androidvodic.com

Bank di Rusia Ini Kembangkan Cloud Sendiri Setelah Keluhkan Kualitas Vendor China - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Namira Yunia Lestanti

News, MOSCOW - Perusahaan asal Rusia yang bergerak di sektor finansial, Sberbank, dikabarkan sedang mengembangkan infrastruktur bisnin non keuangannya dengan membangun layanan teknologi cloud domestik.

“Kami menciptakan solusi hibrida berdasarkan platform dan infrastruktur cloud Tuya sendiri,” kata perwakilan SberDevices yang dikutip Euronews.

Layanan ini digarap Sberbank, setelah pihaknya mengalami masalah dengan mitra cloud asing sehingga beberapa perangkat pintarnya tidak dapat berfungsi dengan sempurna.

Kerusakan pada cloud asing mulai dirasakan Sberbank pada pertengahan April kemarin, setelah infrastruktur cloud yang dinamai Tuya milik platform cloud Internet of Things dari China mengalami masalah fungsi pada lampu dan soket.

Kerusakan ini lantas membuat server pada perangkat streaming TV dan speaker pintar canggih mengalami gangguan.

Baca juga: Bank Sentral Rusia Mengeluarkan Lisensi Aset Digital ke Sberbank

“Dengan mengembangkan solusi otonom dan sekarang kami melanjutkan pekerjaan aktif pada infrastruktur yang sepenuhnya independen dari layanan asing, berdasarkan cloud kami sendiri.” kata perwakilan SberDevices kepada wartawan.

Meski kini rantai pasokan chip di pasar global tengah diperketat, namun hal tersebut tak mengurungkan niatan Sberbank untuk membangun server SberCloud pribadi. Rencananya setelah SberCloud rampung dibangun, server akan mulai dipasang diberbagai wilayah Rusia.

Baca juga: Tren Kripto Meningkat, Unit Cloud Google Bentuk Tim Khusus Web3

Adanya rencana ini diharapkan dapat membantu pemerintah Rusia dalam meningkatkan pengembangkan industri teknologi dalam negeri, dengan begitu Rusia dapat lebih mandiri sehingga mampu melindungi diri ancaman kekurangan pasokan perangkat keras dan lunak. Mengingat saat ini Moscow tengah diserbu beragam sanksi ekonomi dan sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat