androidvodic.com

7 Rekomendasi Restoran Nuansa Alam di Bali, Bisa Kulineran Sambil Lihat Pemandangan! - News

News - Bali dikenal sebagai destinasi wisata primadona dengan keindahan alam yang tersohor. Selain menjelajah berbagai tempat dan objek wisata seru, wisata kuliner khas Bali menjadi kegiatan yang tidak dapat dilewatkan oleh para wisatawan.

Apalagi, Bali tak hanya menawarkan beragam santapan lezat yang ada #DiIndonesiaAja. Dengan pesona alamnya yang memukau, kamu juga bisa menemukan berbagai restoran dan tempat makan outdoor yang menghadirkan nuansa dan tema alam saat berkunjung ke Pulau Dewata!

Menjajal kuliner di restoran outdoor bernuansa alam bisa jadi ide berlibur segar dan memberikan pengalaman yang unik, lho! Bayangkan saja keseruan menikmati suasana alam yang menenangkan, sembari menyantap sajian kuliner yang begitu bervariasi. Terdengar menyenangkan bukan?

Maka itu, yuk cek rekomendasi 7 restoran atau tempat makan dengan nuansa alam yang tersebar di berbagai daerah di Bali di bawah ini! Setiap tempat di bawah juga telah memiliki sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE), sehingga kamu akan tetap merasa aman dan nyaman selagi berlibur ke Bali dan berkunjung ke tempat-tempat makan berikut.

Untuk rekomendasi serta informasi lainnya terkait tempat makan dan wisata di Bali serta berbagai destinasi pariwisata yang ada #DiIndonesiaAja, kamu bisa mem-follow akun @pesona.indonesia di Instagram dan akun @pesonaindonesia di Tiktok!

1. Bali Asli Restaurant, Kabupaten Karangasem

Cooking class di Bali Asli Restaurant.
Cooking class di Bali Asli Restaurant. (instagram.com/baliaslirestaurant)

Mendambakan suasana alam yang juga memberikan pengalaman budaya tradisional Bali? Maka kamu dapat berkunjung ke Bali Asli Restaurant di Desa Gelumpang, Kabupaten Karangasem.  Terletak tak jauh dari Gunung Agung, restoran ini memberikan pengalaman berkuliner unik dengan pemandangan sawah yang begitu memesona.

Bali Asli Restaurant menawarkan sajian otentik Bali seperti Nasi Campur, dan Jukut yang dibuat menggunakan alat memasak tradisional dengan bahan-bahan yang didapat langsung dari komunitas dan pasar lokal. Uniknya, restoran ini menghadirkan Megibung, tradisi makan bersama masyarakat Karangasem.

Tak hanya menyantap kuliner tradisional Bali yang lezat, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman budaya dengan berpartisipasi di kelas memasak dan berbelanja bahan-bahan masakan langsung di pasar tradisional Bali. Selain itu, Bali Asli Restaurant juga menerima reservasi untuk acara-acara khusus seperti pernikahan.

2. Batur Sari Restaurant, Kabupaten Bangli

Pemandangan alam di Batur Sari Restaurant.
Pemandangan alam di Batur Sari Restaurant. (instagram.com/batursarirestaurant)

Saat bergeser ke Kabupaten Bangli, tepatnya ke wilayah Kintamani, Batur Sari Restaurant adalah tempat yang tepat untuk menyantap kuliner sambil menikmati pemandangan alam yang memesona.

Kintamani memang merupakan wilayah yang terkenal akan daya tarik alamnya. Dengan berkunjung ke Batur Sari Restaurant, kamu bisa menikmati pemandangan gunung dan danau di sekitar Kintamani langsung dari lokasi terbaik yang terletak di ketinggian.

Untuk mendapatkan spot foto-foto terbaik yang instagrammable, jangan lupa untuk memilih area makan outdoor selagi berkunjung ke sini. Yang menarik, restoran ini menyajikan menu beraneka ragam yang bisa disantap sepuasnya secara prasmanan, termasuk menu-menu khas Bali seperti satai lilit.

3. Dukuh Sari Coffee & Eatery, Kabupaten Gianyar

Suasana di Dukuh Sari Coffee & Eatery.
Suasana di Dukuh Sari Coffee & Eatery. (instagram.com/dukuhsarieatery)

Untuk kamu yang hobi traveling, mungkin sudah tidak asing lagi dengan pesona sawah terasering yang bisa ditemukan di wilayah Tegallalang. Pesona alam tersebut pun bisa kamu nikmati sembari menyeruput kopi hangat yang lezat dengan berkunjung ke Dukuh Sari Coffee & Eatery.

Sejauh mata memandang, kamu akan menemukan hamparan hijau yang luas beserta suasana alam yang teduh saat singgah ke Dukuh Sari Coffee & Eatery. Karenanya, tempat ini merupakan destinasi wajib bagi kamu yang ingin rileks dan menenangkan diri dari suasana hiruk-pikuk kota.

Dukuh Sari Coffee & Eatery juga menawarkan menu masakan yang bervariasi, termasuk menu vegetarian-friendly. Ketika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencoba Traditional Platter dan Gurame Nyatnyat khas Bali yang menjadi menu andalan!

4. La Brisa, Kabupaten Badung

La Brisa di Echo Beach, Canggu.
La Brisa di Echo Beach, Canggu. (instagram.com/labrisabali)

Bali identik akan wisata pantai dan lautnya. Karena itu, tempat makan yang menghadirkan suasana lautan pun wajib masuk ke itinerary kamu saat berlibur ke Bali. Salah satunya adalah La Brisa yang berlokasi di Echo Beach, Canggu yang nge-hits!

Restoran ini menyajikan beragam menu yang akan memanjakan lidah para pecinta seafood, seperti Salmon Tartare, Tuna Tataki, dan Barbeque Octopus. Selain menyaksikan dekorasi ramah lingkungan dengan karakteristik Bali serta pemandangan pantai yang ikonik, jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang begitu memesona saat berkunjung ke sini!

Sebagai restoran bernuansa alam yang eco-friendly, setiap hari Minggu di tempat ini juga diselenggarakan Farmer’s Day yang menghadirkan produk-produk lokal nan ramah lingkungan untuk mendukung petani lokal dan UMKM.

5. Munduk Farm House, Kabupaten Buleleng

Salah satu menu di Munduk Farm House.
Salah satu menu di Munduk Farm House. (instagram.com/mundukfarmhouse/)

Di wilayah Munduk, ada Munduk Farm House yang merupakan kawasan wisata alam terbuka bertema pertanian. Tempat ini menawarkan pemandangan pegunungan, sawah, dan air terjun yang spektakuler serta perkebunan bunga yang memesona.

Sembari menikmati suasana alam yang sejuk, kamu bisa menyantap berbagai variasi menu sarapan dan makan siang yang lezat. Munduk Farm House memiliki menu lokal hingga internasional yang terbuat dari bahan-bahan segar seperti sup jamur, satai ayam, nasi goreng, dan farm sandwich.  Selain itu, juga terdapat menu organik, vegetarian, dan vegan friendly.

Jika kamu berencana untuk singgah di wilayah Munduk selama beberapa hari, kini kamu juga bisa menginap di akomodasi di Munduk Farm House yang menghadirkan nuansa vintage dan cozy!

6. Room 4 Dessert, Kabupaten Gianyar

Suasana di Room4Dessert.
Suasana di Room4Dessert. (instagram.com/r4d_room4dessert)

Kamu pecinta dessert? Yuk berkunjung ke Room 4 Dessert yang terletak di Ubud. Di tempat ini, kamu bisa menemukan berbagai menu pencuci mulut seasonal yang unik dan enggak ada di tempat lain!

Selain menunya yang bikin penasaran, Room 4 Dessert juga menawarkan nuansa alam yang tak kalah menarik. Terletak di daerah pedesaan Ubud yang hijau, kamu akan mendapati pengalaman yang begitu berbeda dengan suasana perkebunan, hamparan tanaman-tanaman, serta kerimbunan dan intisari khas Bali yang kekinian.

Beberapa menu yang bisa kamu coba di sini adalah Straw, Straw, Straw, sajian alang-alang dengan stracciatella cheese dan stroberi, m argarita yang berbahan dasar sorbet yogurt rempah-rempah, dan Secang Flan yang terbuat dari kakao dan bunga kenanga ylang-ylang. Terdengar unik bukan?

7. Segara Bambu Bali, Denpasar

Segara Bambu Bali.
Segara Bambu Bali. (instagram.com/segarabambubali/)

Suasana alam yang nyaman dan tentram mungkin juga dicari oleh kamu yang berlibur ke Bali bersama keluarga. Untuk mendapatkan pengalaman kuliner dengan suasana alam, kamu dapat berkunjung ke Segara Bambu Bali yang terletak di Denpasar.

Mengusung konsep sawah dan gazebo, Segara Bambu Bali menawarkan keseruan menyantap menu makanan laut di ruangan terbuka yang sejuk. Dengan nuansanya yang asri, restoran ini juga merupakan tempat yang family-friendly sehingga cocok untuk menjadi tempat makan siang ataupun makan malam bersama keluarga dan kerabat.

Di sini, kamu dapat menemukan menu-menu makanan laut segar yang menjadi andalan dari Segara Bambu Bali, seperti Gurame Sambal Matah, Udang Bakar Madu, Sop Kepala Ikan, dan Kepiting Saos Padang.

Dengan berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada #DiIndonesiaAja seperti Bali di musim liburan ini, kamu tidak hanya bisa menyantap beragam kuliner lezat, menikmati suasana alam yang menenangkan, serta mencoba berbagai pengalaman berlibur yang unik di Bali, namun juga menyegarkan pikiran sebelum terjun kembali ke aktivitas sehari-hari yang begitu padat.

Apalagi, Bali pada tahun 2022 ini juga menjadi perhatian mancanegara karena menjadi tuan rumah penyelenggaraan event-event internasional, seperti GDPRR pada bulan Mei dan KTT G20 pada bulan September mendatang.

Sebagai wisatawan, kamu pun memiliki peranan yang penting dalam mendorong kebangkitan ekonomi nasional. Dengan berlibur ke berbagai destinasi wisata yang ada #DiIndonesiaAja, kamu dapat berkontribusi dalam memulihkan dan mendorong geliat sektor parekraf serta menggerakan kembali roda perekonomian masyarakat, salah satunya dengan #BeliKreatifLokal produk-produk masyarakat setempat.

Karena itu, ini merupakan momentum yang tepat untuk mendukung kebangkitan kembali para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk para pelaku UMKM di Bali dan berbagai destinasi wisata lainnya di seluruh penjuru nusantara.

Terlebih, pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini menjadi hal penting yang juga dapat mendorong pemulihan ekonomi global di tengah pandemi yang masih belum usai.

Hal tersebut ditegaskan oleh Menteri  Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka Tourism Working Group G20 yang pertama secara daring pada Selasa (10/5/2022). Sandiaga optimistis bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mampu memulihkan ekonomi secara global.

"Pemulihan ekonomi global tidak terlepas dari adanya pemulihan di sektor pariwisata. Dan tentu saja, terlepas dari manfaat ekonominya yang jelas, pariwisata berfungsi sebagai platform untuk menghubungkan dan menjembatani masyarakat, menciptakan persahabatan dan koneksi yang membuat hidup kita lebih baik," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Mengingat pandemi masih berlangsung, jangan lupa untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan 6M saat berkunjung ke tempat-tempat wisata di musim liburan ini ya! Agar kamu tetap merasa aman dan nyaman saat menjelajahi tempat wisata, akan lebih baik jika kamu berkunjung ke destinasi-destinasi yang telah memiliki sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) seperti 7 tempat di atas.

Sebelum melakukan perjalanan dan pergi berlibur, pastikan juga kamu telah melaksanakan vaksinasi Covid-19 lengkap serta booster. Selain menjadi salah satu syarat perjalanan di masa pandemi ini, pelaksanaan vaksinasi pun merupakan hal yang dapat menjaga kamu, keluarga, dan wisatawan lainnya dari bahaya penyebaran Covid-19.

Dengan melakukan hal-hal di atas, pengalaman berlibur ke beragam destinasi wisata #WonderfulIndonesia tak hanya akan lebih menyenangkan, namun juga terasa makin aman dan nyaman.

Untuk informasi mengenai lainnya mengenai beragam destinasi wisata menarik #DiIndonesiaAja serta produk-produk ekraf lokal, jangan lupa untuk mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia ya!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat