androidvodic.com

Sapa Peserta Safety Riding Jasa Marga, Erick Thohir Ingatkan Pentingnya Keselamatan Berkendara - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan pentingnya menjaga keselamatan berkendara dan berlalu lintas mengingat angka kecelakaan di jalan raya di Indonesia terbilang sangat tinggi.

Hal itu Erick sampaikan saat menghadiri kegiatan edukasi keselamatan berlalu lintas yang diselenggarakan Jasa Marga di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Minggu, 12 Februari 2023.

Kegiatan bertajuk Safety Riding Bersama Jasa Marga ini merupakan program TJSL Jasa Marga dan diikuti sekitar 3.000 orang peserta pelajar SMA dan SMK dari Jakarta Timur dan Bekasi serta generasi muda Jasa Marga demi meningkatkan kesadaran berkendara aman dan selamat.

Baca juga: Penuhi Permintaan Pertamina, HMSI Rilis Enam Hino500 Series Ultimate Safety Model

Erick Thohir mengatakan, program safety riding ini penting untuk diselenggarakan mengingat 124.000 orang Indonesia mengalami kecelakaan setiap tahunnya.

Hal itu membuat Indonesia menjadi negara yang tertinggi di Asia Tenggara dalam jumlah kecelakaan. Sekitar 26.000 dari jumlah tersebut merupakan anak muda dengan usia di bawah 19 tahun.

“Dari 124.000 orang yang kecelakaan tersebut, sebesar 25 persen meninggal dunia. Pernah terbayang tidak? Orang tua yang kehilangan anaknya, adik yang kehilangan kakaknya dan kakak yang kehilangan adiknya," ujar Erick.

Karena itu, program safety riding ini sangat penting untuk dilaksanakan kita semua. "Generasi muda ini harus kita amankan dan selamatkan dari kecelakaan di jalan, naik motor yang ugal-ugalan hingga tindak kejahatan yang juga harus kita berantas," ujarnya.

Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga Bagus Cahya Arinta B. mengatakan kegiatan ini merupakan upaya edukasi dan ajakan kepada masyarakat, terutama generasi muda untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara, khususnya bagi pengguna kendaraan roda dua.

Dia berharap, para pelajar yang hadir hari ini menjadi calon-calon pengemudi di masa depan yang sejak dini telah mengimplementasikan berkendara yang aman dan selamat baik di jalan tol maupun di jalan umum lainnya.

Baca juga: K3 PNM Selenggarakan Pelatihan Safety Riding di Pekanbaru

Jasa Marga berkomitmen untuk mendukung tercapainya target Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ) tahun 2021-2040, terutama dalam rangka menurunkan indeks kecelakaan dan fatalitas korban.

Selama tahun 2022, Jasa Marga mencatat faktor penyebab kecelakaan tertinggi di Jalan Tol Jasa Marga Group adalah faktor pengemudi sebesar 85 persen karena kurang antisipasi, tidak tertib, lelah hingga mengantuk.

Kegiatan edukasi ini juga dikemas dengan pertunjukan drama yang diperankan oleh para influencer yaitu Lolox dan Atenx Katros dan dihadiri pila Komisaris Utama Jasa Marga Mohammad Zainal Fatah, Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur, jajaran Dewan Komisaris dan Direksi Jasa Marga, serta jajaran Direksi BUMN dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pendukung acara.

Di program TJSL ini Jasa Marga berkolaborasi dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Perkebunan Nusantara VIII, Perum Damri, Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) dan PT Taman Wisata Candi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat