androidvodic.com

5 Rekomendasi Jajanan Pasar Khas Betawi yang Wajib Dicicipi selama KTT ASEAN 2023 - News

News – Berikut rekomendasi jajanan pasar khas Jakarta yang wajib dicicipi selama KTT ASEAN 2023.

Indonesia menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara Asia Tenggara atau KTT ke-43 ASEAN.

KTT ASEAN tahun ini akan berlangsung di Jakarta mulai Selasa (5/9/2023) hingga Kamis (7/9/2023).

Jakarta sendiri dikenal memiliki sederet destinasi wisata yang dapat dikunjungi dan produk ekonomi kreatif yang bisa dijajal oleh para delegasi.

Salah satunya adalah wisata kuliner yang menjadi andalan seperti jajanan pasar khas Betawi.

Baca juga: Jelang KTT ke-43 ASEAN, Jokowi Terima Presiden World Bank dan Direktur IMF

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, kuliner Betawi memiliki cita rasa autentik dan unik yang diturunkan dari generasi ke generasi.

"Saya berharap di sela-sela rangkaian agenda pertemuan, para delegasi KTT ASEAN menyempatkan diri untuk mencicipi kuliner khas Betawi agar kunjungan kerja ke Indonesia khususnya Jakarta lebih berkesan," ujarnya.

Jajanan Pasar khas Jakarta

Dilansir dari laman resmi Kemenparekraf, berikut jajanan pasar Betawi yang wajib untuk dicicipi:

1. Kerak Telor

Jajanan khas Betawi yang bercita rasa gurih, tekstur dalamnya lembut dan luarnya garing ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai selingan sambil menyeruput kopi atau teh hangat di sore hari.

Kenikmatan ini berasal dari bahan-bahan yang digunakan. Dimana telur bebek dicampurkan dengan beras ketan putih, bawang goreng, ebi yang sudah disangrai. Lalu ditambahkan bumbu yang telah dihaluskan berupa cabai merah, kencur, jahe, serundeng, merica, garam, dan gula.

Cara memasaknya pun unik yakni ketika adonan kerak telor sudah setengah matang, wajan yang digunakan kemudian diarahkan ke arang. Posisi ini akan dibiarkan hingga kerak telor benar-benar matang.

2. Selendang Mayang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat