androidvodic.com

Survey Bappenas: 85 Persen Responden Tahu Dokumen RPJPN 2025-2045  - News

Laporan Wartawan News, Yanuar Riezqi Yovanda 

News, JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah selesai melakukan survei Visi Indonesia Emas 2045. 

Survei terkait Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 ini dilakukan Kementerian PPN/Bappenas via online pada 21 Januari hingga 30 Januari 2023 dengan melibatkan 2.012 responden.

"Jadi di sini, lebih dari sekitar 85 persen para sahabat pembangunan menyatakan, mereka mengetahui dokumen rencana pembangunan jangka panjang ini," ujar Sekretaris Kementerian PPN/Sekretaris Utama Bappenas Taufik Hanafi dalam forum Konsultasi Publik dalam Rangka Penyusunan RPJPN 2025-2045, Jumat (19/5/2023). 

Demikian juga mengenai apa yang mereka bayangkan di akhir tahun 2045 itu dengan adanya kata-kata kunci yang ditanyakan dalam survei kepada para sahabat pembangunan. 

Kata tersebut terkait dengan sejahtera, terkait dengan kemandirian, terkait dengan ketangguhan, berkelanjutan, dan maju. 

Demikian juga, yakni makmur, modern, berpengaruh, berbudaya, adil, berdaya, bersatu, inklusif, maritim, bahagia, Nusantara, dan jaya. 

"Ini adalah kata-kata kunci yang ditanyakan kepada para sahabat pembangunan," kata Taufik. 

Baca juga: Butuh Haluan Negara untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

Dia menambahkan, ini merupakan langkah awal yang sangat penting untuk bisa memahami dengan lebih baik lagi bagaimana pemerintah menyiapkan dokumen perencanaan pembangunan jangka panjang. 

Baca juga: Gelar Forum Konsultasi Publik, Penetapan Dokumen RPJPN 2025-2045 Diproyeksikan September 2023 

"Termasuk ya, ini juga kita lakukan mengenai apa tema negara Nusantara, berdaulat, maju, dan berkelanjutan. Ini juga kita lakukan pertanyaan-pertanyaan ini, apakah relevan penting untuk bangsa Indonesia," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat