androidvodic.com

Sempat Diusulkan Rp750 Ribu, Kini Harga Tiket Candi Borobudur Diperkirakan Paling Mahal Rp150 Ribu - News

News, - Pemerintah kembali merencanakan kenaikan harga tiket untuk masuk kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah, setelah sebelumnya mengusulkan harga tiket Rp750 ribu tetapi dibatalkan.

Adapun harga tiket yang saat ini dikaji pemerintah dan pengelola Candi Borobudur yaitu di kisaran Rp100 ribu hingga Rp150 ribu untuk wisatawan nusantara (wisnus).

Saat ini harga tiket untuk wisnus dipatok Rp50 ribu dan Rp5.000 untuk pelajar.

Sedangkan untuk wisatawan mancanegara direncanakan harga tiketnya ke depan sebesar Rp500 ribu.

Baca juga: Organisasi Pemuda dan Mahasiswa Buddhis: Penetapan Harga Tiket Borobudur Harus Diperjelas Tupoksinya

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, perkiraan angka itu masih dibahas pemerintah dan pengelola Candi Borobudur.

"Jadi, ancer-ancer-nya (bisa jadi patokannya) menurut saya yang nanti TWC akan kaji itu antara Rp 100 ribu dan Rp 150 ribu dan wisatawan mancanegara itu Rp 500 ribu," kata Sandiaga dikutip dari Kompas.com, Kamis (9/2/2023).

"Itu nanti akan difinalkan oleh TWC," sambung Sandiaga usai menghadiri rapat koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi di Jakarta.

Namun, Sandiaga tidak dapat merinci apakah tarif masuk Borobudur termasuk adalah hanya tarif masuk ke kawasan Candi Borobudur, atau termasuk akses naik ke area stupa candi.

Terkait dengan hal finalisasi penetapan tarif, kata dia, bakal dirampungkan oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Sandiaga pun mengaku telah mendapat restu dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan serta bakal melapor kepada Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin jika PT TWC sudah siap.

"Jadi, jika ini akan dimulai, TWC nanti yang akan implementasikannya dan menindaklanjuti," katanya.

Terkait dengan kapan tiket dengan tarif baru, Sandiaga menyerahkan ke PT TWC, termasuk kesiapan para pemandu wisata.

Lebih lanjut Ia mengatakan, wisata Candi Borobudur juga telah diujicobakan kepada sekitar ratusan peserta ASEAN Travel Forum (ATF) 2023 dan telah berjalan lancar.

Saat uji coba, para peserta ATF 2023 mendapatkan pengalaman untuk paket edukasi dan konservasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat