androidvodic.com

Data Pengguna MyPertamina Dikabarkan Dibobol dan Dijual Bjorka, Ini Respons Pertamina - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Setelah lama tak terdengar, hacker bernama Bjorka kembali beraksi. Hacker tersebut mengklaim telah membobol dan menjual 44 juta data pengguna MyPertamina di forum Breached.

Berdasarkan situs Breached Forum, ukuran data yang dijual Bjorka sebesar 30GB dan bersumber dari data peretasan per November 2022.

Adanya hal tersebut, Pertamina langsung memberikan tanggapannya.

Baca juga: Beraksi Lagi, Bjorka Kini Bocorkan 44 Juta Data Diklaim Milik MyPertamina: Pasang Harga Rp392 Juta

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan pengecekan serta memastikan bahwa sistem MyPertamina tidak bobol.

"Pertamina dan Telkom sedang melakukan investigasi bersama untuk memastikan keamanan data dan informasi terkait MyPertamina," ucap Irto kepada Tribunnews, Kamis (10/11/2022).

Adapun data yang dijual oleh Bjorka berisikan sejumlah informasi meliputi nama, email, NIK, NPWP, nomor telepon, jenis kelamin, hingga pendapatan bulanan harian, bulanan dan tahunan.

Baca juga: HEBOH di Twitter, Bjorka Dikabarkan Bocorkan 44 Juta Data Pengguna Aplikasi MyPertamina

Dalam situs tersebut, Bjorka menuliskan bahwa MyPertamina adalah platform layanan finansial digital dari BUMN Pertamina yang terintegrasi dengan aplikasi LinkAja.

"Aplikasi ini digunakan untuk pembayaran nontunai saat mengisi bahan bakar minyak di SPBU," tulis Bjorka di laman forum jual beli Breached, dikutip Kamis (10/11/2022).

Sebanyak 44 juta data yang diklaim milik MyPertamina tersebut dijual dengan harga 25 ribu dolar AS atau setara Rp392 juta. Transaksi hanya bisa dilakukan lewat bitcoin.

Bjorka turut serta melampirkan contoh data yang ia bocorkan tersebut. Dari sampel data yang diberikan, berisi data transaksi pengguna.

Diketahui sebelum membocorkan data yang diklaim milik MyPertamina, Bjorka sempat menyatakan niatnya untuk mendukung para pendemo yang meminta pembatalan kenaikan harga BBM.

Baca juga: Beraksi Lagi, Bjorka Kini Bocorkan 44 Juta Data Diklaim Milik MyPertamina: Pasang Harga Rp392 Juta

Sebagai informasi, Bjorka merupakan sosok yang sama yang membocorkan data pejabat negara di Indonesia.

Mereka yang datanya pernah dibocorkan Bjorka diantaranya, Menpora Zainudin Amali, Mendagri Tito Karnavian, Kepala BSSN Hinsa Siburian, hingga data daftar pemilih milik KPU RI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat