androidvodic.com

Mengenal Manfaat Durian dan Kopi untuk Kesehatan, Penurunan Depresi hingga Mengurangi Risiko Kanker - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Kopi merupakan minuman favorit yang dikenal karena kemampuannya untuk menyempurnakan fokus dan meningkatkan energi tubuh.

Faktanya, banyak orang bergantung pada secangkir kopi setiap harinya, tepat ketika mereka bangun untuk memulai hari dengan langkah yang tepat.

Selain efeknya yang dapat memberi energi, kopi telah dikaitkan dengan daftar panjang manfaat kesehatan potensial, memberikan lebih banyak alasan bagi anda untuk menyeduhnya menjadi minuman yang berkhasiat.

Lalu apa saja manfaat kopi?

Baca juga: Bupati Lombok Barat Lakukan Penanaman 1000 Pohon Durian di Gunung Sasak

1. Meningkatkan energi

Dikutip dari laman Healthline, Minggu (23/7/2023), kopi mengandung kafein, stimulan sistem saraf pusat yang dikenal karena kemampuannya melawan kelelahan dan meningkatkan energi.

Ini karena kafein memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosin, dan ini meningkatkan kadar neurotransmitter lain di otak yang mengatur tingkat energi anda, termasuk dopamin.

Satu studi kecil menemukan bahwa mengkonsumsi kafein meningkatkan waktu kelelahan selama latihan bersepeda sebesar 12 persen dan secara signifikan mengurangi tingkat kelelahan subyektif pada peserta.

Studi lain memiliki temuan serupa, melaporkan bahwa mengkonsumsi kafein sebelum dan selama putaran olahraga golf meningkatkan kinerja, meningkatkan tingkat energi subjektif, dan mengurangi rasa lelah.

2. Dapat dikaitkan dengan penurunan risiko Diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko Diabetes tipe 2 dalam jangka panjang.

Faktanya, satu ulasan dari 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi setiap hari dikaitkan dengan risiko 6 persen lebih rendah terkena Diabetes tipe 2.

Baca juga: VIDEO TIPS KESEHATAN: Dokter Anak Nilai Bahaya Bayi Baru Lahir Diberi Kopi Hitam untuk Cegah Kejang

Hal ini diduga karena kemampuan kopi untuk menjaga fungsi sel beta pada pankreas anda, yang bertanggung jawab memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Tidak hanya itu, kopi juga kaya akan antioksidan dan dapat mempengaruhi sensitivitas insulin, peradangan dan metabolisme yang semuanya terlibat dalam pengembangan Diabetes tipe 2.

3. Dapat mendukung kesehatan otak

Meskipun penelitian menunjukkan hasil yang beragam, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat