androidvodic.com

Tiga Pilihan Praktis Kirim Uang ke Luar Negeri untuk Keperluan Remitansi - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Seiring dengan semakin tingginya arus globalisasi dan perdagangan internasional,

Transaksi pengiriman dana dari Indonesia ke luar negeri cenderung meningkat setiap tahunnya seiring dengan makin pesatnya aktivitas bisnis seperti perdagangan internasional maupun keperluan pendidikan seperti menyekolahkan anak di luar negeri.

Mengutip data World Bank, selama 2020 lalu warga Indonesia mengirimkan total dana sejumlah Rp68,8 triliun melalui remitansi ke luar negeri.

Tiga negara tujuan paling populer pengiriman uang atau remitansi ke lur negeri adalah Tiongkok sebesar Rp 5,5 triliun, disusul Thailand Rp 1,7 triliun dan Jepang Rp 1,1 triliun.

Selain untuk kebutuhan bisnis seperti membeli barang impor, aktivitas pengiriman dana ke luar negeri biasanya juga untuk keperluan dana pendidikan maupun memenuhi kebutuhan keluarga yang menetap di luar negeri.

Baca juga: Fintech Asal Brasil, Dock Gunakan Uang Kripto untuk Layanan Remitansi

Transaksi lintas negara yang semakin lumrah tentunya melahirkan cara-cara baru untuk kirim uang ke luar negeri.

Berikut tiga pilihan metode praktis pengiriman dana ke luar negeri yang selama ini banyak digunakan masyarakat:

Aplikasi Remitansi Online

Aplikasi remitansi online menjadi salah satu cara pengiriman uang ke luar negeri yang semakin naik daun di tengah majunya teknologi.

Aplikasi yang membantu kirim uang ke luar negeri dari Indonesia secara online pertama kali diperkenalkan oleh Topremit. Perusahaan remitansi digital sudah menhantongi lisensi remitansi dari Bank Indonesia dan beroperasi sejak tahun 2009.

Aplikasi ini menyediakan pilihan pengiriman dana ke ke lebih dari 60 pilihan negara. Dana akan diterima oleh rekening penerima pada kesempatan sama, bahkan bisa hanya 5 menit setelah transaksi dilakukan.

Aplikasi ini juga menawarkan kurs yang rendah serta biaya transfer yang murah mulai dari Rp 45.000.

Menggunakan PayPal

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat