androidvodic.com

KBRI Kerajaan Bahrain Bawa Komoditas Kopi Indonesia Mendunia - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Kerajaan Bahrain memfasilitasi PT Rahyang Moolah Internasional sebagai produsen kopi untuk menggelar eksebisi di negara Timur Tengah.

Duta Besar RI untuk Bahrain Ardi Hermawan mengatakan bahwa selain terkenal dengan kualitas biji kopinya, Indonesia juga dikenal dengan keunggulan sumber daya manusianya di industri kopi.

"Sebagai informasi, terdapat lebih dari 25 orang barista indonesia yang bekerja di berbagai kafe dan Coffee yang ada di Bahrain," kata Dubes Ardi saat Coffee Cupping and Tasting Session yang menyasar pelaku usaha kopi di negara Bahrain, Jumat (24/26/2022).

Baca juga: Konsumsi Kopi di Indonesia Naik 50 Persen

Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain melirik potensi kerja sama ekonomi dari industri kopi kedua negara.

"Budaya minum kopi dan berinteraksi di kafe merupakan bagian dari aktivitas keseharian masyarakat Bahrain dan juga Indonesia. Oleh karenanya, banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di industri kopi kedua negara," tuturnya.

Okke Gania dari Rahyang Moolah International mengucapkan syukur atas dukungan KBRI Bahrain sehingga acara pengenalan kopi Indonesia berjalan lancar.

“Berkat KBRI Bahrain kopi produksi Rahyang Coffee Plantation bisa dikenal dunia," ungkap Okke.

Baca juga: Hasil Studi: Minum Kopi Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Kematian Dini

Sebelumnya, KBRI Manama juga pada 22 Juni 2022 menyelenggarakan Indonesian Traditional High Tea and Coffee bagi kalangan pejabat dan korps diplomatik yang ada di Bahrain.

Lebih dari 75 orang pemilik kafe dan coffee roastery di Bahrain disebutkan tampak kagum saat mencicipi rasa kopi Indonesia.

Biji kopi yang disajikan merupakan kopi Jawa Gunung Halu yang diproduksi oleh Rahyang Coffee Plantation.

Biji kopi yang disajikan telah diproses melalui tiga metode yang berbeda, antara lain fully washed atau dicuci bersih, natural processed atau diproses secara alami, dan honey processed dikupas kulitnya tanpa dicuci.

Baca juga: Manfaat Kopi untuk Kehidupan Sehari-hari, Usir Serangga hingga Hilangkan Bau Tak Sedap

Ketiga metode tersebut memberikan cita rasa akhir yang berbeda satu sama lain meskipun biji kopinya berasal dari jenis yang sama.

Rangkaian kegiatan promosi kopi tersebut disebutkan tidak hanya bertujuan untuk memamerkan biji kopi terbaik dan keahlian barista dari Indonesia, tetapi juga upaya KBRI Manama untuk mendorong masuknya produk kopi Indonesia ke pasar Bahrain.

Selain itu, kegiatan itu juga menjadi ajang untuk memfasilitasi kontak langsung antara produsen kopi Indonesia dengan para pelaku pasar di Bahrain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat