androidvodic.com

Kan Hiung Jelaskan Selain Vaksinasi, Masyarakat Bisa Cegah Penyebaran Virus Covid-19 - News

PANDEMI COVID-19 yang semakin meningkat angka korbannya membuat resah masyarakat Indonesia.

PPKM Darurat pun sudah diterapkan pemerintah guna menekan laju angka penderita.

Masyarakat pun diminta untuk semakin menaati protokol kesehatan dan tetap di rumah jika tak ada keperluan mendesak.

Pengamat sosial dan masyarakat, Kan Hiung menjelaskan, selain vaksinasi, masyarakat diminta untuk bisa mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19 ini.

"Bagi yang percaya Covid itu nyata, ada 15 cara yang bisa dipraktekan masyarakat guna mencegah penularan dan penyebaran virus Covid-19 ini," ujar Kan Hiung, Sabtu (17/7/2021).

Dipaparkan Kan Hiung, cara pertama adalah dengan memakai masker dua lapis setiap bertemu orang lain yang tidak se-rumah.

"Jangan pernah membuka masker selama bertemu orang lain dengan alasan apa pun. Sampai rumah buang masker lapisan luar kedalam tong sampah di luar rumah," ujar Kan Hiung.

Kedua, jangan makan bersama orang lain yang tidak serumah. Jika membeli makanan dan minuman dari restoran/warung dengan cara pesan membungkus dan makan di rumah, jaga jarak masing-masing dengan jaga jarak minimal tiga meter dengan orang lain.

"Bagi yang biasa makan di restoran, baiknya membawa sendok dan tempat makan serta air minum sendiri dari rumah. Jika beli makan dari luar, pindahkan ke tempat sendiri, lalu buang bungkusnya, cuci tangan baru lanjut makan," jelas Kan Hiung.

Ketiga, cuci tangan yang bersih menggunakan sabun atau semprot alkohol/sanitizer setiap memegang barang apa pun dari luar atau barang di luar yang sekiranya pernah dipegang oleh orang lain;

Keempat, setiap barang yang datang dari luar, kemasannya dibuka dan dibuang di luar sebelum masuk ke dalam rumah atau kantor. Lalu cuci tangan yang bersih pakai sabun/alkohol baru bawa masuk barang ke dalam rumah,

'Atau barang dari luar itu dikarantina di suatu tempat selama sekitar 10 hari, baru diambil lagi untuk dipakai," kata Kan Hiung.

Kelima, keluar rumah hanya urusan yang penting saja. Terapkan prinsip keluar rumah satu orang mewakili satu rumah.

Saat keluar rumah pakai masker dan pakaian dua lapis, pakai topi, pakai alat penutup wajah yang rapi, dan pulang sampai rumah sebelum masuk rumah sediakan satu ember air campur deterjen, lalu sandal atau sepatu simpan di luar rumah, terus cuci tangan yang bersih sampai ke atas lengan, cuci kaki, buka topi dan baju lapisan luar rendam kedalam air campur deterjen. Kemudian buka masker dan cuci muka yang bersih, terakhir masuk ke rumah langsung mandi yang bersih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat