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, kedai kopi ini berada di tengah perkebunan kopi yang asri. Meski berada di tempat yang cukup sulit ditemukan, kedai kopi Galeri Kopi Takengon adalah salah satu tempat minum kopi yang tak terlupakan, apalagi ditambah sejuknya udara khas dataran tinggi di sana.

2) Menikmati pesona Danau Toba dari Desa Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara

Desa Tuktuk Siadong, Samosir.
Desa Tuktuk Siadong, Samosir. (Indonesia.Travel)

Danau Toba tak pernah kehabisan pesonanya. Anda dan keluarga akan selalu bisa menikmati pesona Danau Toba dari sudut mana pun. Salah satu spot yang menawarkan pemandangan terbaik Danau Toba adalah Desa Tuktuk Siadong yang berada di sebuah pulau kecil di Pulau Samosir, tepatnya di antara Desa Ambarita dan Desa Tomok.

Desa Tuktuk Siadong telah dilengkapi resor indah berarsitektur khas Batak. Bahkan, wisatawan pun bisa mengunjungi bengkel ukir milik masyarakat lokal.

Anda dan keluarga bisa berlibur menikmati pemandangan indah sambil berolahraga air seperti kano, speed boat, diving, atau sekadar berenang.

3) Bermalam mewah di The Anmon Resort, Pulau Bintan, Kepulauan Riau

The Anmon Resort, Pulau Bintan.
The Anmon Resort, Pulau Bintan. (theanmon.com)

Untuk pengalaman liburan bersama keluarga yang lebih unik, Anda bisa mencoba menginap di The Anmon Resort Bintan. Bukan sekadar resor biasa, di tempat ini, Anda akan merasakan sensasi tidur di dalam kamar teepee mewah, tenda tradisional berbentuk kerucut yang terbuat dari kulit binatang di atas tiang kayu.

Tak hanya itu, di The Anmon Resort, Anda juga dapat menikmati pemandangan sekitar dengan menggunakan buggy service atau berenang di kolam renang outdoor yang dijamin akan membuat Anda dan keluarga betah.

4) Melihat uniknya Danau Ampar Red Hill, Kabupaten Bangka, Bangka Belitung

Danau Ampar Red Hill.
Danau Ampar Red Hill. (Shutterstock)

Beralih ke salah satu destinasi terbaik di Kepulauan Bangka Belitung, tempat ini merupakan danau bekas penambangan timah yang terletak di wilayah Kabupaten Bangka, yaitu Danau Ampar Red Hill.

Di Danau Ampar Red Hill, terdapat gundukan-gundukan berwarna merah yang terbentuk secara alami dan sangat memanjakan mata.

Anda dan keluarga akan terpesona dengan pemandangan dari bukit yang terhampar dan birunya air danau yang dikelilingi pemandangan red hill di sekitar.

5) Berburu sunset di Tanjung Kelayang Pulau Belitung, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung

Tanjung Kelayang, Pulau Belitung.
Tanjung Kelayang, Pulau Belitung. (Indonesia Travel)

Duduk-duduk di pinggir pantai sambil menikmati sunset bersama keluarga adalah liburan sempurna yang bisa dilakukan di tempat ini. Tanjung Kelayang di Pulau Belitung menghadirkan pemandangan hamparan pantai berpasir putih yang memikat dihiasi dengan bongkahan batu besar yang menjadi ikon dari pulau selatan Sumatra ini.

Sembari menikmati semilir angin pantai, Anda dan keluarga juga bisa melakukan berbagai kegiatan saat berlibur di sini seperti berenang, snorkeling, bermain kayak, diving, dan olahraga air lainnya.

Saat menginjakkan kaki di tempat ini, para penjual kuliner lokal pun siap menyambut Anda dan keluarga.

6) Bermain bersama gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur, Provinsi Lampung

Gajah Sumatera di Taman Nasional Way Kambas.
Gajah Sumatera di Taman Nasional Way Kambas. (Shutterstock)

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional tertua di Indonesia yang terletak di ujung selatan Sumatra, tepatnya 110 km dari Bandar Lampung. Di tempat ini, Anda dan keluarga bisa berlibur sambil bermain bersama para gajah.

Anda bisa langsung menikmati atraksi gajah yang dilakukan secara rutin di Pusat Pelatihan Gajah dan atraksi lain, seperti sepak bola gajah.

Nah, itulah 6 rekomendasi destinasi favorit di Pulau Sumatra yang bisa dikunjungi saat libur Lebaran.

Sambil berwisata, jangan lupa untuk berperan dalam mendukung pemulihan perekonomian nasional dengan #BeliKreatifLokal produk-produk khas setempat.

Liburan saat Lebaran tahun ini tentu akan menyenangkan. Nah, agar berlibur lebih nyaman dan aman, jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M dan melengkapi vaksinasi hingga booster untuk mencegah penularan Covid-19 di antara orang-orang tercinta. Selain itu, vaksin booster juga menjadi salah satu syarat perjalan mudik menggunakan transportasi umum.

Di samping itu, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga mengupayakan mudik aman dan sehat dengan menyiapkan posko mudik di berbagai titik pada beberapa wilayah.

Sesuai imbauan, sebagai upaya lain untuk mewujudkan mudik aman dan sehat, Kemenparekraf juga akan menyesuaikan jam operasional dari destinasi wisata dengan tingkat penerapan level PPKM di masing-masing wilayah.

"Jadi untuk waktu operasional di musim lebaran ini harus dilakukan sesuai level PPKM dan harus kita pastikan penerapan standar protokol kesehatan dan CHSE di berbagai tempat wisata," ucap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dikutip dari artikel Kompas, 11 April 2022.

Ia pun menambahkan bahwa momentum mudik lebaran tahun ini bisa jadi pembangkit sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terpuruk sejak dua tahun lalu.

Maka itu, bagi yang tidak mudik atau ingin suasana libur Lebaran yang berbeda, yuk segera buat rencana family trip ke destinasi wisata dan ciptakan momen tak terlupakan bersama keluarga!

Oh ya, selagi menanti waktu berbuka puasa tiba, Anda bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan seru dan berhadiah yang bisa diikuti secara online, yaitu Akamsi (Ambassador Kampung Sini).

Untuk mengikuti Sayembara Akamsi, Anda akan ditantang untuk menemukan pesona tersembunyi di lingkungan sekitar dan membagikan dalam bentuk foto atau video dengan menandai akun IG @pesona.indonesia.

Periode kompetisi berlangsung mulai dari 15 Maret-15 Mei 2022. Para pemenang akan dinobatkan menjadi ambassador di kampung mereka dan berpeluang mendapatkan hadiah uang tunai, iPhone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet senilai jutaan rupiah. Untuk syarat dan ketentuannya, langsung saja lihat informasi Sayembara Akamsi pada tautan berikut ini.

Jangan lupa untuk follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia untuk tetap up to date mengenai berita terbaru tentang destinasi wisata, event parekraf menarik, dan info ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat