androidvodic.com

Bingung Libur Akhir Tahun ke Mana? Kenalan dengan Beruang Madu di Samudra Ancol Aja Yuk! - News

News - Jelang akhir tahun 2023, Samudra Ancol menghadirkan wahana edutainment terbaru yakni Sun Bear Exhibit yang baru saja dibuka untuk umum pada Rabu (27/12/2023).

Dalam acara pembukaan wahana tersebut, Samudra Ancol turut mengajak 100 anak yatim yang berasal dari wilayah sekitar untuk mengikuti aktivitas edutainment, seperti kegiatan mewarnai serta dongeng edukasi.

"Kami khusus menghadirkan Sun Bear Exhibit sebagai salah satu bentuk edukasi kepada pengunjung mengenai satwa endemik Indonesia dan kini memperkaya konten edukasi satwa Samudra Ancol dengan tetap memberikan nuansa keceriaan untuk keluarga," ucap Ari Kurniawan, VP SWA, ODS, JBL & Konservasi Ancol.

Seperti diketahui, Samudra Ancol telah menjadi salah satu wahana edutainment satwa terbesar di Ancol Taman Impian.

Wahana ini juga telah menjadi bagian dari Lembaga Konservasi Taman Impian Jaya Ancol, yang bertujuan untuk melestarikan beberapa jenis satwa dengan mempertahankan kemurnian jenisnya, sebagai tempat pendidikan, cadangan genetik untuk mendukung populasi in-situ, sarana rekreasi yang sehat, serta penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Mengenal lebih jauh tentang beruang madu

Lewat Sun Bear Exhibit, pengunjung dapat mengenal lebih dekat beruang madu yang terdapat di Samudra Ancol.  Dari sekian banyak jenis beruang yang ada di dunia, beruang madu atau sun bear (Helarctos malayanus) merupakan salah satunya jenis yang bisa ditemui di Indonesia .

Beruang madu memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil dibandingkan dengan jenis beruang lainnya. Panjang tubuh beruang dewasa mencapai sekitar 1,4 meter dengan berat tubuh antara 50-65 kilogram. Ciri khas beruang madu adalah bulunya yang berwarna kehitaman dengan corak putih, biasanya berbentuk U di bagian dadanya.

Satwa omnivora ini memakan berbagai jenis makanan. Sesuai namanya, makanan favoritnya adalah madu, tetapi mereka juga memakan berbagai jenis buah-buahan, serangga, dan hewan kecil lainnya. Beruang madu memiliki penciuman yang sangat tajam yang dapat membantunya menemukan madu di dalam sarang lebah. 

Nah, bagi Anda yang ingin melihat lebih dekat perilaku menggemaskan dari beruang madu, Sun Bear Exhibit yang terdapat di Ancol adalah destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat. Yuk, nikmati momen liburan akhir tahun di Samudra Ancol!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat