androidvodic.com

Rekomendasi Oleh-oleh Khas 5 Destinasi Super Prioritas, Jangan Lupa Beli ya! - News

News – Walaupun telah usai, euforia mudik Lebaran masih sangatlah terasa. Diperbolehkannya masyarakat untuk kembali mudik ini selain mempertemukan sanak saudara setelah dua tahun lamanya juga membuat keinginan masyarakat untuk berlibur ke berbagai daerah di Indonesia jadi semakin besar.

Jika masih bingung ingin berlibur ke mana, mengunjungi 5 Destinasi Super Prioritas #DiIndonesiaAja, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara, bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tak hanya itu saja, saat berlibur nanti, jangan lupa untuk untuk membeli beberapa rekomendasi oleh-oleh dari 5 DSP, mulai dari produk ekraf hingga makanan serta camilan khas lima daerah tersebut, ya!

Untuk berbagai rekomendasi dan informasi menarik seputar destinasi wisata serta produk lokal menarik dan konten kreatif lainnya, kamu bisa mengunjungi akun Instagram @pesona.indonesia dan akun Tiktok @pesonaindonesia. Jangan lupa di-follow!

1. Danau Toba, Sumatra Utara

Dimulai dari destinasi super prioritas yang berada di sisi barat Indonesia, tepatnya Danau Toba di Sumatra Utara. Selepas menikmati indahnya alam Danau Toba bersama keluarga, tak ada salahnya untuk singgah di beberapa pusat oleh-oleh dan membeli aneka makanan hingga produk ekraf sebagai buah tangan untuk teman maupun kerabat.

Oleh-oleh dari Tanah Batak, Kacang Sihobuk. Oleh-oleh kacang ini bisa jadi pilihan ketika berlibur ke sekitar Danau Toba.
Oleh-oleh dari Tanah Batak, Kacang Sihobuk. Oleh-oleh kacang ini bisa jadi pilihan ketika berlibur ke sekitar Danau Toba. (KOMPAS.com/Wahyu Adityo Prodjo)

Jika kamu ingin membawakan camilan atau jajanan tradisional khas Danau Toba, kacang sihobuk dan itak gurgur bisa menjadi pilihan yang tepat. Kacang sihobuk merupakan kacang khas Sumatera Utara yang memiliki cita rasa gurih dengan aroma yang khas dan unik.

Sementara itu, itak gurgur merupakan jajanan tradisional khas suku Batak yang terbuat dari campuran tepung beras, kelapa, gula aren, dan garam yang dikepal. Itak gurgur memiliki rasa yang manis dan gurih, serta biasa digunakan dalam upacara adat.

Selain makanan, kamu juga bisa memilih kreasi kain ulos yang memesona dan memiliki berbagai bentuk mulai dari selendang, tas, ikat pinggang, dompet, sarung bantal, hingga taplak meja.

2. Borobudur, Jawa Tengah

Bagi kamu yang berlibur ke daerah Jawa Tengah, terutama Kabupaten Magelang tempat beradanya Candi Borobudur, permen tape menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Magelang yang bisa dipilih, nih!

Grubi.
Grubi. (Shutterstock)

Selain itu, camilan khas Kota Magelang lainnya yang juga sangat terkenal dan bisa jadi pilihan adalah grubi. Camilan manis dengan tekstur renyah ini dibuat dari ubi jalar yang diparut lalu dicampur dengan gula merah.

Tak ketinggalan pula, beragam aksesoris mulai dari gantungan kunci, gelang, hingga kerajinan tangan lainnya juga bisa jadi rekomendasi oleh-oleh menarik untuk bestie kamu, lho!

3. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

Ingin membawa cita rasa khas Mandalika selepas berlibur? Abon ikan bisa jadi oleh-oleh yang pas, nih! Abon ikan merupakan makanan khas Lombok yang berbahan dasar ikan, di antaranya ikan tongkol, ikan nila, dan ada juga yang diolah dari ikan tuna. Olahan yang satu ini cocok banget buat dijadiin hidangan pelengkap.

Abon ikan.
Abon ikan. (indonesia.travel)

Nah, jika ingin membawa oleh-oleh bagi teman atau kerabat pencinta fashion, aksesori mutiara khas Mandalika bisa jadi pilihan. Berbeda dari mutiara lainnya, aksesori mutiara buatan Lombok mempunyai keunggulan tersendiri.

Butiran mutiara yang digunakan memiliki ukuran yang cukup besar dibandingkan mutiara-mutiara pada umumnya. Karena itu, kilauan yang dihasilkan dari mutiara-mutiara tersebut juga jauh lebih indah.

4. Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur

Rekomendasi oleh-oleh selanjutnya yaitu bagi kamu yang berkesempatan untuk berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Terdapat camilan berupa roti kering berukuran kecil atau disebut sebagai jintan yang bisa jadi pilihan oleh-olehmu.

Kue ini memiliki rasa yang manis serta tekstur yang renyah dan terbuat dari tepung terigu, mentega, telur, jintan, serta beberapa bahan lainnya. Makanan yang satu ini bisa kamu dapatkan di pasar tradisional Labuan Bajo.

Kaos Chomabee.
Kaos Chomabee. (rumah-bumn.id)

Selain produk makanan, produk fashion seperti kaos Chomabee bisa jadi pilihan pas karena memiliki desain yang unik serta kain yang nyaman untuk digunakan dan dibuat dengan sangat rapi dan memiliki kalimat-kalimat khas Manggarai di beberapa bagiannya.

5. Likupang, Sulawesi Utara

Terakhir, bagi kamu yang berlibur ke Likupang, Sulawesi Utara, pisang goroho dan sambal roa bisa jadi oleh-oleh khas daerah yang tepat banget untuk kamu bawa dari kampung halaman. Kombinasi pisang goroho yang dicocol sambal roa dijamin menggoyang lidah!

Pisang goroho dan sambal roa.
Pisang goroho dan sambal roa. (indonesia.travel)

Berbeda dari pisang pada umumnya, pisang goroho hanya tumbuh di Sulawesi Utara dan memiliki bentuk yang panjang dan ramping. Pisang ini diolah dengan cara diiris tipis lalu digoreng. Namun, ada juga yang digoreng dengan baluran tepung sehingga teksturnya akan mirip dengan keripik pisang tetapi dimakan dengan sambal.

Sebagai pendamping pisang goroho dan sambal roa, masyarakat lokal biasanya menyeduh secangkir kopi, teh, atau minuman hangat lainnya.

Meningkatnya kunjungan ke tempat wisata berkat libur Lebaran dan mudik 2022 ini menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dapat menjadi momentum yang kuat dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi, khususnya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang dalam dua tahun terakhir terdampak pandemi COVID-19.

"Dua tahun kita berjuang mengatasi pandemi dari sisi kesehatan, sekarang kita mulai menata kembali ekonomi baru kita. Selama 2 tahun kita betul-betul menghadapi masa yang sulit, dan mudik ini is the greatest transfer of business opportunity," ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat melepas "Tim Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia" di Wisma Bisnis Indonesia, Rabu (27/4/2022).

Nah, selain itu, jangan lupa untuk untuk tetap menerapkan protokol kesehatan 6M serta segara mendapatkan vaksinasi booster sehingga perjalanan kembali dari berlibur bisa terlaksana dengan aman dan nyaman.

Sembari menyusun pilihan oleh-oleh yang akan dibeli, ikutan Sayembara Akamsi (Ambassador Kampung Sini), yuk! Sayembara ini menantangmu untuk menemukan pesona tersembunyi di lingkungan sekitar dan membagikannya dalam bentuk foto atau video ke akun IG @pesona.indonesia.

Periode kompetisi berlangsung mulai dari 15 Maret-15 Mei 2022 dan para pemenang akan dinobatkan menjadi ambassador di kampung mereka. Tak hanya itu, para pemenang juga berpeluang untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik mulai dari uang tunai, Iphone 13 Pro Max, hingga paket e-wallet senilai jutaan rupiah.

Langsung cek syarat dan ketentuan lain soal Sayembara Akamsi di postingan Instagram ini, ya!

Terakhir, jangan lupa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia agar tak ketinggalan berbagai informasi dan berita terbaru tentang destinasi wisata, event menarik dan info ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja!

Penulis: Nurfina Fitri Melina | Editor: Firda Fitri Yanda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat