androidvodic.com

Penuhi Permintaan Pertamina, HMSI Rilis Enam Hino500 Series Ultimate Safety Model - News

News, JAKARTA - Angkutan distribusi bahan bakar minyak atau BBM dan angkutan Bahan Berbahaya Beracun (B3) membutuhkan truk dengan spesifikasi khusus yang memaksimalkan aspek keselamatan di perjalanan.

Pertamina misalnya, mensyaratkan truk angkutan BBM yang sudah dilengkapi dengan sistem pengereman antilock braking system atau ABS yang mencegah roda terkunci dan bumper depan yang lebih rendah.

Merespon kebutuhan tersebut, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) merilis enam varian baru truk pengangkut BBM dan B3 dari Hino500 Series yang diberi nama Ultimate Safety Model di Jakarta hari ini, Rabu 18 Januari 2023.

Enam varian Hino500 Series Ultimate Safety Model tersebut adalah FG 260 JK ABS, SG 280 TH ABS, FL 260 JN ABS, FL 260 JW ABS, FM 280 JD ABS, dan FM 340TH ABS dan seluruhnya merupakan kategori truk medium duty,

Model yang ditampilkan saat acara peluncuran adalah FM 340TH ABS dengan tampilan kabin warna merah.

Seno Wirdiyawantoro, Product Division Head PT HMSI dalam paparan di acara peluncuran mengatakan, keenam model ini sudah dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah ban terkunci ketika dilakukan pengereman mendadak sekaligus menjaga traksi atau daya cengkram ban.\

Baca juga: PO MPM Luncurkan 3 Bus Hino R260 Air Suspension, Perkuat Trayek Padang ke Jabodetabek

Enam model Hino500 Series Ultimate Safety Model ini juga sudah dilengkapi lampu Daytime Running Light (DRL) LED untuk meningkatkan visibilitas truk oleh pengguna jalan lainnya saat truk melaju di jalan raya. 

Eksterior Hino500 Series Ultimate Safety memiliki tampilan depan On Road Cabin dengan desain grill yang lebar untuk meningkatkan aerodinamika.

Truk medium duty Hino500 Series
Truk medium duty Hino500 Series Ultimate Safety Model yang diluncurkan di Jakarta, Rabu 18 Januari 2023.

Truk ini juga dilengkapi dengan Cabin Tilt Safety untuk menjaga kabin sudah dalam kondisi terkunci dengan baik dan benar saat truk beroperasi serta sistem pengaman Door Lock untuk mengunci atau membuka pintu secara bersamaan. 

Seri terbaru Hino500 Series Ultimate Safety Model juga sudah dilengkapi sistem pendingin udara kabin atau AC dan power window.

Seno juga menjelaskan, pihaknya juga sudah mengaplikasikan Strainer dari material stainless steel untuk mencegah risiko filter bahan bakar cepat kotor karena penggunaan bahan bakar biosolar.

Baca juga: Pakai Hino R260, PO Sumex 97 Ramaikan Bisnis Bus Pariwisata di Lampung

Strainer ini bekerja menghancurkan gel dari bahan bakar nabati sehingga menjaga keawetan filter bahan bakar dan menekan biaya perawatan kendaraan.

"Semua model Hino500 Series Ultimate Safety Model ini sudah dapat dipesan di semua jaringan dealer resmi Hino bulan ini," ujar Seno.

Santiko Wardoyo, COO Director HMSI mengatakan, truk Hino500 Series masih tetap mendominasi penjualan truk di segmen medium duty di Indonesia selama 23 tahun terakhir.

Mengacu data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) selama Januari sampai Desember 2022 HMSI menjual 29.880 unit truk Hino500 Series atau naik 51 persen dari capaian penjualan di tahun sebelumnya yang sebanyak 19.793 unit.

Baca juga: Sektor Batubara Menggeliat, Hino Bukukan 1.127 Unit SPK Selama GIIAS 2022

Bersamaan acara peluncuran Hino500 Series Ultimate Safety Model, HMSI juga mengumumkan pemenang kontes Hino Dutro Bisnis Proposal Competition dan kompetisi Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC) batch 2.

Program HTSDC batch 2 diikuti oleh 5.204 unit kendaraan yang terbagi dalam 7 kategori dengan 5.000 lebih peserta. Kompetisi ini mendapat penghargaan dari Kompetisi Keselamatan Berkendara Melalui Aplikasi Telematic Safety Driving Terbanyak dari Museum Rekor Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat