androidvodic.com

Indonesia Architecture Creative Forum Digelar di Hotel Sahid Jaya Yogyakarta - News

USAI menggelar sayembara Desain Arsitektur Nusantara dan roadshow Arsitektur Nusantara, kini PT Propan Raya siap menyelenggarakan pergelaran arsitektur terakbar di abad ini, Indonesia Architecture Creative Forum (IACF) yang akan berlangsung di Ruang Indraprasta 3 Hotel Sahid Jaya, Yogyakarta.

IACF merupakan bagian dari rangkaian acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) 2018 yang diselenggarakan oleh Indonesia Creative Cities Network (ICCN). ICCF kali ini merupakan gelaran yang keempat, setelah Solo pada 2015, Malang (2016), dan Makassar (2017).

Sedangkan IACF baru diadakan tahun ini. ICCF akan berlangsung pada 15-19 Oktober 2018, sementara acara IACF berlangsung pada 16 Oktober 2018.

ICCF diselenggarakan setiap tahun oleh ICCN yang saat ini beranggotakan 160 kota kabupaten kreatif se-Indonesia.

Festival ini selalu dihadiri komunitas, pegiat kota, pelaku usaha, akademisi, dan pemerintah daerah untuk mengikuti perkembangan kota kreatif di Indonesia yang terhubung dengan jejaring kota kreatif dunia.

Pada tahun ini, tema yang diusung ICCF ialah 'Holopis Kutha Baris', yaitu sebuah undangan kota-kota berjejaring dan bersinergi untuk mewujudkan hal besar bersama yaitu Indonesia yang kaya dengan karya.

Sementara pada pergelaran perdananya, IACF mengusung tema 'Be Creativepreneur in Architecture Today with Local Genius'.

Ketua Panitia IACF 2018, Ir Yuwono Imanto MM MBA, yang juga menjabat Direktur PT Propan Raya sekaligus Dewan Pengarah ICCN, menjelaskan bahwa diambilnya tema ini bertujuan untuk mengobarkan semangat kepada para arsitek muda di tanah air untuk mengibarkan arsitektur Indonesia, baik di kancah nasional maupun internasional.

“Kami ingin menularkan semangat kepada arsitek-arsitek muda Indonesia untuk terus menjaga, melestarikan, dan mengkinikan arsitektur Nusantara. Tidak ada cara lain untuk membela Arsitektur Indonesia, kecuali para lulusan arsitek ini tetap fokus menjalani dunia kearsitekannya dan membuka kantor arsitek sendiri ataupun menjadi professional architects, dengan tetap mengangkat nilai-nilai budaya Indonesia dalam karya desain arsitekturnya. Tujuan kami, menjadikan arsitek sebagai profesi, bukan cuma gelar," ungkap Yuwono yang juga dikenal sebagai inisiator Arsitektur Nusantara.

Sebagai penyelenggara IACF, PT Propan Raya berkolaborasi dengan ICCN dan ICCF, serta bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Yogyakarta Young Architect Forum (YYAF).

Tak hanya itu, acara ini juga menggandeng media partner, seperti Bluprin.com, Metro TV, SWA, Koran Sindo, Koran Bernas, Radar Jogya Radio Sonora Jogja, dan Radio Star Jogja.

Para pembicara yang mengisi IACF terbilang sangat luar biasa. Mereka ialah para profesional yang ahli di bidangnya, yakni Dr Hari Sungkari, Deputi Bidang Infrastruktur Bekraf Indonesia, membawakan tema 'Creative Cities Development as The Infrastructure of Creative Economy'.

Selain itu, Ir Yuwono Imanto MM MBA, Ketua Panitia IACF 2018, Direktur PT Propan Raya sekaligus Dewan Pengarah ICCN, membawakan tema 'Innovation Ecosystem for Creative Industry in Architecture Today and Creative Cities Context'.

Ada pula Helen Agustine Rusli B. Arch M.A, Founder and Principal Architect Seniman Ruang–Architect & Interior Designer, membawakan tema 'Start Up Firm in Architecture Today'.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat