androidvodic.com

Atasi Krisis Air Bersih, Shopee Gandeng Kodam IX Udayana Bangun Pompa di Desa-Desa Bali - News

News - Pulau Bali memang terkenal akan pesona alam dan kekayaan budayanya yang siap memukau wisatawan Nusantara hingga mancanegara.

Bahkan, di tengah pandemi yang membatasi kesempatan masyarakat untuk bepergian, Bali menjadi salah satu tujuan wisata yang banyak dirindukan.

Namun, siapa sangka ternyata dibalik keindahan Pulau Dewata yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan, masih terdapat warga Bali di beberapa wilayah yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih.

Beberapa desa yang mengalami kekurangan air bersih di antaranya Desa Wanagiri, Desa Rendang, Penglumbaran, Tampaksiring serta Desa Tembeling yang berlokasi di Kecamatan Rendang-Karang Asem, Kecamatan Susut-Bangli, Kecamatan Tampaksiring-Gianyar dan Kecamatan Nusa Penida-Klungkung.

Setiap warga di daerah tersebut memiliki tantangan tersendiri dalam mengakses air bersih untuk memenuhi kebutuhan air sehari hari.

Pembangunan pompa air bersih1
ISTIMEWA

Nyoman Widiada, salah satu tokoh masyarakat Desa Wanagiri mengaku bahwa kondisi desanya kerap kali kekurangan air bersih karena sulitnya akses menjangkau air bersih.

Nyoman menjelaskan, warga Desa Wanagiri tinggal di daerah pegunungan dengan ketinggian 1200 meter dari permukaan laut, sehingga untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga Desa Wanagiri harus memanfaatkan air dari Danau Buyan.

“Airnya kita tarik dengan mesin lempar, ini dilakukan baik secara mandiri dan berkelompok dengan biaya masing-masing untuk membeli mesin pompa dan bensin untuk menjalankannya. Mesin pompanya pun, hanya bisa menarik air sejauh 400 meter,” jelas Nyoman.

Baca juga: Beragam Promo Online dan Offline di ShopeePay 12.12 Birthday Deals, Jangan Sampai Ketinggalan!

Nyoman menceritakan, untuk mendapatkan air bersih, warga Desa Wanagiri harus naik-turun gunung dengan kemiringan 80 derajat hanya untuk mendapatkan air bersih dari mesin pompa yang digunakan untuk minum, memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti mandi dan memasak, serta kebutuhan warga yang bekerja sebagai petani dan peternak.

Namun, karena jarak tempuh yang terlalu jauh dan medan berat, masyarakat akhirnya rela untuk membeli air galon setiap harinya dengan harga 12 ribu rupiah demi memenuhi kebutuhan air mereka.

Baca juga: Hadir di Yogyakarta, ShopeePay Semangat UMKM Lokal Dorong Kebangkitan Bisnis Lokal

“Kasihan juga melihatnya tapi mau bagaimana lagi, daripada membahayakan mereka untuk setiap hari menjalani medan berat,” ungkap Nyoman.

Melihat krisis air bersih yang dihadapi warga Bali, Shopee menggandeng Komando Daerah Militer (Kodam) IX UDAYANA berinisiasi membangun pompa air untuk masyarakat Bali yang bertempat di lima titik desa tersebut demi mengatasi permasalahan krisis air bersih pada Juli 2021 lalu.

Dukungan ini menjadi bagian dari program Shopee Untuk Negeri yang diusung bersama Pangdam Udayana untuk membantu masyarakat setempat mendapatkan bantuan akses air bersih.

Kegiatan ini akan membantu total hampir 1.800 kepala keluarga untuk mendapatkan akses air bersih.

Setelah hadirnya pompa air bersih yang dibangun Shopee bersama Kodam IX Udayana, Nyoman melihat bahwa kondisi masyarakat di Desa Wanagiri mengalami perubahan signifikan dalam berbagai aspek dan warga pun begitu antusias dalam menyambut pompa hidram ini.

Baca juga: ShopeePay Catat Layanan Pembayaran di UMKM Meningkat Lima Kali Lipat saat Pandemi

“Masyarakat sangat bergembira dan berterima kasih dengan adanya pembangunan pompa air untuk mereka. Dari segi kemudahan, mereka merasa terbantu karena sekarang tidak perlu lagi kesusahan untuk mendapatkan air bersih,” ungkap Nyoman.

Tak hanya membantu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat, Nyoman menjelaskan bahwa kehadiran pompa air bersih tersebut juga sangat membantu masyarakat dari segi ekonomi karena tidak harus mengeluarkan uang untuk membeli air galon setiap hari.

Baca juga: Kembangkan UMKM Ibu Kota, Kampus Shopee Hadir di Jakarta

“Pompa hidram ini berhasil mencukupi kebutuhan air bersih untuk kurang lebih 70 kepala keluarga di Desa Wanagiri. Saya berharap masyarakat di Desa Wanagiri bisa merawat bersama-sama pompa hidram ini agar dapat terus menjadi sumber air bersih bagi warga sekitar,” jelasnya.

“Pompa hidram ini harus terus dijaga dengan baik secara mandiri meskipun awalnya masih membutuhkan bantuan dari TNI untuk merawatnya. Terima kasih juga buat Shopee yang sudah bikin akses air bersih jadi mudah,” tutup Nyoman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat