androidvodic.com

Suka Makanan Pedas Bisa Membuat Panjang Umur - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Mengonsumsi makanan pedas disebut-sebut dapat menimbulkan dampak kesehatan. Namun ada juga penelitian yang menyebutkan jika konsumsi makanan pedas malah membuat panjang umur

Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis bedah dr Rosmali Ardiansyah Sp.B. Subsp.BD (K).

"Memang ada penelitian yang menyatakan, justru kalau orang dengan terbiasa makan pedas, memiliki usia lebih panjang dan sistim imun lebih baik," ungkapnya pada siaran radio Sonora FM, dikutip Tribunnews, Kamis (15/9/2022). 

Menurut dr Rosmali, hal itu bisa saja dimengerti. karena makanan pedas juga memiliki manfaatnya tersendiri. Satu di antaranya dapat mempercepat kinerja pencernaan

 "Jadi mana kala pembuangan baik, pengosongan saluran cerna baik, maka risiko terjadi infeksi berlanjut dan mencetuskan kanker relatif lebih kecil," paparnya lagi. 

Baca juga: Benarkah Penderita Asam Lambung Tak Boleh Konsumsi Makanan Pedas? Ini Dokter

Namun, dr Rosmali menekankan jika hal yang paling penting diingat adalah mengonsumsi secukupnya. Dan bukan secara berlebihan.

Karena jika mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menyulut kanker usus yang terjadi.

Baca juga: 7 Manfaat Makanan Pedas untuk Kesehatan, Mampu Menjaga Kesehatan Usus

Selain makanan pedas, kata dr Rosmali ada faktor lain yang menyebabkan timbulnya kanker usus. Bisa karena faktor usia, etnis dan pola makan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat