androidvodic.com

Kementerian ESDM : Ada 4.500 Sumur Minyak Ilegal, Mayoritas di Jambi dan Sumsel - News

Laporan Wartawan News, Seno Tri Sulistiyono

News, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat ada 4.500 sumur minyal ilegal di berbagai daerah dengan produksi sekitar 2.500 barel per hari (BOPD).

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji mengatakan, jumlah tersebut dapat bertambah dan berkurang tergantung dari penegakan hukum di masing-masing daerah.

"Mayoritas sumur ilegal ada di Sumatera Selatan dan Jambi. Di mana hal ini, menimbulkan kerusakan lingkungan yang besar," kata Tutuka secara virtual, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Sudah Ada HET, Harga Minyak Goreng Tetap Melambung, Pedagang: Tiap Minggu Naik

Menurutnya, lokasi sumur ilegal berada di tengah hutan dengan akses yang sulit dijangkau kendaraan, di mana sebagian berada di wilayah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S).

"Memang bisa terjadi di wilayah K3S tapi K3S tidak mengembangkannya karena dipandang belum ekonomis," tuturnya.

Oleh sebab itu, Kementerian ESDM saat ini sedang melakukan revisi Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2018 dengan mengutamakan pemberdayaan dan pembinaan masyarakat yang melakukan praktik pengeboran.

Baca juga: Siap-siap, Tarif Listrik dan Harga Rokok akan Naik 2022, Harga Minyak Goreng Juga akan Terus Naik

Tutuka pun menyebut, Kementerian ESDM bekerja sama dengan pemerintah daerah, aparat penegak hukum dan Kementerian LHK dalam menangani kegiatan pengeboran ilegal.

"Jadi mereka akan dibina, mereka nantinya bisa mendaftarkan diri, mengajukan proposal dan tahapan lainnya. Kalau sudah lewati semya, bisa dikerjakan secara ilegal," paparnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat