androidvodic.com

Produksi Baterai EV di Karawang untuk Kona Electric Bisa Mencapai 50.000 Unit Per Tahun - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News - Pabrik baterai kendaraan listrik PT Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power di Karawang, Jawa Barat, resmi mulai beroperasi hari ini Rabu (3/7/2024).

Ini menjadi pabrik baterai mobil listrik yang beroperasi di Indonesia dan selanjutnya akan memasok baterai untuk mobil SUV di B-Segment, Hyundai Kona Electric.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan dengan target produksi mobil listrik 600.000 unit pada tahun 2030, Kona Electric bisa mengambil peran besar memenuhi target tersebut.

"Indonesia memiliki target 600.000 kapasitas produksi Battery Electric Vehicle (BEV) pada 2030, sehingga produksi Kona Electric (spesifikasi mobil Hyundai) akan 50.000 unit per-tahun, ini akan menambah kapasitas produksi Indonesia secara signifikan," tutur Luhut saat peresmian operasional HLI, Rabu (3/7/2024).

Luhut menyebut, produksi ini diperkirakan dapat mengurangi emisi CO2 sekitar 160.000 ton per-tahun.

"Juga akan mengurangi import BBM 45 juta liter per-tahun, serta penghematan subsidi BBM yang mencapai Rp 131 miliar per-tahun dan akan bertambah seiring jumlah kendaraan yang beredar," imbuhnya.

Mengko Marves juga menyoroti, dengan penggunaan baterai produksi dalam negeri dari LG pada Kona Electric, maka nilai TKDN Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang awalnya 40 persen naik jauh lebih tinggi menjadi 80 persen.

"Ini merupakan langkah awal untuk mendorong nilai tambah dari industri dalam negeri," ungkap Luhut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat