androidvodic.com

Pacu Kompetensi Pekerja Migran ke Jepang, Binawan Teken Kerjasama dengan AOTS - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Binawan Group melalui Yayasan Binawan meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships (AOTS), organisasi pengembangan sumber daya manusia berbasis di Jepang untuk meningkatkan kompetensi pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja sebagai tenaga terampil di luar negeri.

MoU ini merupakan kerjasama strategis jangka panjang untuk meningkatkan kompetensi tenaga profesional Indonesia pada khususnya caregiver.

AOTS akan memberikan dukungannya dalam pelatihan bahasa dan pengenalan budaya melalui program Training of Trainer, pengembangan modul dan supervisi program untuk memastikan tenaga profesional Indonesia dapat memenuhi standar kualitas jepang.

Baca juga: Permintaan Tenaga Kesehatan Tinggi, Binawan Kirim 150 Nakes Terlatih ke Arab Saudi

Afriansyah Noor, Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI menyatakan sangat mendukung kerja sama ini dan diharapkan dapat mendukung penyiapan PMI sesuai kompetensi yang dibutuhkan pasar kerja dan berdaya saing di tingkat Internasional.

"Melalui kerjasama ini pula kami yakin akan memperluas peluang kerja di luar negeri bagi tenaga kerja Indonesia di Jepang, khususnya bagi yang memiliki skill dan kompetensi khusus," ujarnya seperti keterangan pers tertulis yang diterima Tribunnews, Jumat, 1 Juli 2022.

Presiden AOTS Jepang, Mr. Shinya Kuwayama mengatakan, sejak didirikan tahun 1959, AOTS telah mengadakan program pelatihan di Jepang dan luar negeri selama bertahun-tahun dengan dana publik Jepang.

"Kami beruntung dengan rujukan Konsul Jenderal Ibu Diana Emilia Sari Sutikno, kami diperkenalkan dengan Grup Binawan. Kami berharap kerjasama antara AOTS dan Binawan Group ini dapat mendukung pengembangan tenaga profesional Indonesia yang bekerja di Jepang.
Dengan melakukan itu, kami ingin berkontribusi untuk pengembangan ekonomi bersama lebih lanjut dan promosi hubungan persahabatan yang lebih dalam dan lebih langgeng antara Indonesia dan Jepang, " ungkap Mr. Shinya Kuwayama.

Ir. H. Saleh Alwaini, pendiri Binawan Group menyampaikan, MoU ini akan memperkuat kerjasama Binawan dengan AOTS Jepang yang selama ini sudah dijalin.

"MoU ini mengukuhkan komitmen kami untuk terus mencari peluang yang lebih besar untuk tenaga kerja profesional Indonesia di Luar Negeri.

Baca juga: 30 Tenaga Perawat Profesional Dikirim Binawan Group ke UAE dan Kuwait

Melalui kerjasama dengan AOTS Jepang kami akan bersinergi dalam pelaksanaan program pelatihan bahasa dan budaya jepang kepada calon caregiver sesuai standar kualitas jepang, melalui training of trainers, modul dan supervisi dari AOTS," ungkapnya.

Pada Kamis, 30 Juni 2022 kemarin Binawan dan AOTS resmi membuka pelatihan bahasa untuk batch pertama sejumlah 60 caregiver yang dipusatkan di fasilitas training Binawan, Binawan Training Center, Kota Bunga, Bogor.

Pada kegiatan ini AOTS juga meresmikan Japan Corner yang akan berfungsi untuk memfasilitasi pembelajaran bahasa dan budaya Jepang.

Acara penandatangan MOU antara Binawan dan AOTS Jepang turut dihadiri oleh Bapak Afriansyah Noor, Wakil Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Ir. H Saleh Alwaini, Founder Binawan Group, Presiden AOTS Jepang, Mr. Shinya Kuwayama dan turut pula hadir melalui daring, Konsul Jenderal Republik Indonesia di Osaka, Ibu Diana Emilia Sari Sutikno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat