androidvodic.com

Izin Impor Bawang Putih Minta Dipercepat, Alasannya Harga di Pasaran Sudah Meroket - News

News, JAKARTA - Satgas Pangan mengusulkan agar pemerintah segera memberikan impor bawang putih yang dipercepat karena harga bawang putih kini melonjak, mencapai Rp 40.000/kg di sejumlah daerah.

Wakil Kepala Satgas Pangan Polri Helfi Assegaf  beralasan kenaikan harga bawang putih kali ini dipicu oleh kurangnya stok di dalam negeri.

Karena itu dia mendorong pemerintah untuk segera mengeluarkan izin impor bawang putih kepada para importir.

"Mohon segera perizinan importasi agar tidak ada kenaikan harga bawang putih. Harga tinggi harga naik kita support agar segera direalisasikan importasinya. Saat ini Indonesia sendiri belum bisa memproduksi bawang putih secara mandiri. Sangat bergantung pada impor," kata Helfi dalam diskusi publik di Jakarta, Kamis, 25 Mei 2023.

Helfi menjelaskan bahwa total kebutuhan bawang putih nasional mencapai 590 ribu ton per tahun. Sementara Indonesia hanya mampu memproduksi 5 persen dari total kebutuhan tersebut.

Adanya ketergantungan impor ini menurutnya membuat harga bawang putih dalam negeri cenderung fluktuatif mengikuti stok yang didapatkan dari para importir. Untuk itu ia mendorong agar Pemerintah tidak mempersulit proses perizinan impor.

"Harga tinggi harga naik harusnya kita support (perizinanya) agar segera direalisasikan importasinya," ujar Helfi.

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Nasional yang dikeluarkan Bank Indonesia, rata-rata nasional harga bawang putih ukuran sedang mencapai Rp 38.750 per kg, Kamis, 25 Mei 2023.

Baca juga: Pemerintah Tegaskan Tidak akan Impor Bawang Merah untuk Tekan Harga 

Angka tersebut naik dibandingkan posisi bulan lalu yang mencapai Rp 33.950 per kg. Rata-rata harga bawang putih ukuran sedang tertinggi terdapat di Maluku Utara yang mencapai Rp 53.750 per kg.

Baca juga: HIPMI Kecam Permendag Tentang Pembebasan Impor Bawang Putih dan Bombay

Sementara untuk harga bawang putih ukuran sedang terendah berada di Lampung yang mencapai Rp 31.650 per kg. Rata-rata harga bawang putih ukuran sedang di DKI Jakarta mencapai Rp 44.150 per kg.

Laporan reporter: Lailatul Anisah | Sumber: Kontan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat