androidvodic.com

Cetak Calon Wirausahawan Belia Lewat Kompetisi Bisnis Siswa - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA – Upaya mendorong munculnya wirausahawan muda perlu dipupuk sejak dini saat anak-anak di bangku sekolah.

Inisiatif ini antara lain dilakukan melalui kegiatan kompetisi wirausahawan untuk siswa sekolah menengah atas melalui Zurich Entrepreneurship Program bersama Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Di tahun pertama, kompetisi regional Student Company melibatkan 350 siswa dari 15 SMA dan SMK di Bandung, Bogor, Bekasi, Jakarta, dan Tangerang.

Baca juga: Sukses Gelar Pesta Wirausaha Nasional 2023, Recover and Grow Together

Mereka ditantang memaparkan kinerja perusahaan siswa (student company) yang mereka dirikan dan mereka jalankan di sekolah.

Dari kompetisi ini, tiga sekolah berhasil dinobatkan sebagai The Best Student Company, SMAN 1 Bandung, SMAN 5 Bogor, dan SMAN 8 Jakarta, yang akan berlaga di tingkat nasional pada bulan Maret mendatang.

Sebanyak 15 bisnis baru yang diciptakan para siswa berhasil memperoleh total pendapatan hingga lebih dari Rp 60 juta.

Zurich Entrepreneurship Program merupakan inisiatif edukasi kewirausahaan yang digagas Zurich Indonesia and Z Zurich Foundation bersama Prestasi Junior Indonesia di pertengahan tahun 2022.

Program ini akan memberdayakan 9.000 siswa SMA dan SMK di Indonesia untuk dapat menciptakan 50 bisnis baru selama tiga tahun ke depan. Di program ini karyawan Zurich juga terlibat dalam aktivitas mentoring dengan memberikan pengalaman bisnis.

Chris Bendl (Chris), Country Manager Zurich Indonesia mengaku bangga melihat generasi muda dapat menciptakan bisnis baru dengan performa yang baik melalui Zurich Entrepreneurship Program.

Baca juga: Gelar Sanlat Saat Libur Sekolah, Fatayat NU Kota Tangerang Berikan Ilmu Agama Sekaligus Wirausaha

"Diharapkan keterampilan yang didapatkan melalui program ini dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi generasi muda maupun masyarakat luas," ujarnya dalam keterangan pers yang dikutip Rabu, 15 Februari 2023.

Barbara Jordan, Z Zurich Foundation Engagement Manager APAC mengatakan sangat mendukung Zurich Entrepreneurship Program karena sejalan dengan ambisi globalnya untuk memberikan kesempatan bagi generasi muda untuk mengendalikan masa depan mereka dan mencapai potensi penuh mereka.

Baca juga: Ciptakan Lapangan Kerja, Generasi Muda Didorong Jadi Wirausaha yang Kompetitif

Academic Advisor and Operations Counsel PJI, Robert Gardiner (Robert) menambahkan, keterlibatan dalam program ini merupakan pengalaman pertama siswa untuk berbisnis.

Meskipun demikian, mereka mampu menghadirkan ide yang segar dan strategi yang inovatif, hingga berhasil meraih prestasi bisnis yang gemilang. Hal ini adalah bukti besarnya potensi kewirausahaan yang dimiliki generasi muda Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat