androidvodic.com

Tips Bijak Kelola THR Saat Lebaran Buat Generasi Sandwich - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, JAKARTA – Lebaran akan tiba sebentar lagi setelah satu bulan lamanya menunaikan ibadah puasa. Para pegawai juga sudah menerima pencairan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk kebutuhan saat Lebaran.

Berdasarkan hasil survei Snapcart tentang rencana penggunaan Tunjangan Hari Raya (THR), sebanyak 60 persen responden menyatakan akan menggunakan THR untuk berbelanja.

Ini merupakan kondisi yang wajar mengingat perayaan hari raya untuk berkumpul dengan keluarga adalah hal yang dinantikan setiap tahunnya.

Khusus untuk sandwich generation, perlu trik tersendiri agar dana THR dapat dikelola dengan optimal.

Windy Riswantyo, VP Head of Marketing, Branding and Digital Channel Astra Life mengatakan, bagi sandwich generation, momen ini bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekunder yang biasanya tertunda.

Baca juga: Jangan Habiskan THR, Coba Investasikan di Reksadana

"Namun perlu diingat, bahwa dana THR jika tidak dikelola dengan baik, justru bisa menjadi bumerang di kemudian hari,” ujarnya, Kamis (28/4/2022).

“Dengan semangat #iGotYourBack, Astra Life mengajak sandwich generation untuk bijak dalam mengelola keuangan, termasuk dana THR. Karena dengan pengelolaan dana THR yang tepat, dana ini bisa dimanfaatkan secara optimal sehingga membantu sandwich generation untuk dapat memiliki perencanaan keuangan yang baik dalam rangka mencapai tujuan finansial.” kata Windy Riswantyo.

Baca juga: Kelola Dana THR di Reksa Dana Tidak Susah, Begini Hitungannya

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan para sandwich generation agar dana THR dapat dimanfaatkan sebaik mungkin :

1. Libatkan Keluarga dalam Perencanaan 

Saat menerima THR, ciptakan kesempatan untuk mendiskusikan alokasi dana THR serta catatan keuangan yang merincikan tujuan penggunaan dana THR dengan pasangan dan keluarga.

Selain itu, merencanakan keuangan bersama pasangan dan keluarga juga menunjukkan keterbukaan dan kepercayaan yang bisa berdampak pada hubungan keluarga yang semakin erat.

Baca juga: Curhat Karyawan Swasta yang Kena PHK Setelah Tanyakan THR pada Pimpinan

Perlu diingat, dana THR sebaiknya tidak digabung dengan gaji bulanan agar bisa dialokasikan dengan optimal.

2. Berbagi dengan sesama, kirim bingkisan untuk orang terkasih

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat