androidvodic.com

Mahasiswa KKN Tim II Undip Latih Perangkat Desa Sitanggal Brebes Melek Digital - News

News, BREBES - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro, Semarang menggelar pelatihan digital untuk perangkat desa Sitanggal, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan dan memudahkan akses pelayanan publik di pemerintahan Desa Sitanggal.

Pelatihan dan bimbingan penggunaan platform digital kepada peragnkat desa dibagi dalam beberapa tahap.

Tahap pertama mahasiswa KKN Tim II Undip memberikan pengenalan terhadap ragam platform digital serta pengenalan karakteristik setiap aplikasi media sosial.

“Tahap pertama kami perkenalkan sejumlah platform serta karakteristik setiap media sosial kepada perangkat desa agar dapat dioptimalkan untuk pelayanan kepada masyarakat,” ujar Naufal, Ketua KKN Tim II Undip, Sabtu (12/8/2023).

Baca juga: Resmikan Sekretariat Ikateksi Undip, Karding: Alumni Perguruan Tinggi Harus Berkontribusi ke Negara

Tahap selanjutnya, tambah Naufal diberikan juga bimbingan kepada perangkat desa dalam mengoperasikan dan menggunakan aplikasi editing serta memaksimalkan fitur yang ada pada media sosial.

“Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan skill untuk membagikan kegiatan di media sosial dengan deskripsi kegiatan yang jelas dan selaras dengan kebijakan umum pemerintah,” tambah Naufal.

Menurut Naufal, dengan program pelatihan digital ini diharapkan Pemerintah Desa Sitanggal dapat mendesain media sosial untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan lembaga serta menggali aspirasi khalayak banyak.

Baca juga: IKA Undip: Pemilu 2024 Tidak Boleh Kalah oleh Politik Identitas

“Ini juga menjadi langkah percepatan dalam pemanfaatan teknologi di lingkungan pemerintahan untuk meningkatkan partisipasi, komunikasi, dan kolaborasi,” katanya.

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini tidak hanya sekadar sebagai pemenuhan kebutuhan sosial, tetapi juga menjadi tuntutan kepada penyelenggara pemerintahan.

Pemerintah dapat memanfaatkan platform digital untuk memberikan pelayanan dan interaksi kepada masyartakat dengan lebih mudah.

Platform media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram memungkinkan individu maupun komunitas terhubung melalui internet dan perangkat seluler.

Dengan media sosial, individu dan organisasi dapat saling tukar menukar konten secara langsung dalam bentuk teks, foto, audio, dan video.

Hal Ini pun menjadi salah satu sarana bagi instansi pemerintah pada kehidupan modern di era digital saat ini untuk terus berkomunikasi dengan masyarakat. (Mahasiswa KKN Tim II Undip)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat