androidvodic.com

Menteri ESDM: Proyek 35.000 Mega Watt Hambat Program Energi Bersih - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda 

News, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan, Indonesia harus mengambil langkah cepat untuk beralih ke energi bersih atau terbarukan. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, pemerintah sudah mengambil antisipasi untuk mempercepat masuknya energi bersih ini kedalam sistem energi nasional. 

"Kita memiliki sumber sumber energi terbarukan yang cukup besar. Antara lain tenaga energi surya, hydro, geothermal, angin, biomassa, dan macam-macam," ujarnya dalam video conference, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Kapasitas Pembangkit Energi Terbarukan Ditargetkan Tembus 978 Megawatt di 2021

Ada beberapa tantangan yakni di antaranya lokasi-lokasi energi terbarukan umumnya di daerah yang jauh dari kota. 

"Perlu dukungan sarana yang harus kita siapkan. Ini adalah satu keharusan yang dilakukan tahun-tahun ke depan," kata Arifin. 

Baca juga: Star Energy Geothermal Kembangkan Potensi Ekonomi Kopi di Jawa Barat

Ada juga kendala dari proyek tambahan listrik 35.000 mega watt yang menjadi keinginan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). 

Arifin menjelaskan, proyek tersebut di saat ini dalam tahap pelaksanaan penyelesaian, sehingga kalau rampung berpotensi adanya kelebihan pasokan energi. 

"Kalau ini diselesaikan  ditambah dengan adanya faktor kelambatan penyerapan energi dan perlambatan ekonomi disebabkan oleh pandemi, maka kelebihan ini yang menjadi tantangan kita. Ini adalah hambatan untuk energi bersih bisa masuk," ujarnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat