androidvodic.com

Indofarma dan Achiko Teken Kerjasama Penyediaan Alat Tes Covid-19 dengan PWNU DKI - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasiolan Eko Purwanto

News, JAKARTA – Indofarma bersama Achiko meneken perjanjian kerjasama penyediaan alat test diagnostik terbaru berbasis teknologi DNA Aptamer, Aptamex dengan PWNU DKI Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Alat ini buatan Indonesia yang diproduksi Indofarma melalui platform telehealth Teman Sehat dari Achiko.

Pada kerjasama tahap pertama, alat akan digunakan untuk melakukan diagnostik virus Covid-19 dan akan disosialisasikan kepada warga NU yang berjumlah kurang lebih 4 juta di Jakarta.

Pada tahap berikutnya, sosialisasi diharapkan dapat diperluas ke 90 juta warga Nahdahtul Ulama (“NU”) di seluruh Indonesia.

Dr KH Samsul Ma’arif, Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta mengatakan  kerja sama ini adalah salah satu bentuk ikhtiar pihaknya untuk melindungi semua lapisan elemen masyarakat dari penyebaran Covid-19.

Baca juga: Di Solo Techno Park, Jokowi Lihat Medical Bed Produksi Indofarma

Tes diagnostik cepat ini, kata dia, tidak hanya akan dipergunakan oleh seluruh anggota pihaknya di setiap kegiatan umum dari PWNU DKI Jakarta, namun juga di kegiatan-kegiatan khusus.

Baca juga: Percepat Penanganan Pandemi, Indofarma Genjot Produksi Obat

"Terlebih lagi karena alat tes diagnostik ini sangat terjangkau dan nyaman digunakan, maka diharapkan dapat membantu warga NU DKI Jakarta untuk melakukan rutin testing, dan juga dalam proses pengujiannya tidak memasukkan benda atau cairan apapun ke dalam tubuh pasiennya, sehinga dapat dipastikan tes berdasarkan pengujian terhadap saliva ini tidak membatalkan puasa,“ kata dia secara tertulis, dikutip Kamis (21/3/2022).

Produksi dan Distribusi

Untuk mendukung kerjasama ini , Achiko telah memperbarui hubungan kontraktualnya dengan PT Indofarma Tbk (“Indofarma”) untuk memasukkan distribusi dan segera memulai produksi 1 juta test kit dalam beberapa bulan ke depan.

Penjualan akan dimulai akhir bulan ini, dan setelah 3 sampai 6 bulan berjalan, Indofarma diharapkan dapat memproduksi beberapa juta test kit per bulan di Indonesia.

Selain itu, Achiko akan mengembangkan tes tambahan dimulai untuk demam berdarah dan dilanjukan dengan berbagai diagnostik pasar lainnya.

Baca juga: Banyak Diburu Orang, Indofarma Tingkatkan Produksi Ivermectin 16 Juta Butir per Bulan

CEO Achiko, Steven Goh menyatakan, pihaknya siap menghadirkan berbagai produk tes Covid-19 menggunakan teknologi terdepan dengan biaya lebih terjangkau bagi masyarakat Indonesia

"Kami sangat senang dapat menyediakan alat tes Covid-19 AptameX yang terjangkau dan non-invasif kepada warga dan anggota keluarga dari NU DKI Jakarta. Perbedaan kimia dengan menggunakan DNA aptamer sintetis dibandingkan dengan tes berbasis antigen memungkinkan kami untuk menawarkan tes lebih ramah dan lebih sensitif dengan harga terjangkau," kata dia.

Adapun Direktur Utama PT Indofarma Tbk, Arief Pramuhanto menyebut pihaknya mendukung kerjasama ini sebagai bagian dari fokus pihaknya dalam pengembangan produk alat kesehatan dalam negeri di Indonesia.

“Indofarma mendukung penuh program PWNU DKI Jakarta dan Achiko dalam penggunaan alat tes diagnostik Covid-19 - AptameX produksi Indofarma di berbagai kegiatan PWNU ke depan,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat