androidvodic.com

Pejabat The Fed Beri Sinyal Perlambatan Kenaikan Suku Bunga - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

 
News, WASHINGTON - Bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve (The Fed) merilis sebuah risalah pertemuan bulan ini pada Rabu (23/11/2022), yang menunjukkan keputusan pejabat The Fed menaikkan suku bunga yang lebih kecil.

Mencerminkan pernyataan yang telah dibuat oleh banyak pejabat The Fed selama beberapa minggu terakhir, ringkasan pertemuan menunjukkan kenaikan suku bunga yang lebih kecil kemungkinan akan segera datang.

Pasar keuangan secara luas mengharapkan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Federal Reserve AS untuk menetapkan suku bunga turun ke kenaikan 0,5 poin persentase pada Desember, menyusul empat kenaikan poin persentase berturut-turut sebesar 0,75.

Meskipun mengisyaratkan kenaikan suku bunga yang tidak terlalu tinggi akan segera terjadi, para pejabat The Fed mengatakan mereka masih "melihat sedikit" tanda inflasi mereda.

Namun, beberapa anggota komite menyatakan keprihatinan mengenai risiko terhadap sistem keuangan seandainya The Fed terus maju dengan kecepatan agresif yang sama untuk menaikkan suku bunga.

“Sebagian besar peserta menilai bahwa perlambatan laju peningkatan kemungkinan akan segera terjadi. Kelambatan dan besaran yang tidak pasti yang terkait dengan dampak tindakan kebijakan moneter pada kegiatan ekonomi dan inflasi adalah salah satu alasan yang dikutip mengenai mengapa penilaian seperti itu penting,” kata risalah itu, yang dikutip dari CNBC.

Baca juga: Investor di BEI Tunggu FOMC The Fed, Suku Bunga, Kredit dan Neraca Perdagangan Masih Pengaruhi IHSG

Risalah tersebut mencatat, kenaikan yang lebih kecil akan memberikan kesempatan bagi pembuat kebijakan untuk mengevaluasi dampak suksesi kenaikan suku bunga.

Keputusan suku bunga bank sentral berikutnya akan ditetapkan pada 14 Desember.

Dalam risalah itu juga mencatat, beberapa anggota komite mengindikasikan bahwa “memperlambat laju kenaikan dapat mengurangi risiko ketidakstabilan dalam sistem keuangan.”

Baca juga: Likuiditas Valas Makin Mengetat Karena The Fed Terus Naikkan Suku Bunga

Sedangkan beberapa anggota lain mengatakan mereka "ingin menunggu untuk mengurangi" kecepatan kenaikan suku bunga. Para pejabat The Fed mengatakan mereka melihat keseimbangan risiko ekonomi sekarang condong ke bawah.

Fokus pada kecepatan akhir

Pasar keuangan telah mencari petunjuk, tidak hanya seperti apa kenaikan suku bunga berikutnya, tetapi juga seberapa jauh The Fed akan menetapkan kebijakan di tahun depan untuk melawan inflasi.

Risalah tersebut mencatat bahwa tingkat akhir kenaikan suku bunga mungkin lebih tinggi dari yang diperkirakan para pejabat The Fed sebelumnya.

Pada pertemuan September, anggota komite memperkirakan tingkat dana terminal sekitar 4,6 persen, sementara pernyataan terbaru telah menunjukkan tingkat dana terminal bisa melebihi 5 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat