androidvodic.com

Tren Belanja Online di Asia Tenggara Melonjak 70 Persen Sejak Pandemi Dua Tahun Lalu - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, JAKARTA – Perusahaan jasa logistik Ninja Xpress dan DPD group merilis laporan pertama E-commerce Southeast Asia (SEA) Barometer Report 2021- Uncovering SEA online shoppers and delivery preferences.

Laporan tersebut menyoroti kebiasaan belanja pembeli online masyarakat di Asia Tenggara (SEA) serta pengalaman berbelanja yang mereka inginkan mulai dari tahap pembelian hingga pengiriman.

Sejak pandemi dua tahun lalu, di kawasan SEA terjadi peningkatan 70 juta pembeli online, dan jumlah tersebut diperkirakan akan tumbuh menjadi 380 juta pada tahun 2026.

Seiring dengan tren tersebut, sebanyak 63 persen pembeli dari Indonesia juga baru mulai berbelanja online terutama sejak dua tahun lalu dimana awal pandemi memaksa setiap orang harus tetap dirumah saja.

Dalam 12 bulan terakhir, Ninja Xpress rata-rata telah mengirimkan lebih dari satu juta paket per hari di seluruh Indonesia dengan pertubuhan lebih dari 65 persen dari tahun sebelumnya, menguatkan pengamatan yang lebih luas tentang pertumbuhan e-commerce yang luar biasa.

Baca juga: Gandeng PT Commerce Finance, OK Bank Salurkan Kredit SPayLater

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress mengatakan, pandemi telah banyak mengubah cara masyarakat berbelanja yaitu dengan mengutamakan belanja secara online.

"Seiring dengan semakin seringnya mereka berbelanja online, pembeli tentu menginginkan pengalaman berbelanja, termasuk pengiriman barang, yang semakin beragam namun mudah dan lancar," ujarnya.

Menurutnya, potensi ini menjadi kesempatan bagi perusahaannya untuk membuktikan komitmen dalam mendukung usaha shipper dan memberikan pelayanan yang lebih baik lagi.

Baca juga: Gudang Digital Jadi Alternatif Atasi Lonjakan Logistik karena Dorongan E-Commerce

Berdasarkan hasil riset, pembeli online juga mulai terlibat dalam perdagangan ritel lintas batas. Lebih dari separuh responden di Indonesia (52 persen) telah membeli dari situs web asing, dan sebagian besar menyatakan telah melakukannya beberapa kali.

Selain membeli dari dalam wilayah SEA langsung, banyak yang menyatakan mereka telah membeli dari negara-negara Asia lainnya seperti China, Hong Kong, Taiwan, Jepang dan atau Korea Selatan.

Baca juga: Satu Dekade di Bisnis E-Commerce, Lazada Gelar Program Ini untuk Kurir

Perilaku konsumen khususnya di Indonesia ini merupakan sinyal kuat bagi ritel online untuk memaksimalkan potensi mereka yang besar dan memperluas basis pelanggan secara regional atau bahkan global.

Sebanyak 89 persen dari responden mengatakan, mereka ingin mengetahui perusahaan pengiriman yang mengirimkan paket.

Pembeli Indonesia yang menginginkan hal tersebut ada di posisi tertinggi dibandingkan dengan negara SEA lainnya. Informasi siapa perusahaan yang mengirim paket dapat memberikan tingkat kepastian pada saat paket dikirim dan jaminan layanan kepada paket yang mereka pesan.

Survei E-commerce SEA Barometer Report 2021 menegaskan komitmen Ninja Xpress dalam memahami kebutuhan shipper dan pembeli dengan menyediakan pengalaman pengiriman tanpa repot. Ninja Xpress terus memelihara ekosistem yang menyediakan layanan dan fasilitas bernilai tambah untuk memastikan pengalaman yang lancar bagi semua penggunanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat