androidvodic.com

Bandara Kertajati Layani Penerbangan Perdana 369 Calon Jemaah Haji - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA - Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat,  melayani penerbangan perdana untuk keberangkatan kloter pertama calon jemaah haji dari Indonesia tujuan Arab Saudi sebanyak 369 orang.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni mengatakan, penerbangan tersebut berlangsung pada Minggu (29/8/5/2023) malam.

"Tadi malam telah diberangkatkan kloter pertama dari Bandara Kertajati yang mengangkut 369 calon jamaah haji menggunakan pesawat Saudi Arabian Airline jenis Airbus A 330-300," kata Kristi dalam keterangan tertulis, Senin (29/5/2023).

Menurutnya, penerbangan haji pertama dari Bandara Kertajati menuju Arab Saudi berjalan dengan aman dan lancar, sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Kami selalu memastikan kelaikudaraan setiap pesawat yang akan mengangkut jamaah dalam kondisi baik. Sebelum terbang yaitu meliputi kondisi kelaikan pesawat, kelengkapan dokumen pesawat, serta memeriksa lisensi dan memastikan kondisi kesehatan pilot dan crew yang bertugas dalam kondisi prima," ungkap Kristi.

Kristi mengatakan, sebanyak 8.848 calon jemaah haji akan diberangkatkan melalui Bandara Kertajati. Mereka terbagi menjadi 24 kloter. Adapun kloter terkahir akan diberangkatkan pada 22 Juni 2023.

Kristi menambahkan, pihaknya telah melakukan kolaborasi intensif bersama Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, PT. Angkasa Pura II, Airnav Indonesia serta stakeholders terkait, agar meningkatkan pelayanan bagi para jemaah lansia di Bandara Kertajati.

"Seperti memastikan ketersediaan kursi roda, penggunaan golf cart, dan penambahan petugas pendamping bagi jamaah berkebutuhan khusus. Pelayanan ini dimulai dari jamaah tiba di bandara sampai dengan tiba di bandara tujuan," jelasnya.

Baca juga: Soal Pelayanan CIQ Haji di Bandara Kertajati, Kementerian Perhubungan Klaim Sudah Kantongi Izin GACA

Sebelumnya, Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Putu Eka Putu Cahyadi mengatakan, Bandar Udara Internasional Kertajati, Jawa Barat akan memberangkatkan jemaah haji pada Minggu (28/5/2023) mendatang.

"Sekarang bandara Kertajati akan dilaksanakan penerbangan haji, itu menggunakan Airbus 330. Di sana dengan rotasi nanti tiga unit, kira-kira pulang dan pergi oleh Saudi Arabia dan kita akan starting di Kertajati hari Minggu ini," kata Putu dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Baca juga: Garuda Indonesia Patok Biaya Penerbangan Haji Rp 32 Juta di 2023

Putu menyampaikan, pemberangkatan jemaah haji di bandara Kertajati itu dijadwalkan pukul 21.05 WIB menggunakan maskapai Saudi Arabia Airlines.

"Jadi jadwal kita, sekitar jam 21.05 (WIB) local time. Kita akan memberangkatkan pelaksanaan ibadah haji dari bandara Kertajati di Jawa Barat," ungkapnya.

Bandara Kertajati sebenarya sudah disiapkan untuk melayani penerbangan haji sejak beberapa tahun lalu. Namun, sempat terhenti saat pandemi Covid-19 menerpa.

Baca juga: Kemenhub Beberkan Alasan Soal Pelayanan CIQ Haji di Bandara Kertajati

"Ini juga hal yang baru, Kertajati menjadi perhatian. Karena beberapa tahun yang lalu sebelum pandemi Covid-19, sempat direncanakan. Tapi karena pandemi jadi tidak ada kegiatan Haji," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat