androidvodic.com

Kerawanan Pangan Jadi Bahasan Utama di Atlantic Council Global Food Security Forum - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Isu kerawanan pangan di banyak negara jadi bahasan utama di Atlantic Council Global Food Security Forum yang dihadiri Presiden Joko Widodo di Bali, beberapa waktu lalu.

Forum ini membahas isu pengamanan rantai pasokan pangan, inisiatif pendanaan ketahanan pangan global, inovasi dalam ruang ketahanan pangan, dan lain-lain.

“Penghambatan pasokan gandum oleh Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan tekanan yang lebih besar pada masalah sistem pangan global yang selama ini terjadi di masa pandemi, dan mempercepat perubahan iklim,” kata CEO Atlantic Council Frederick Kempe dalam keterangan pers yang dikutip Jumat, 18 November 2022.

Baca juga: Perkuat Ketahanan Pangan Daerah, Ganjar Kenalkan Olahan Tepung Mocaf dari Singkong

Frederick Kempe menyatakan bangga Atlantic Council dapat berkumpul di KTT G20 bersama dengan Presiden Jokowi sebagai tuan rumah sekaligus yang memimpin Presidensi G20, pembuat kebijakan dan para pakar, serta pemain musik dunia dalam menggaungkan pembicaraan masalah keamanan pangan di G20.

"Saya berterima kasih kepada mitra kami yang telah membuat acara ini sukses,” ujarnya.

Atlantic Council Global Food Security Forum diselenggarakan bekerja sama dengan Kementerian Pertahanan RI dan kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan didukung Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation,

Forum ini Mengumpulkan para pemimpin ketahanan pangan skala internasional, regional, dan lokal, termasuk pejabat pemerintah, sektor privat, media, pakar akademis, dan pemimpin masyarakat sipil.

“Saya senang dapat bergabung dengan Atlantic Council dalam menyelenggarakan pertemuan pemimpin global untuk menanggapi ancaman kerawanan pangan,” jelas Gaurav Srivastava, founder of the Gaurav & Sharon Srivastava Family Foundation.

Dia mengatakan, forum tingkat tinggi selama dua hari ini telah memperkuat kesadaran dan keinginan kita untuk mengatasi tantangan ketahanan pangan dan energi dengan meningkatkan kolaborasi antar pemangku kepentingan di tingkat nasional, regional, dan global.

Selain sambutan dari Presiden Joko Widodo dan para menteri, the Atlantic Council Global Food Security Forum juga menghadirkan Pemimpin Senat Mayoritas Amerika Serikat Chuck Schumer; Perwakilan Permanen Amerika Serikat untuk Badan PBB di Roma Cindy McCain; Senat dari Michigan dan Ketua Komite Agrikultur Senat untuk Amerika Serikat Deborah Stabenow; Menteri Infrastruktur Ukraina Oleksandr Kubrakov; Dewan Perwakilan Amerika Serikat dari New York Patrick Ryan.

Baca juga: Dukung Ketahanan Pangan, Kementan Bantu Petani Buleleng dengan Alsintan

“Jutaan orang di dunia tengah menghadapi kelaparan akut sebagai akibat dari tingginya harga energi yang mengdisrupsi sistem pangan,” sebut Menhan Prabowo Subianto dalam sambutannya.

Prabowo mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara yang beruntung dalam kondisi ini. "Namun kita tidak bisa mengacuhkan ancaman krisis pangan global. Saya bangga bisa mengambil bagian dalam forum penting ini untuk mengembangkan respons yang efektif,” ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat