androidvodic.com

Kemenhub Bakal Tambah Rute Mudik Gratis ke Pulau Sumatera Tahun Depan - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyatakan, bakal menambah rute perjalanan mudik gratis tujuan Sumatera untuk tahun depan.

"Mudik gratis tahun depan kita tingkatkan, terutama untuk ke Sumatera. Karena Sumatera kemarin masih kurangnya dan belum ada yang sepeda motor," kata Hendro kepada wartawan saat ditemui di kantornya, dikutip Rabu (3/5/2023).

Hendro mengatakan, rencana tersebut melihat tingginya volume pergerakan pemudik yang menuju wilayah Sumatera, khususnya menggunakan jalur laut.

Baca juga: Sinergitas Kemenhub, Jasa Raharja, dan Polri Wujudkan Kelancaran Arus Mudik dan Balik Lebaran

"Kalau kita lihat di penyebrangan itu cukup tinggi, anak-anak dibawa dan akhirnya besok kita adakan mudik gratis ke Sumatera, Lampung dan Palembang," ujarnya.

Untuk diketahui, pada mudik Angkutan Lebaran (Angleb) tahun ini, Kemenhub telah mengadakan program mudik gratis menggunakan bus dengan kuota 24.072 pemudik.

Adapun terkait kota tujuan, Kemenhub menyediakan 28 kota tujuan, mulai dari Pulau Jawa hingga Sumatera. Sedangkan untuk tahun ini, kota tujuan Sumatera hanya terdapat dua titik, yakni Lampung dan Palembang.

Di sisi lain, Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi menyatakan, pelaksanaan mudik Angkutan Lebaran (Angleb) 2023 yang bertemakan 'Mudik Aman Berkesan' dinilai terlaksana dengan baik.

"Kalau kita lihat, hari-hari dari beberapa peserta mudik insyaallah doa kita aman berkesan tercapai, tidak lain karena bapak Presiden Joko Widodo sangat memberikan dukungan," kata Menhub Budi, saat Penutupan Posko Pusat Angkutan Lebaran 2023, Selasa.

Menhub Budi mengatakan, hal tersebut juga senada dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Terbatas (Ratas) mudik Angleb 2023 selama dua kali berturut-turut.

"Tercatat, dua kali Ratas dan dua kali memberikan statement berkaitan dengan mudik, sebagaimana Bapak Presiden Jokowi memberikan perhatian," ucap dia.

Baca juga: Tutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023, Budi Karya: Mudik Aman, Karena Jokowi Berikan Dukungan

Terkait pelaksanaan mudik Angleb 2023, Budi menegaskan pihaknya mampu menuntaskan tugas dengan aman sesuai arahan Presiden.

"Hari ini kita sudah menutup posko dan secara random melakukan evaluasi terhadap beberapa tempat-tempat baik di Papua sampai Medan," ucap dia.

"Apa yang kita jumpai alhamdulillah, bisa melaksanakan tugas dari Bapak Presiden untuk mendapatkan hasil mudik aman berkesan," lanjutnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat