androidvodic.com

Lebih dari 120 Juta Orang Mudik, Perputaran Ekonomi di Periode Libur Lebaran Tembus Rp240 Trliun - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Pemerintah dalam laporannya mencatat, terdapat lebih dari 120 juta orang terpantau melakukan pergerakan mudik pada periode lebaran 2023.

Pergerakan tersebut juga turut mendongkrak kinerja ekonomi masyarakat. Terbukti, perputaran ekonomi saat periode lebaran berkisar Rp240 triliun.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Triono Junoasmono menjelaskan, besarnya nilai perputaran ekonomi tersebut dikarenakan konsumsi masyarakat meningkat drastis.

Baca juga: AirNav Indonesia Layani 73.098 Penerbangan Selama Periode Mudik Angkutan Lebaran 2023

"Libur lebaran itu yang kami kira perputarannya Rp150 triliun ternyata faktanya Rp240,1 triliun," ucap Triono di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, (10/5/2023).

"Sebanyak 77 persen orang itu murni mudik, tapi 92 persen mudik plus liburan. Misal mau mudik ke Surabaya tapi mampir ke Semarang dulu untuk belanja dan sebagainya," sambungnya.

Besarnya jumlah pergerakan pemudik dan nilai perputaran ekonomi tidak terlepas dari suksesnya persiapan infrastruktur, salah satunya jalan tol.

Diketahui, mayoritas dari jumlah pemudik di 2023 memilih perjalanannya via jalur darat.

Menurut Triono, kerjasama seluruh stakeholder menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan mudik tahun ini.

Mulai dari Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kepolisian, hingga para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

"Sebabanyak 60 persen pengguna jalan menyatakan sangat happy, bahwa perjalanan mudik dan balik ke lokasi tujuan sangat lancar. Meskipun jumlah volume besar, tapi tidak mengakibatkan kemacetan," ucap Triono.

Baca juga: Kemenhub Bakal Tambah Rute Mudik Gratis ke Pulau Sumatera Tahun Depan

"Kelancaran ini bukan karena 1 atau 2 hal. Tapi juga karena koordinasi dengan baik. Kita harus apresiasi kepada Korlantas, Kementerian Perhubungan, BUJT ada Hutama Karya, Jasa Marga, Astra Toll. Ini sangat kompak," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat