androidvodic.com

PLN Habiskan Rp 20,6 Miliar untuk Terangi 16 Desa di NTT dan Dua Dusun Perbatasan Timor Leste - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - PT PLN (Persero) mengucurkan biaya investasi Rp 20,6 miliar untuk menghadirkan listrik ke 16 desa di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan dua dusun di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT Agustinus Jatmiko, mengatakan saat ini rasio desa berlistrik di NTT mencapai 96,6 persen, dan rasio elektrifikasi sebesar 88,82 persen.

Baca juga: Diskon Token PLN 50% Diperpanjang sampai Desember 2021, Cara Klaim Tak Lagi di stimulus.pln.co.id

“Merupakan kado manis dari PLN menyambut HUT RI ke 76, PLN khususnya di NTT dapat melistriki hingga ke daerah-daerah terpencil," kata Jatmiko dalam keterangannya, Selasa (17/8/2021).

Menurutnya, menghadirkan listrik di wilayah terdepan, tertinggal dan terluar (3T) memiliki beberapa tantangan, seperti geografis dan infrastruktur jalan yang sangat ekstrem.

Baca juga: Petrokimia Gresik Beralih Gunakan Listrik PLN 11,4 MW, Berhasil Tekan Biaya Hingga 12 Persen

"Semoga dengan terangnya desa dan dusun di NTT, menambah kesejahteraan bagi masyarakat," ujar Jatmiko.

Adapun 16 desa yang tersebar di beberapa kabupaten di NTT yaitu Desa Fatusuki Kabupaten Kupang, Desa Marada Mundi Kabupaten Sumba Timur, Desa Daha Elu dan Desa Cendana Kabupaten Sumba Tengah, Desa Golo Wedong Kabupaten Manggarai Barat.

Baca juga: Berkat Electrifying Agriculture PLN, Omzet Petani Buah Naga Naik Hingga 3 Kali Lipat

Kemudian, Desa Urung Dora, Desa Poco Rii, Desa Lidi, Desa Golo Nderu, Desa Golo Meleng, Desa Compang Wunis, Desa Paan Leleng, Desa Rana Kulan Kabupaten Manggarai Barat, Desa Benteng Suru, Desa Golo Woi dan Desa Patisirawalang Kabupaten Flores Timur.

Untuk melistriki di 16 desa tersebut, PLN membangun JTM sepanjang 66,96 kms, JTR sepanjang 71,55 kms, dan 20 gardu dengan kapasitas 1.000 kVA, dengan nilai investasi mencapai Rp 18,6 miliar.

Sementara dua dusun yang berbatasan dengan Timor Leste yaitu Dusun Webua dan Dusun Manekik.

Di sana, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 4,57 kms, jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 2,99 kms, dan 2 gardu dengan kapasitas masing-masing 50 kVA dengan nilai investasi Rp 2 miliar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat