androidvodic.com

Indahnya Keberagaman, Ini 6 Destinasi Wisata Religi Agama Buddha yang Populer di Indonesia - News

News – Tepat pada 16 Mei 2022, umat Buddha di seluruh dunia, termasuk Indonesia, secara serempak merayakan Hari Raya Waisak dengan sukacita. Umumnya, berbagai tradisi atau ritual yang dilakukan saat Waisak adalah berdoa, meditasi, mengenakan pakaian putih, dan menghindari menyantap makanan protein hewani.

Begitu kayanya keberagaman di Indonesia, sehingga setiap penduduk dapat mengenal berbagai ritual antaragama. Tak hanya itu, Indonesia juga memiliki beragam tempat ibadah yang bisa dijadikan destinasi wisata religi favorit.

Tempat-tempat ibadah agama Buddha juga menawarkan pengalaman berlibur yang unik dan berbeda, lho! Beberapa di antaranya adalah candi, wihara, dan pagoda.

Ingin kenal lebih dekat destinasi wisata religi agama Buddha yang bisa Anda kunjungi untuk rasakan liburan yang berbeda? Di bawah ini merupakan 6 tempat wisata religi agama Buddha di Indonesia yang bisa masuk bucket list Anda.

Untuk melihat rekomendasi destinasi wisata dan aktivitas seru lainnya, Anda bisa mem-follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia.

1. Pagoda Taman Alam Lumbini, Kabupaten Karo, Sumatra Utara

Pagoda Taman Alam Lumbini.
Pagoda Taman Alam Lumbini. (Shutterstock)

Terletak di Desa Tongkoh, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, Pagoda Taman Alam Lumbini adalah pagoda tertinggi di Indonesia. Tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha, pagoda megah ini juga dibuka sebagai tempat wisata untuk masyarakat umum.

Para wisatawan bisa menikmati megahnya pemandangan pagoda dengan tinggi 46,8 meter, panjang 68 meter, dan lebar 68 meter yang dilapisi cat berwarna emas.

Tempat yang juga digunakan untuk ibadah dan menyimpan banyak relik yang merupakan sisa abu pembakaran orang suci. Sekumpulan relik ini diletakkan di atas bangunan pagoda. Wisatawan dapat mengunjungi tempat ini tanpa harus dipungut biaya alias gratis.

2. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva, Tanjungpinang, Kepulauan Riau

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva.
Vihara Ksitigarbha Bodhisattva. (Shutterstock)

Vihara Ksitigarbha Bodhisattva atau yang lebih populer disebut Vihara 1.000 Wajah atau 1.000 Patung ini jadi salah satu wihara terbesar di Asia Tenggara.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati lokasi unik lengkap dengan seribu patung yang tersusun rapi dengan beragam ekspresi.

Setelah puas melihat deretan patung-patung, Anda dapat melewati sebuah terowongan yang ada di bawah benteng yang kerap dijadikan spot foto menarik berlatar keindahan Bukit Lengkuas.

3. Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Candi Borobudur.
Candi Borobudur. (Indonesia.travel)

Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha terbesar di dunia yang diperkirakan sudah berdiri sejak abad ke-8 saat zaman Dinasti Syailendra.

Pada area candi seluas sekitar 123 X 123 meter ini, Anda dapat melihat 2.672 panel relief dan 504 arca Buddha yang terukir di dinding candi. Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan stupa terbesar di tengah candi yang dikelilingi oleh 72 stupa yang berukuran lebih kecil.

Untuk menikmati destinasi ini, Anda bisa berkunjung saat matahari terbit di ufuk timur, sehingga dapat sekaligus menikmati sunrise juga.

Saat berkunjung ke tempat ini, jangan lupa untuk mengikuti berbagai event budaya yang kerap diadakan dan eksplor keindahan tempat suci umat Buddha ini.

4. Pagoda Avalokitesvara Watugong, Semarang, Jawa Tengah

Pagoda Avalokitesvara Watugong.
Pagoda Avalokitesvara Watugong. (Indonesia.travel)

Didirikan setinggi 45 meter dengan tujuh ruang tingkatan, Pagoda Avalokitesvara Watugong di Semarang merupakan salah satu pagoda tertinggi di Indonesia.

Pada setiap lantai di dalam pagoda megah ini, Anda juga dapat menemukan empat patung Bodhisattva Avalokitesvara yang menghadap ke empat penjuru.

Di Pagoda Avalokitesvara Watugong, umat Buddha kerap melakukan ritual Tjiam Shi (ritual untuk mengetahui nasib manusia). Jika Anda tertarik dengan ramalan, Anda bisa meminta petugas pagoda untuk membacakan nasib ramalan Tjiam Shi untuk Anda, lho!

Tak hanya itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar patung Buddha tidur di area belakang pagoda.

5. Candi Sewu, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Candi Sewu.
Candi Sewu. (Shutterstock)

Candi Sewu adalah candi Buddha yang dibangun pada abad ke-8 Masehi dan menjadi candi Buddha terbesar kedua setelah candi Borobudur di Jawa Tengah.

Di tempat ini, Anda bisa mengeksplorasi candi utama berdiameter 29 meter dan tinggi 30 meter yang dikelilingi oleh candi-candi kecil.

Selain dijadikan tempat ibadah oleh umat Buddha, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Candi Sewu. Anda dan para wisatawan bisa berkeliling sambil melihat-lihat kemegahan candi dan indahnya pemandangan di kala sunset.

Bagi yang gemar hunting foto, Anda dapat memotret candi di Candi Sewu atau bisa menyewa sepeda dan berkeliling di kawasan Candi Sewu.

6. Maha Vihara Mojopahit, Mojokerto, Jawa Timur

Maha Vihara Mojopahit.
Maha Vihara Mojopahit. (Shutterstock)

Terletak di Trowulan, Mojokerto, Maha Vihara Mojopahit adalah salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur. Dibangun dengan nuansa khas Jawa, yakni beratap joglo dengan detail dinding relief batu pahat, tempat ibadah ini menyuguhkan pemandangan megah.

Yang paling memikat perhatian adalah kehadiran Patung Buddha Tidur atau Sleeping Buddha yang juga merupakan ikon wisata kota Mojokerto. Patung Buddha ini membentang secara horizontal dengan panjang 22 meter, lebar 6 meter, serta tinggi 4,5 meter.

Saat akhir pekan, tempat ini menjadi destinasi favorit para warga Mojokerto dan wisatawan dari luar daerah. Anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3 ribu untuk dapat menikmati kemegahan Patung Buddha Tidur yang sangat ikonis.

Tak cuma tempat ibadah agama Buddha, Indonesia juga memiliki destinasi wisata religi yang melimpah dari beragam agama di Indonesia, seperti masjid dengan arsitektur terunik di Indonesia, yang bisa Anda masukkan dalam bucket list untuk dikunjungi selanjutnya.

Sambil berwisata religi, wisatawan juga bisa menikmati berbagai menu kuliner khas setempat dan belanja produk lokal. Dengan begitu, Anda telah berpartisipasi mendukung kebangkitan pariwisata di Indonesia dengan #BeliKreatifLokal dari para pengusaha dan UMKM lokal.

Terlebih, momentum makin menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia juga menjadi waktu yang tepat untuk mendukung kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menekankan Indonesia bisa menjadi contoh bagi negara di dunia untuk bangkit dari kondisi terpuruk.

Hal ini berjalan seiring dengan G20 dan peran Indonesia sebagai tuan rumah hari pariwisata dunia yang akan terus mendorong kebangkitan ekonomi, terciptanya peluang usaha, dan terbuka lapangan kerja.

"Dan bersama Presiden Joko Widodo, tentunya kami menyusun tatanan ekonomi pariwisata baru yang lebih terbuka dan berkeadilan. Ini yang kita garis bawahi dan Indonesia mengambil posisi strategis, posisi sebagai negara yang menjadi acuan dari seluruh wilayah di dunia dalam penanganannya pandemi COVID-19 dan kebangkitan pariwisata," kata Sandiaga Uno.

Tak hanya itu, Indonesia saat ini telah menjadi acuan dunia dalam penanganan pandemi Covid-19 dan keberhasilan dalam membangkitkan sektor pariwisata setelah dua tahun dihantam pandemi.

Sebelum memulai merencanakan liburan, pastikan Anda sudah menerapkan protokol kesehatan 6M, dan melaksanakan vaksinasi dosis 1 dan 2 serta booster.

Tunggu apa lagi? Yuk, susun rencana liburan yang berbeda dengan berwisata religi ke tempat-tempat ibadah dan bangunan religi ikonis di Indonesia!

Terakhir, jangan lupa follow akun Instagram @pesona.indonesia dan akun TikTok @pesonaindonesia agar tak ketinggalan berbagai informasi dan berita terbaru tentang destinasi wisata, event menarik, dan info ekonomi kreatif #DiIndonesiaAja.

Penulis: Muh. Fitrah Habibullah | Editor: Bardjan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat