androidvodic.com

Memori Tragedi Sabra Shatila dan Genosida di Jalur Gaza - News

News, YOGYA – Pada 16 September 1982, kelompok bersenjata Partai Falangis (Phalange) Lebanon menyerbu kamp pengungsi Palestina di Sabra dan Shatila, Beirut, Lebanon.

Penyerbuan oleh milisi Kristen Maronit Lebanon ini berlangsung tiga hari, dan diperkirakan antara 2.000 hingga 3.500 warga sipil Palestina terbunuh.

Ini konflik sangat berdarah di Lebanon, yang ketika itu pasukan Israel begitu jauh terlibat dalam pertikaian antarkelompok politik di Lebanon.

Milisi Falangis dikomandoi antara lain Eli Hobeika, yang kelak jadi angota parlemen dan menteri di pemerintahan Lebanon.

Baca juga: Invasi Darat Israel ke Jalur Gaza Ditunda atau Batal?

Baca juga: Siapa Membom Rumah Sakit Al Ahli di Jalur Gaza?  

Baca juga: Siapa Bisa Cegah Eksodus dari Jalur Gaza?

Sabra dan Shatila menjadi blok permukiman yang dihuni ribuan penduduk Palestina yang mengungsi ke Beirut akibat konflik di tanah air mereka dengan Israel.

Di antara para pengungsi itu bercampur anggota maupun simpatisan Palestina Liberation Organization (PLO) yang diburu pasukan Israel.

PLO dipimpin tokoh legendaris perlawanan Palestina, Yaser Arafat atau dikenal juga dengan sebutan Abu Amar.

Israel memiliki hubungan sangat baik dengan faksi-faksi Kristen Lebanon, dan menjadikan mereka proksi guna melawan kelompok petempur Palestina.

Milisi Maronit di Lebanon dilatih dan dipersenjatai, dan dijadikan Israel garda terdepan untuk mengumpulkan informasi intelijen lawannya.

Sabra adalah nama permukiman miskin di pinggiran selatan Beirut Barat, yang bersebelahan dengan kamp pengungsi UNRWA Shatila yang dibangun untuk para pengungsi Palestina pada 1949.

Bertahun kemudian penduduk kedua wilayah ini menjadi semakin bercampur, sehingga penyebutan Sabra dan Shatila menjadi sudah biasa

PLO ketika itu menggunakan Lebanon selatan sebagai pangkalan serangan ke Israel. Penyerbuan Sabra Shatila sesungguhnya jadi puncak rentetan konflik yang terjadi jauh sebelum hari-hari itu.

Konflik Palestina-Israel, konflik di antara kelompok politik di Lebanon, maupun gerakan perlawanan global yang dilakukan elemen-elemen lain di Palestina.

Di antaranya upaya pembunuhan Dubes Israel di London, Shlomo Argov pada 4 Juni 1982. Israel murka dan menjadikannya alasan memburu petempur PLO hingga ke Beirut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat