androidvodic.com

Mengenal Lebih Dekat Peran Laboratorium Forensik Polri di Surabaya - News

Penulis: Kurrotul Uyun

News - Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki tingkat kriminalitas yang cukup tinggi.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga menjadi penyebab terjadinya suatu kejahatan.

Kecanggihan teknologi semakin mendorong perkembangan kehidupan manusia termasuk semakin berkembangnya kejahatan yang dilakukan, baik dari segi kuantitas dan kualitas kejahatan.

Selain memiliki dampak negatif, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang modern juga memiliki dampak positif dalam proses penyelidikan dan penyidikan tindak pidana pada masa sekarang.

Salah satunya adalah dapat dibangunnya Laboratorium Forensik (LABFOR).

Untuk melaksanakan penegakan hukum secara konsekuen dan ilmiah, dukungan dan peran Laboratorium Foresik POLRI menjadi sangat penting.

Produk yang dikeluarkan Laboratorium Forensik termasuk salah satu yang dapat dijadikan  alat bukti yang dapat dipertanggungjawabkan karena dilakukan oleh ahli yang profesional.

Sebanyak 17 mahasiswa/i dari S2 Ilmu Forensik, Sekolah Pascasarjana, Universitas Airlangga diberikan kesempatan untuk melakukan kunjungan ke Laboratorium Forensik POLDA JATIM.

Kunjungan dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pada Selasa, 22 Oktober 2019 dan Selasa, 29 Oktober 2019. Kunjungan dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga sekitar pukul 13.00 WIB.

Kunjungan tersebut merupakan agenda kuliah lapang  dari salah satu mata kuliah dalam S2 Ilmu Forensik yaitu Tata Laksana Laboratorium Forensik dengan Dosen pengampu yaitu Dr. Drs. Sugiri, S.H., M.Sc., MM.

Yang biasa dilakukan tiap tahunnya. Kuliah lapang tersebut bertujuan untuk mengenal secara langsung bagaimana fungsi dan peran Laboratorium Forensik dalam penegakan hukum.

Selain itu, juga bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan mahasiswa/i mengenai bidang dan kajian apa saja ditangani oleh LABFOR dalam penyelesaian tindak pidana.

Kunjungan pertama, disambut langsung oleh bapak AKBP Arif Andi Setiawan, M.T. yang merupakan ketua subbidang laboratorium Kimia dan Biologi Forensik (KIMBIOFOR), Beliau memaparkan sedikit profile tentang Laboratorium Forensik meliputi sejarah, susunan anggota tiap sub-bidang dan bidang kajian pemeriksaan tiap laboratorium di AULA POLDA JATIM  kemudian dilanjutkan kunjungan ke tiap subbidang laboratorium.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat