androidvodic.com

Berburu Kuliner Legendaris Sumatera Barat di Festival Kampung Kuliner Minangkabau - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

News, JAKARTA - Guna memberikan wadah bagi para pengusaha UMKM untuk bangkit lagi pasca-pandemi, Arthatama menggelar festival berseri tentang kuliner Minangkabau di Jabodetabek bertajuk Kampung Kuliner Minangkabau.

Festival kuliner ini dimeriahkan panggung seni budaya dan ragam kuliner legendaris dan terkenal dari Sumatera Barat.

“UMKM pasti bisa bangkit lagi, kami berupaya membantu dengan mengadakan event ini selain untuk membangkitkan perekonomian UMKM yang ikut serta dalam festival ini juga untuk memperkenalkan ragam makanan Nusantara khususnya khas Minangkabau,” ujar Ketua Pelaksana Festival Kampung Kuliner Minangkabau Yeni Rachmawati dalam keteranganinya, Jumat (15/7/2022).

Ia mengatakan, Arthatama telah mengadakan festival ini di beberapa mal di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Saat ini Kampung Kuliner Minangkabau seri ke-5 sedang berlangsung di Mall Artha Gading dari 14 hingga 17 Juli 2022.”

Menurut Yeni, antusiasme masyarakat sangat tinggi menyambut festival kuliner apabila dilihat dari kehadiran berbagai kalangan masyarakat pada festival sebelumnya.

Baca juga: Festival Kuliner Ini Jadi Obat Kangen Liburan ke Jepang

“Mungkin karena sudah dua tahun lamanya mereka tidak hadir ke acara-acara besar ini karena pandemi, sehingga saat hadir kembali, rasanya menyenangkan,” ujarnya.

Arthatama, jelas Yeni, setiap membuat acara selalu memperhitungkan secara matang dan terencana terutama pada pemilihan tempat.

“Kami memiliki kualifikasi tertentu untuk memilih lokasi terbaik dan strategis. Hal ini supaya masyarakat yang hadir merasa nyaman walaupun berada di keramaian,” tegas Yeni.

Baca juga: Makanthon, Mega Festival Kuliner GrabFood, Kembali Hadir dengan Total Hadiah Sebesar Rp 2 Miliar

Selain memperhatikan secara teknis, Arthatama juga menyusun rangkaian acara dengan berbagai kreasi dari daerah Minangkabau agar masyarakat yang hadir selain nyaman juga merasakan keseruan lain.

“Kami mempersembahkan beberapa pertunjukan seni seperti, Tambua Tasa, Tari Pasambahan Minang, Tari Piring, Pawai Budaya Minangkabau, Arakan Bajamba," ujarnya.

Pihaknya juga mengadakan Permainan Kesenian Irama Minang dengan hadiah menarik serta menghadirkan artis-artis asli Minang.

Selama festival kuliner berlangsung, pengunjung yang menggunakan metode pembayaran Qris BRImo mendapatkan diskon hingga 25 persen. "Agar masyarakat lebih mudah melakukan jual-beli, tinggal scan melalui Qris saja,” ucap Yeni,

Festival kuliner Minangkabau ini juga memperhatikan kesehatan lingkungan dengan meminimalisir sampah plastik. “Kami menyediakan kemasan berbasis Ergopak, yaitu kemasan yang sudah go-green,” tukas Yeni.
 

Terkini Lainnya

  • Festival kuliner ini dimeriahkan panggung seni budaya dan ragam kuliner legendaris dan terkenal dari Sumatera Barat.

  • ASTON Kartika Grogol Sambut Kehadiran Menteri Ketenagakerjaan dalam Kegiatan Sarasehan

  • BERITA REKOMENDASI

  • Yuk, Kumpul Keluarga di PergiKuliner Festival Kekinian!

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat