androidvodic.com

Tips Berkendara di Jalan Perumahan, Minim Rambu Bisa Picu Kecelakaan - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Berkendara di jalan perumahan juga bisa menimbulkan kecelakaan. Kondisi jalanan yang biasanya lebih kecil dari jalan umum ini memiliki tantangan tersendiri.

Potensi masalah semakin tinggi kalau mengemudi mobil besar seperti SUV dan MPV yang terkendala blind spot dan dimensi yang besar.

Marketing Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, mengatakan berbeda dengan jalan raya yang memiliki rambu dan marka jalan lebih lengkap, jalan di area perumahan biasanya lebih kecil, minim rambu dan marka.

Baca juga: Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Tol, Edukasi Keselamatan Berkendara Digencarkan

"Ditambah, adanya potensi masalah tambahan seperti anak bermain di jalan, hewan peliharaan, pedagang keliling, mobil parkir dan aktivitas lain yang wajib diperhatikan," ucap Tara, Senin (1/7/2024).

Berikut ini adalah tips mengemudi aman di jalan perumahan supaya terhindar dari masalah.

1. Jangan Ngebut

Jangan pernah memacu mobil meskipun jalan sepi. Ada potensi bahaya seperti anak kecil atau hewan tiba-tiba lari ke jalan. Atur kecepatan berkisar 5-10 km/jam terutama jika jalan kurang lebar dan rawan kecelakaan.

2. Selalu Hati-hati

Jalan dalam lingkungan perumahan memiliki banyak gangguan yang bisa memicu kecelakaan, seperti polisi tidur atau persimpangan jalan.

Bisa pula keluar-masuk orang atau kendaraan lain dari rumah yang wajib dipantau sepanjang jalan. Kendaraan kecil seperti gerobak tukang sayur juga dapat menghalangi jalan.

3. Ketika Manuver Secara Perlahan

Karena melihat jalan sepi, banyak pengemudi yang tidak memperhatikan situasi, khususnya di persimpangan jalan.

Ada pula yang main belok saja dengan sudut tajam yang dapat berbahaya jika dari arah berlawanan ada anak kecil atau kendaraan lain.

Berhenti sejenak di persimpangan jalan untuk memastikan situasi aman dan lakukan manuver belok yang normal sesuai aturan lalu lintas.

Ketika akan belok di jalan yang sempit dan ramai, buka jendela supaya lebih jelas melihat. Tidak ada salahnya mengeluarkan kepala untuk memastikan tidak ada anak kecil di lajur yang akan dilewati.

Jangan ragu keluar mobil untuk memastikan situasi aman dan memberikan arahan kepada anak-anak supaya menjauh dari mobil.

4. Kurangi Kecepatan Saat Melihat Anak Kecil

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat