androidvodic.com

Apkasi Acungi Jempol Penyelenggaraan Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) atas sukses penyelenggaraan Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023 di Geosite Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, 6-8 Oktober 2023.

“Selama saya mengikuti acara hingga acara penutupan, merasa tidak sedang berada di kota kabupaten tapi justru seperti di kota besar seperti Jakarta, karena gelaran fashion show tersebut sangat profesional, mulai dari tata panggungnya, lightingnya, LED backdrop, sound systmen-nya," ujar Direktur Eksekutif Apkasi Sarman Simanjorang dalam keterangan pers yang dikutipi, Kamis (12/10/2023).

Dia juga memuji penampilan para modelnya yang melibatkan desainer kondang Poppy Dharsono.

Baca juga: 5 Desa Wisata Terbaik di Sekitar Danau Toba, Jangan Lewatkan Pesona dan Keindahannya

Sarman juga memuji event ini karena turut mempromosikan kain-kain khas Sumatera Utara yang sudah dimodifikasi menjadi modern. Gelaran ini juga membuat bisnis UMKM batik dan fashion di sekitar Danau Toba akan bisa berkembang.

Event ini juga dimeriahkan gelaran pameran produk-produk unggulan UMKM dari sejumlah kabupaten di kawasan Danau Toba, seperti Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi, Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbahas, serta peserta dari Pemerintah Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Buru Selatan.

“Ini merupakan bentuk kolaborasi antar daerah yang sangat baik sekali, sehingga masyarakat di sana juga mengetahui apa sih produknya dari Kabupaten Indrmayu dan apa produk unggulan dari Kabupaten Buru Selatan," ujarnya.

Dia berharap agar kolaborasi diantara 9 kabupaten se-kawasan Danau Toba semakin kuat.

“Ini untuk menjadikan Danau Toba menjadi destinasi super prioritas atau destinasi pariwisata unggulan di Indonesia dan salah satu forum yang mampu menyuarakan aspirasi bersama tersebut bisa melalui ajang Lake Toba Fashion Week & Agriculture 2023,” kata dia.

“Kami berharap siapa pun nanti yang akan menjadi tuan rumah di tahun mendatang, karena rencananya akan digilir per kabupaten, bisa melakukan evaluasi sehingga pelaksanaannya bisa lebih baik lagi. Mudah-mudahan kegiatan ini mampu menggantikan Pesta Danau Toba yang selama tiga tahun terakhir absen," imbuhnya.

Baca juga: Bertemu Presiden FIA, Bamsoet Dorong Pelaksanaan World Rally Championship 2025 di Danau Toba

Acara penutupan event ini dimeriahkan kehadiran MC Choky Sitohang dan penyanyi asal Batak, Lyodra Ginting. Putri Otonomi 2023 Elisha Lumintang yang juga hadir di festiva ini sangat terkesan saat mengunjungi makam Raja Sisingamangaraja yang pertama hingga yang ke-11.

Dia juga memuji pemandangan yang sangat elok di Desa Simangulampe, Bakkara, Kabupaten Humbahas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat