androidvodic.com

Cadangan Emas dan Valas Senilai 300 Miliar Dolar AS Dibekukan, Rusia Bayar Utang Pakai Rubel - News

News -- Setengah dari cadangan emas dan valuta asing (valas) Bank Rusia telah dibekukan karena sanksi, Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov mengatakan dalam sebuah wawancara dengan saluran TV Rossiya 1.

"Ini sekitar setengah dari cadangan yang kami miliki. Kami memiliki jumlah total cadangan sekitar 640 miliar dolar AS.

Saat ini kami tidak dapat menggunakan sekitar 300 miliar dolar dari cadangan ini," katanya seperti dilaporkan TASS.

Baca juga: Rusia Geram dengan Sanksi Singapura, Sarankan Hindari Isu yang Jauh dari Asia

Menteri menambahkan bahwa sebagian dari cadangan devisa Rusia dalam mata uang Cina. Namun, negara-negara Barat sekarang menekan China untuk membatasi perdagangan dengannya.

“Tentu saja, ada tekanan untuk membatasi akses ke cadangan yang kami miliki dalam yuan. Saya pikir kemitraan kami dengan China akan memungkinkan kami untuk mempertahankan kerja sama yang telah kami capai, dan tidak hanya untuk mempertahankan, tetapi juga untuk melipatgandakannya di kondisi ketika pasar Barat ditutup," kata Siluanov.

Menteri menegaskan bahwa utang negara-negara yang tidak bersahabat dengan Rusia akan dibayar dalam rubel.

Baca juga: Ramzan Kadyrov Temui Tentara Chechnya di Kyiv, Akui Militernya sebagai Bagian Pasukan Rusia

"Tapi - saya ulangi sekali lagi - hutang yang harus kita bayar ke negara-negara yang tidak bersahabat dengan Federasi Rusia dan telah membuat pembatasan penggunaan cadangan devisa, ke negara-negara inilah kita akan membayar hutang dalam rubel. setara,” tegasnya.

Negara-negara Barat telah memberlakukan sanksi yang belum pernah terjadi sebelumnya pada perusahaan dan sistem keuangan Rusia sejak menginvasi Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebutnya operasi militer khusus.

Komentar Siluanov dalam sebuah wawancara TV menandai pernyataan paling jelas dari Moskow bahwa pihaknya akan mencari bantuan dari China untuk meredam efeknya.

Namun NSA AS Jake Sullivan mengatakan Washington telah memperingatkan China untuk tidak memberikannya.

“Kami berkomunikasi secara langsung, secara pribadi ke Beijing, bahwa pasti akan ada konsekuensi untuk sanksi skala besar, upaya penghindaran atau dukungan ke Rusia untuk mengisinya kembali,” kata Sullivan kepada CNN.

Baca juga: Wartawan AS Tewas Ditembak Tentara Rusia di Ukraina

“Kami tidak akan membiarkan itu berlanjut dan membiarkan ada jalur kehidupan ke Rusia dari sanksi ekonomi ini dari negara mana pun, di mana pun di dunia,” tambah Sullivan, yang akan bertemu dengan diplomat top China Yang Jiechi di Roma pada hari Senin.

China telah menjadi salah satu dari sedikit negara yang menghindari mengkritik Rusia atas invasi mereka ke Ukraina. Xi Jinping dari China menjamu Presiden Rusia Vladimir Putin untuk pembukaan Olimpiade Musim Dingin di Beijing hanya beberapa minggu sebelum Rusia meluncurkan invasi 24 Februari.

Selama kunjungan Putin ke China bulan lalu, kedua pemimpin mengeluarkan pernyataan 5.000 kata yang menyatakan "tidak ada batas" dalam persahabatan antara kedua negara.

Pejabat China juga mengatakan Washington seharusnya tidak dapat mengeluh tentang tindakan Rusia karena AS menginvasi Irak dengan alasan palsu. AS mengklaim memiliki bukti Saddam Hussein menimbun senjata pemusnah massal meskipun tidak pernah ditemukan.

China adalah pasar ekspor utama Rusia setelah Uni Eropa. Ekspor Rusia ke China bernilai $79,3 miliar pada tahun 2021, dengan minyak dan gas menyumbang 56 persen dari itu, menurut badan bea cukai China. (TASS/Al Jazeera)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat