androidvodic.com

Pelabuhan Ciwandan, BBJ, dan Indah Kiat Jadi Alternatif Selain Merak Untuk Lebaran 2023 - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mempersiapkan beberapa alternatif pelabuhan perbantuan pada mudik Lebaran tahun ini, apabila Merak sudah tak mampu menampung pemudik.

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan upaya mengurai arus sudah dimulai sejak keluar Gerbang Tol Cilegon Timur.

Hal itu disampaikan Ira dalam diskusi bertajuk ”Mudik Aman Berkesan” yang diselenggarakan Harian Kompas dan Kementerian Perhubungan di Hotel Santika Hayam Wuruk, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Baca juga: KAI: 1,5 Juta Tiket Kereta Periode Mudik Lebaran Sudah Terjual, Ini 10 Relasi Terfavorit

"Pak Kakorlantas (Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi) dan kami akan koordinasi untuk mencoba mengurai arus dari Gerbang Tol Cilegon Timur," katanya.

ASDP menyiagakan Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya (BBJ), Bojanegara yang dipersiapkan sebagai alternatif.

Pelabuhan BBJ menjadi yang terdekat dari Gerbang Tol Cilegon Timur. Jaraknya 9 KM dengan durasi 19 menit. Lalu, ke Pelabuhan Ciwandan memiliki jarak sejauh 19 KM dengan durasi 32 menit.

Ada Pelabuhan Indah Kiat yang juga dapat digunakan atas diskresi dari kepolisian. Jarak dari Gerbang Tol Cilegon Timur sejauh 32 KM dengan durasi 62 menit.

"Jika ada keadaan tertentu atas diskresi kepolisian, maka kemungkinan Indah Kiat juga akan digunakan. Jadi, ada tiga yang sudah disiagakan dan empat siap jika diperlukan," ujar Ira.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat