androidvodic.com

Industri E-Commerce Melaju Kencang, Kebutuhan Kemasan Kiriman Ikut melonjak - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Tingginya aktivitas belanja online membuat kebutuhan pengemasan produk untuk keperluan pengiriman ikut meningkat. Banyaknya barang yang harus dikirim pun menjadi biaya yang tidak sedikit.

Aktivitas pengemasan juga kerap kali menjadi rutinitas yang senantiasa membutuhkan improvement demi mendapatkan cara packing yang ideal.

Menjawab kebutuhan tersebut, perusahaan industri kemasan Metropack Indonesia menyiapkan beragam produk layanan kemasan sepeerti boks karton, impraboard, paper pallet, dan offset printing, beserta komponen pendukung dalam aktivitas pengemasan untuk lokal maupun ekspor.

Di antaranya Heavy Duty Paper Board, Edge Protector, Corner Protector, Round Protector, Strapping Band, Wraping, Sticker, Label, dan produk cetakan lainnya seperti alat-alat promosi, brand development, dan sarana advertising/promotion.

David Zhang, Director Metropack Indonesia mengatakan, selain layanan pengemasan, pihaknya juga membantu customer meningkatkan penyempurnaan proses, produk branding, cost reduction, serta menggunakan kemasan yang tepat untuk melakukan branding atau scale up nilai produk.

Baca juga: Lamipak Kucurkan 200 Juta Dolar AS untuk Pembangunan Pabrik Kemasan Aseptik Pertama di RI

“Kami hadir sejak 2016 karena kami melihat Indonesia sudah memasuki industri ecommerce yang cukup pesat. Permintaan akan kemasan yang sangat bervariasi. Namun ada kelemahan, dimana para online seller, cenderung ke cost oriented. Di sisi lain, bagaimana memanfaatkan kemasan untuk mendongkrak harga jual produk menjadi terlupakan,” ujar David.

Beragam produk dan layanan serta solusi yang diberikan, menurut David, cocok digunakan pada beragam industri seperti; otomotif, farmasi, elektronik, fast moving consumer goods (FMCG), kosmetik, dan aneka industri.

Solusi kemasan Metropack Indonesia saat ini digunakan oleh beragam bisnis mulai dari korporasi, UKM dan e-commerce.

David menjelaskan, perusahaannya juga membantu proses dan konsep bisnis secara teknis yang lebih baik dan efisien.

Metropack juga mampu mendesain kemasan dengan branding yang mampu meningkatkan nilai dari sebuah produk.

Selain Protective Packaging, Metropack menghadirkan Smart Packaging, yang bisa mengetahui siapa pembeli sebuah produk bahkan di mana lokasinya pembeli.

Hal itu sangat berguna untuk mendapatkan bisnis insight, untuk mengetahui dari wilayah mana penjualan sebuah produk yang paling laku. 

Smart Packaging juga dapat mendeteksi dan meminimalisir agar produk kita te4hindar dari barang tiruan, memastikan kebijakan harga produk stabil di berbagai stake holder penjualan, seperti distributor atau reseller yang ada kemungkinan tidak mengikuti prosedur/kebijakan harga (menjualan di bawah harga pasaran) .

Metropack saat ini telah melayani banyak customer, dengan kapasitas Karton 60-70 ton per bulan, offset printing 180-200 ton per bulan, dan advertising 50-100 Unit/item per bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat, perusahaan yang berkantor di Cikarang ini akan menaikkan kapasitas produksi dan saat ini sedang menyiapkan ekspansi lahan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat