androidvodic.com

Indonesia Disebut Raja Pasar Kopi Modern di ASEAN, Ekspansi Jaringan Usaha Lokal Jadi Modal Utama - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Indonesia disebut sebagai raja pasar kopi modern di Asia Tenggara pada tahun 2023.

Menurut laporan Momentum Works berjudul ‘Coffee in Southeast Asia: Modernising Retail of the Daily Beverage,’ besaran pasar tersebut diperkirakan mencapai US$947 juta.

Angka tersebut dihitung dari nilai omzet tahunan (annual turnover) dari pasar kopi modern di Indonesia.

Angka tersebut setara dengan 27,7 persen dari total nilai pasar kopi modern di Asia Tenggara yang mencapai US$3,4 miliar pada tahun 2023. Kekuatan pasar kopi modern di Indonesia ini sebagian besar didorong oleh ekspansi dari jaringan usaha kopi lokal.

Salah satu jaringan usaha kopi lokal yakni dengan adanya fasilitas sangrai kopi atau coffee roastery.

"Kehadiran coffee roastery kami merupakan bentuk komitmen kami untuk menghadirkan industri berkelanjutan yang nantinya bisa membentuk satu ekosistem dari hulu ke hilir dalam industri kopi nusantara. Coffee roastery ini kami desain dengan tiga fase produksi, menggunakan biji kopi berkualitas dan memiliki kapasitas produksi mencapai hingga 2.400 ton per tahun,” kata Dirut Utama Tomoro Coffee Star Yuan dalam siaran pers, Minggu (5/5/2024).

Yuan mengatakan fasilitas sangrai kopi ini akan memberikan dampak efisiensi bagi bisnisnya yang memiliki jaringan 500 lebih toko yang berkembang pesat di Indonesia. 

"Kami menggunakan mesin sangrai berkualitas yang dapat melacak proses produksi mulai dari awal hingga akhir. Fitur ini akan memastikan hasil yang konsisten pada setiap batch produksi kopi karena proses sangrai dipantau secara cermat melalui peranti lunak yang dapat memastikan rasa kopi tetap sama dan konsisten setiap saat," kata dia.

Adapun saat ini mesin sangrai tersebut, dikatakan Yuan, juga dilengkapi dengan 2 (dua) alat afterburner yang akan mengurangi polusi asap hingga lebih dari 60% dari proses sangrai kopi

"Pembangunan fasilitas yang juga ramah lingkungan semakin mencerminkan komitmen kami terhadap keberlanjutan ekonomi bisnis dan dampak yang dihasilkan terhadap lingkungan," kata dia.

Baca juga: Tomoro Ekspansi Gerai Kopi ke China dan ASEAN Akhir Tahun Ini

"Kami berharap semua langkah yang kami upayakan ini dapat berkontribusi untuk meningkatkan produktivitas kopi di Indonesia sehingga semakin menghasilkan kopi yang berkualitas dan disukai oleh penikmat kopi internasional," pungkas Yuan.

Terkini Lainnya

  • fasilitas sangrai kopi ini akan memberikan dampak efisiensi bagi bisnisnya yang memiliki jaringan 500 lebih toko yang berkembang pesat di Indonesia. 

  • ESB Luncurkan Aplikasi Asisten AI untuk Bisnis Kuliner, Bisa Beri Rekomendasi Stok Menu ke Pengusaha

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat